Tim Manakah yang Siap Menampung Cech?

Berita

by redaksi

Tim Manakah yang Siap Menampung Cech?

Ketika Petr Cech bergabung dengan Chelsea dari Rennes pada tahun 2004, kiper timnas Republik Ceko itu langsung mendapatkan tempat utama. Cech berhasil menggusur kiper inti sebelumnya, Carlo Cudicini, yang dinilai performanya sudah menurun.

Pada musim ini, Cech sepertinya merasakan apa yang Cudicini rasakan. Pelatih Chelsea saat ini, Jose Mourinho, lebih memilih Thibaut Courtois untuk menempati kiper utama Chelsea. Itu terlihat saat Cech dibangku cadangkan ketika Chelsea menghadapi Burnley pada laga pertama Chelsea di EPL Senin lalu.

Bahkan nasib Cech sepertinya akan lebih buruk dari Cudicini. Cech santer diberitakan akan dibuang oleh Chelsea sebelum bursa transfer musim panas ini ditutup. Indikasi ini semakin menguat ketika Mourinho mengatakan ia akan membuang salah satu pemain asingnya karena Chelsea kelebihan jumlah pemain asing.

Jika sekiranya Cech-lah yang harus terdepak, klub manakah yang akan menjadi destinasinya?

Secara kualitas, Cech tak akan terlalu kesulitan untuk menemukan klub baru. Namun yang menjadi pertimbangan adalah bandrol Cech yang diperkirakan menyentuh angka 14 juta poundsterling yang pastinya membuat klub peminatnya berpikir ulang. Tapi meskipun begitu, ada dua tim yang berkemungkinan mendatangkan pemain berusia 32 tahun tersebut.

Tim pertama yang berada di barisan terdepan untuk merekrut Cech adalah tim Ligue 1 Prancis, AS Monaco. Pada musim ini, Monaco harus kehilangan kiper utamanya,Sergio Romero, karena masa peminjamannya telah berakhir sehingga ia harus kembali membela Sampdoria.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Maarten Stekelenburg didatangkan dari Fulham dengan status pinjaman untuk menjadi backup Danijel Subasic.

Pada dua laga Monaco di Ligue 1, Monaco menelan dua kekalahan. Lebih parah lagi, Subasic yang bermain dalam dua pertandingan itu kebobolan sampai enam gol. Situasi ini tentunya cukup mengkhawatirkan sang pelatih, Leonardo Jardim. Mengganti Subasic dengan Stekelenburg bisa saja dilakukan. Tapi kualitas Stekelenburg pun masih diragukan karena pada musim lalu, ia tak mampu menyelamatkan Fulham dari jurang degradasi.

Mendatangkan Cech mungkin bisa menjadi solusi bagi Monaco. Apalagi biaya transfer Cech yang mahal bukan jadi persoalan jika mereka memang benar-benar serius untuk merekrutnya.

Tim lain yang juga bisa menjadi tempat bagi Cech ntuk melanjutkan karirnya adalah Liverpool. Beberapa media Inggris mengabarkan bahwa Liverpool tertarik untuk menggaet Cech setelah Pepe Reina hengkang menuju Bayern Munich. Bermainnya Liverpool di Liga Champions menjadi pertimbangan tim yang bermarkas di Anfield ini untuk merekrut Cech.

Pengalamannya bermain di kompetisi Eropa bersama Chelsea akan sangat dibutuhkan. Selain itu, rasanya manajer Liverpool, Brendan Rodgers, tak akan ragu untuk melakukan rotasi pada posisi penjaga gawang jika Cech datang.

Jose Mourinho tentunya lebih ingin melepas Cech ke klub di luar Premier League. Tapi itu bukan berarti menutup kemungkinan Cech akan dijual ke klub EPL. Pada musim lalu, Chelsea melepas Juan Mata pada rivalnya, Manchester United. Jadi, kepindahan Cech ke Liverpool pun kemungkinan masih bisa terjadi.

Sebelumnya, Cech sempat dikabarkan sedang dalam incaran Real Madrid dan Barcelona. Tapi dua raksasa Spanyol tersebut kini sudah memiliki lebih dari satu kiper yang kualitasnya layak bermain sebagai kiper utama. Maka dari itu, tampaknya hanya Monaco dan Liverpool-lah yang paling memiliki kans terbesar untuk mendapatkan jasa Petr Cech.

foto: football365.com

[ar]

Komentar