Skuat Bali United TSC 2016: Serdadu Tridatu Bukan Lagi Sekadar Tim Kejutan

Analisis

by Redaksi 32

Redaksi 32

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Skuat Bali United TSC 2016: Serdadu Tridatu Bukan Lagi Sekadar Tim Kejutan

Bali United berhasil meraih hasil memuaskan pada Piala Bhayangkara. Mereka sukses menembus semifinal dan menduduki peringkat keempat. Menatap Torabika Soccer Championship yang akan segera dimulai, mereka masih dihuni oleh punggawa yang hampir sama pada turnamen yang diselenggarakan oleh Kepolisian tersebut. Coach Indra Sjahfri memang dikenal dengan pelatih yang tidak terlalu membongkar pasang skuatnya karena akan berpengaruh besar pada performa timnya.

Rully Desrian dipastikan tetap menjadi palang pintu terakhir bagi Bali United setelah penampilan apiknya dalam Piala Bhayangkara. Namun seperti di turnamen sebelumnya, Indra Sjafri gemar melakukan rotasi di posisi kiper dan membuat posisi ini akan diisi secara bergantian oleh Rully dan Dicky Indrayana.

Dari sektor bek, mereka mendapatkan suntikan tenaga baru di lini belakang setelah secara resmi merekrut Hasyim Kipuw dan Mahdi Fahri Albaar. Kipuw akan memperkuat sisi kanan pertahanan Bali United. Sementara bek tengah masih dihuni oleh duet Bobby Satria dan Kiko Insa, sedangkan fullback kiri kemungkinan besar masih dihuni oleh Ricky Fajrin Saputra.

Sedangkan di lini tengah masih dimotori oleh sang kapten Fadhil Sausu, I Gede Sukadana serta mantan pemain Timnas U-21 Brasil Lucas Patinho. Ketiga pemain tersebut kemungkinan besar akan bermain reguler. Sukadana yang bermain ofensif akan diimbangi dengan Fadhil Sausu yang bermain lebih bertahan. Sementara itu Patinho diplot menjadi pengalir bola ke depan.

Di ujung tombak akan diperkuat oleh para penyerang muda lokal pasca didepaknya Escobar. I Nyoman Sukarja dan Syakir Sulaiman menjadi pemain paling senior dengan usia 26 tahun dan 24 tahun. Sementara itu Yabes Roni, Miftahul Hamdi, dan Martinus Novianto merupakan darah muda yang baru menginjak 21 tahun di musim pertama TSC kali ini.

Namun dikabarkan tim berjuluk Serdadu Tridatu tersebut masih menyeleksi striker asing untuk mengisi pos yang ditinggalkan Escobar. Besar kemungkinan penyerang asing dengan tipikal target man akan didampingi oleh Yabes Roni dan Sukarja di sisi kiri dan kanan. Namun jika hal tersebut tidak teralisasi Bali United akan bertumpu pada kedua pemain itu dan Miftahul Hamdi.
Coach Indra Sjafri diprediksi masih akan menggunakan formasi 4-3-3 yang menjadi ciri khasnya dengan mengandalkan serangan sayap yang dibantu dengan fullback yang melakukan overlap ke depan.

Prakiraan 11 pemain utama Bali United:








Dengan hasil positif yang diraih mereka pada turnamen sebelumnya membuat Bali United cukup diunggulkan sebagai pesaing klub-klub mapan. Skuad muda yang berada di bawah asuhan Indra Sjafri juga kini telah mengalami perkembangan setelah mendapatkan jam terbang dan pengalaman yang berpengaruh positif di jangka panjang. Belum lagi mereka juga kini sudah perkuat oleh legiun asing. Tim yang bermarkas di stadion Dipta ini tentunya tidak lagi ingin dicap hanya sebagai tim kejutan, dan tentu mereka juga sudah semakin matang untuk menyongsong TSC yang segera bergulir di akhir April ini.

Komentar