Dortmund Akan Manfaatkan Celah pada Gelandang Bertahan Real Madrid

Analisis

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor at Pandit Football Indonesia, head of content at Box2Box Football, podcaster at Footballieur, writer at Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Dortmund Akan Manfaatkan Celah pada Gelandang Bertahan Real Madrid

Juara bertahan Liga Champions UEFA, Real Madrid, akan bertandang ke Signal-Iduna Park, kandang Borussia Dortmund, dalam sebuah laga yang paling ditunggu di Rabu dini hari WIB nanti. Sebelumnya Madrid sudah bermain di stadion tersebut dalam lima kesempatan, tapi belum sekalipun berhasil mengalahkan Dortmund.

Kesebelasan asal Jerman ini sedang berapi-api dengan menduduki peringkat kedua di klasemen sementara Bundesliga Jerman. Mereka mencatatkan rekor 100% di kandang mereka sendiri dengan berhasil mencetak 20 gol di empat pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

Sementara itu, Real Madrid sedang tidak dalam penampilan yang membahagiakan dari dua hasil terakhir mereka, imbang 1-1 di kadang atas Villarreal dan imbang 2-2 saat bertandang ke Las Palmas.

Kedua kesebelasan pernah bertemu di semi-final Liga Champions 1998 dan 2013, dan juga perempat-final dua tahun yang lalu.

Dari kubu Dortmund, mereka yang kehilangan bek tengah Marc Bartra dan penyerang asal Kolombia, Adrian Ramos, pada pertandingan terakhir di Bundesliga (menang 3-1 atas Freiburg), sudah bisa memainkan keduanya yang telah berlatih kemarin. Namun Marco Reus sepertinya masih akan terpinggirkan karena cedera pangkal paha.

Thomas Tuchel, manajer Dortmund, juga akan berharap banyak dengan penyerang Pierre-Emerick Aubameyang yang sudah mencetak 6 gol dalam 7 pertandingan di musim ini. Sampai saat ini, masih ada keraguan jika Tuchel bisa menurunkan Aubameyang atau tidak, ia menderita sedikit cedera pada kakinya saat melawan Freiburg.

Menyeberang ke kesebelasan tamu, Real Madrid akan kehilangan duo asal Brasil, Marcelo dan Casemiro. Kehilangan Marcelo bisa langsung di-cover dengan akan tampilnya Fabio Coentrao, tapi kehilangan Casemiro-lah yang membuat Zinedine Zidane, manajer Real Madrid, kepusingan.

Zidane pasti menyadari jika kekuatan utama Dortmund adalah kecepatan mereka, apalagi kecepaatan lewat serangan balik. Hal ini akan bisa sangat berbahaya dengan tidak adanya Casemiro yang merupakan (bisa dibilang) satu-satunya gelandang bertahan murni di Real Madrid.

Dengan absennya Casemiro, Real kami prediksi akan sangat kerepotan menghadapi kecepatan Ousmane Dembélé dan Christian Pulisic, ditambah apalagi jika André Schürrle (diragukan tampil) dan Aubameyang bermain.

Namun bukannya serangan balik, kami lebih memprediksi Dortmund yang mencoba mendominasi penguasaan bola di daerah yang tinggi di lapangan di mana mereka akan mencoba membongkar pertahanan Real Madrid melalui operan-operan pendek.

Di sini lah Dortmund, sama seperti Real Madrid juga, harus sadar jika kecepatan serangan balik dari Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo-lah yang juga berbahaya.

Prediksi susunan pemain Borussia Dortmund dan Real Madrid

Zidane tidak memiliki pilihan lain selain mempercayakan posisi gelandang bertahan kepada Mateo Kovacic. Kovacic sendiri akan mengharapkan banyak bantuan dari Toni Kroos dan Luka Modric atau James Rodriguez untuk tidak terlalu “berpetualang” ke daerah pertahanan Dortmund.

Madrid bisa mengantisipasi tuan rumah jika mereka mampu menekan Madrid dari lini yang lebih tinggi, yaitu di dekat pertahanan Dortmund sendiri, sehingga tuan rumah akan kesulitan mengalirkan bola dari belakang ke tengah maupun ke depan. Jika mereka tidak bisa melakukan ini, hampir pasti Real akan dieksploitasi.

Tapi Real Madrid juga tidak boleh terlalu asyik menekan apalagi menyerang. Seperti Dortmund juga, Real akan lebih kerepotan jika harus dihadapkan dengan serangan balik di mana peran gelandang bertahan (absennya Casemiro) akan sangat berpengaruh.

Melihat beberapa rekor pertemuan kedua kesebelasan sebelumnya, kita bisa berharap banyak jika pertandingan dini hari nanti akan menjadi pertandingan yang menarik. Namun sejujurnya, Zidane akan sangat kerepotan karena harus kehilangan Casemiro. Kami memprediksi jika Dortmund akan menang tipis dini hari nanti.

Komentar