Di Balik Keberhasilan Griezmann Meraih Gelar Pemain Terbaik La Liga

Berita

by redaksi

Di Balik Keberhasilan Griezmann Meraih Gelar Pemain Terbaik La Liga

La Liga Awards, yang sebelumnya bernama LFP Awards atau penghargaan untuk para pemain terbaik di Liga Spanyol, telah diumumkan per Selasa, 25 Oktober 2016. Namun tak seperti biasanya, penghargaan yang biasa didominasi Real Madrid dan Barcelona, kali ini didominasi oleh Atletico Madrid.

Ya, Atletico Madrid menggondol banyak penghargaan pada La Liga Awards untuk musim 2015/2016. Pelatih terbaik diraih oleh Diego Simeone, yang merupakan penghargaan ketiga yang ia raih. Kiper terbaik diraih Jan Oblak. Bek terbaik didapatkan Diego Godin. Dan pemain terbaik diraih oleh penyerang asal Prancis, Antoine Griezmann. Griezmann juga mendapatkan pemain pilihan fans La Liga.

Barca hanya mendapatkan penghargaan penyerang terbaik yang diraih Lionel Messi dan World Player yang diraih Luis Suarez. Sementara Real Madrid terselamatkan oleh Luka Modric yang dinobatkan sebagai gelandang terbaik.

Hal ini jelas berbeda dengan musim-musim sebelumnya. Musim 2014/2015 misalnya, Real Madrid meraih dua penghargaan sementara Barcelona mendapatkan empat penghargaan termasuk pemain terbaik (Lionel Messi). Sementara musim 2013/2014, Real Madrid berhasil meraih empat penghargaan dengan Cristiano Ronaldo sebagai pemain terbaik.

Keberhasilan Atletico Madrid memborong banyak penghargaan ini cukup mengejutkan. Pada musim lalu, Atletico tak berhasil meraih satu trofi pun. Di La Liga, Barcelona-lah yang berhasil menjuarai La Liga musim lalu.

Griezmann yang berhasil mengalahkan Messi dan Ronaldo pun menarik perhatian tersendiri. Mantan penyerang Real Sociedad ini bukan peraih gol terbanyak ataupun top asis. Bahkan torehan 22 golnya kalah dari Ronaldo (40), Luis Suarez (35), Messi (26), Benzema dan Neymar (24). Dari segi asis, Griezmann hanya mencetak enam asis yang menempatkannya di luar 30 besar.

Lantas, sebenarnya apa yang membuat Atletico Madrid mendominasi penghargaan La Liga 2015/2016?

Perlu diketahui, untuk kategori-kategori dalam La Liga Awards, para pemain dipilih berdasarkan voting dari kapten dan wakil kapten 20 kesebelasan La Liga. Setiap voters sendiri tidak boleh memilih kandidat dari timnya sendiri.

Sementara itu untuk kategori pemain terbaik, pemain tersebut dipilih oleh data teknis yang disediakan oleh MediaCoach, sebuah perangkat lunak berbasis video analisis yang dikembangkan oleh MediaPro dan La Liga. MediaCoach ini dianggap memberikan data statistik dan analisis yang lebih komprehensif pada setiap individu pemain dari 20 kesebelasan La Liga.

Oleh karena itu, keberhasilan Griezmann sendiri mungkin memang tidak dilihat dari torehan gol atau asisnya saja, tapi juga berdasarkan pengaruh Griezmann pada permainan Atletico Madrid secara keseluruhan.

Sedangkan untuk keberhasilan Atletico mendominasi penghargaan 2015/2016, ini membuktikan bahwa mayoritas pemegang hak suara La Liga Awards ini begitu memberikan apresiasi berlebih pada Atletico musim lalu. Atleti sendiri musim lalu nyaris mengejar Barcelona walau di akhir klasemen harus puas berada di peringkat ketiga, terpaut empat poin dari Barcelona.

Uniknya, meski Griezmann meraih gelar pemain terbaik, ia tak masuk dalam daftar pemain Team of the Season. Ia kalah oleh Ronaldo, Messi dan Suarez. Di pos gelandang sendiri diisi oleh Modric, Sergio Busquets dan Andres Iniesta. Meskipun begitu, bisa saja penampilannya di Piala Eropa 2016 memengaruhi keputusan para voters yang membuat penyerang berusia 25 tahun ini dianggap layak mendapatkan gelar pemain terbaik La Liga 2015/2016.

Daftar lengkap peraih La Liga Awards 2015/2016:
Best Player: Antoine Griezmann (Atletico Madrid)
Best Goalkeeper: Jan Oblak (Atletico Madrid)
Best Defender: Diego Godin (Atletico Madrid)
Best Midfielder: Luka Modric (Real Madrid)
Best Attacker: Lionel Messi (Barcelona)
Best Coach: Diego Simeone (Atletico Madrid)
Breakthrough Player: Marcos Asensio (Real Madrid)
World Player: Luis Suarez (Barcelona)
Fans Five Star Player: Antoine Griezmann (Atletico Madrid)
Team of the Season:
Jan Oblak (Atletico Madrid); Marcelo (Real Madrid), Sergio Ramos (Real Madrid), Diego Godin (Atletico Madrid), Gerard Pique (Barcelona); Andres Iniesta (Barcelona), Sergio Busquets (Barcelona), Luka Modric (Real Madrid); Luis Suarez (Barcelona), Lionel Messi (Barcelona), Cristiano Ronaldo (Real Madrid)

Komentar