Pemain Bintang yang Masih Menganggur

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Pemain Bintang yang Masih Menganggur

Bursa transfer musim panas baru saja ditutup beberapa waktu lalu. Tim-tim liga Eropa tak boleh lagi melakukan pembelian pemain hingga bursa transfer musim dingin dibuka pada Januari nanti.

Namun peraturan tersebut hanya berlaku bagi para pemain yang sudah terikat dengan klub. Untuk pemain yang masih belum memiliki klub, pemain tersebut masih bisa bergabung dengan tim mana pun, kapan pun tanpa batas waktu.

Di bawah ini, ada beberapa pemain dengan kualitas cukup mentereng yang berstatus free transfer. Pemain-pemain ini, tak menutup kemungkinan akan bergabung dengan klub-klub liga top Eropa. Siapa sajakah mereka?

Victor Valdes

Terlepas dari cedera yang dialaminya, Victor Valdes tetaplah kiper berkualitas. Buktinya, Barcelona pun sebenarnya masih menginginkan Valdes bertahan di Catalan dengan menyodorkan kontrak baru di penghujung kontraknya. Namun, Valdes lebih memilih untuk tak memperpanjang kontraknya dengan alasan ingin mencari tantangan baru di tim lain.

Saat ini Valdes belum terikat dengan klub mana pun. Cederanya yang masih belum pulih 100% membuat tim peminatnya ragu untuk merekrutnya. Gajinya yang cukup tinggi di Barcelona pun akan membuat Valdes memasang harga tersendiri untuk gajinya.

Meskipun begitu, kabarnya Liverpool berada diurutan terdepan untuk mendapatkan tanda tangan kiper berusia 32 tahun tersebut. Bahkan beberapa sumber telah menyebutkan bahwa Liverpool akan mengkontraknya selama semusim per Oktober bulan depan.

Diego Lugano

Popularitasnya memang semakin menurun setelah mengantarkan Uruguay ke babak semi-final Piala Dunia 2010. Pada 2011, ia sempat bergabung dengan raksasa Prancis, Paris Saint-Germain. Musim pertamanya bersama PSG kurang mengesankan setelah hanya tampil sebanyak 12 kali karena terus berkutat dengan cedera.

Sempat dipinjamkan ke Malaga, Lugano kemudian hijrah ke Inggris untuk bergabung dengan West Bromwich Albion. Namun penampilannya kurang memuaskan WBA sehingga kontraknya tak diperpanjang pada akhir musim lalu.

Meskipun begitu, Lugano tetap dibawa pelatih tim nasional Uruguay, Oscar Tabarez, pada Piala Dunia Brasil lalu. Hanya saja ia bermain sekali dan kembali tampil mengecewakan saat dikalahkan Kostarika pada laga perdana Uruguay di Piala Dunia Brasil.

Menurut Dailymail, Lazio tertarik untuk mendatangkan pemain berusia 33 tahun ini. Kekalahan 1-3 Lazio atas AC Milan membuat pelatih Stefano Pioli berpikir perlu mendatangkan pemain berpengalaman. Pada laga itu, Lazio menurunkan Stefan De Vrij yang diduetkan bersama Lorik Cana.

Joseph Yobo

Nama Joseph Yobo sempat bersinar kala pemain asal Nigeria ini bermain untuk klub liga Inggris Everton. Yobo membela The Toffees pada 2003 hingga 2012 sebelum dipermanenkan Fenerbahce yang meminjamnya selama dua musim (2010-2012).

Musim lalu, Yobo bermain di Norwich City. Kembali ke Fenerbahce, ia tak mendapatkan tempat utama sehingga klub asal Turki tersebut memutuskan untuk tak memperpanjang kontraknya yang berakhir pada 30 Juni lalu.

Meski sudah berusia 34 tahun, sepertinya Yobo akan berguna bagi klub-klub liga Inggris yang baru promosi pada musim ini. Pengalamannya bermain di EPL sedikit banyak akan mampu memberikan kontribusi bagi lini pertahanan tim tersebut.

Jonas

Masih berusia 30 tahun, Jonas Goncalves sempat menjadi andalan klub asal Spanyol, Valencia. Musim lalu ia cukup berkontibusi dengan mencetak 10 gol di segala kompetisi, termasuk hattrick-nya ke gawang Osasuna. Namun hal tersebut tak membuatnya mendapatkan perpanjangan kontrak.

Sunderland, Queen Park Rangers, dan Newcastle United kabarnya tertarik untuk mendatangkan pemain asal Brasil ini. Namun hingga saat ini, belum ada satu pun klub yang secara resmi menggaetnya. Sangatlah aneh Jonas yang pernah membela tim nasional Brasil sebanyak 11 kali ini masih belum memiliki klub. Padahal ia cukup layak untuk membela tim-tim papan tengah liga top Eropa.

Mario Yepes

Meski sudah berusia 38 tahun, Mario Yepes masih diandalkan tim nasional Kolombia pada Piala Dunia Brasil lalu. Bahkan sebagai kapten tim, ia berhasil membawa Kolombia melangkah ke babak perempat final sebelum dikalahkan tuan rumah, Brasil.

Yepes saat ini berstatus free transfer setelah kontraknya bersama Atalanta berakhir. Namun pengalamannya bersama tim-tim top, seperti River Plate, Paris Saint-Germain dan AC Milan bisa berguna bagi tim barunya nanti.

Arsenal yang masih memiliki dua jatah pemain non-lokal dikabarkan akan merekrut bek berambut gondrong ini untuk menambah stok centre-back yang masih minim. The Gunners saat ini hanya memiliki dua centre-back murni, Per Mertesacker dan Laurent Koscielny, sedangkan Calum Chambers yang kerap ditempatkan sebagai bek tengah sebenarnya berposisi asli fullback kanan.

***


Sejatinya masih ada beberapa pemain lagi yang sampai saat ini belum memiliki klub, di antaranya adalah Hugo Almeida, Nilmar, Anthony Reveillere, Jermaine Pennant, Tomasz Kuszczak, Park Chu-Young, dan Peter Lovenkrands. Hanya lima nama di atas lah yang dikait-kaitkan dengan tim liga top Eropa.

foto: caughtoffside.com

Komentar