Tips dan Cara Menuju Stadion Pakansari

Berita

by redaksi 27983

Tips dan Cara Menuju Stadion Pakansari

Kandang timnas Indonesia untuk semifinal Piala AFF 2016 sudah ditentukan. Stadion Pakansari yang berlokasi di Cibinong, Kab. Bogor, dipilih untuk menjadi venue dari leg pertama babak semifinal Piala AFF 2016 yang akan mempertemukan Indonesia melawan Vietnam.

Jarak yang tidak terlalu jauh dari Jakarta menjadi salah satu pertimbangan kenapa Stadion Pakansari ini dipilih menjadi venue leg pertama babak semifinal Piala AFF 2016 ini. Meski banyak masalah yang menyertai pemilihan Stadion Pakansari ini, terutama dalam urusan pembelian tiket yang dianggap menyulitkan para suporter serta kapasitas yang dianggap tidak terlalu banyak, stadion ini tetap akan digunakan sebagai venue babak semifinal leg pertama nanti.

Untuk para suporter yang belum mendapatkan tiket, jangan patah arang dan tetaplah mendukung dengan penuh semangat di rumah. Sedangkan bagi yang sudah mendapatkan tiket stadion, ada beberapa cara dan rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju ke Stadion Pakansari, Cibinong, Kab. Bogor.

Stadion Pakansari ini terletak di Jalan Pakansari, Cibinong, Kab. Bogor, 19 kilometer dari Balai Kota Bogor ke arah utara. Satu hal yang harus Anda ingat adalah tidak ada kendaraan umum yang melintas di depan stadion tersebut. Untuk menuju ke stadion ini, Anda bisa menggunakan transportasi umum ataupun transportasi online jika memang ingin berhenti tepat di depan stadion.

Jika Anda berdomisili di Bogor, atau berpatokan untuk berangkat dari Bogor (terutama bagi yang datang dari Bandung), Anda bisa menggunakan bus jurusan Bogor - Kampung Rambutan. Bus ini biasanya ada di terminal Baranangsiang ataupun terminal Bubulak, Bogor. Lalu Anda turun di Cibinong City Mall/gedung Pemda Cibinong, kemudian berjalan kaki sejauh ± 1 km menyusuri Jalan Tegar Beriman untuk kemudian menuju Stadion Pakansari.

Sedangkan jika Anda berangkat dari Bogor dan menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa masuk jalan tol Jagorawi, lalu kemudian keluar di pintu tol Sentul dan langsung menuju Pakansari. Kalau tidak ingin menggunakan tol, Anda bisa menggunakan jalan raya Jakarta-Bogor, lalu kemudian belok di arah jalan raya Tegar Beriman, dan masuk kompleks Stadion Pakansari.

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta atau yang berpatokan untuk berangkat dari Jakarta, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, ada beberapa pilihan yang bisa Anda pilih: menggunakan commuter line atau bus biasa. Jika menggunakan bus, Anda bisa naik bus jurusan Bogor dari terminal Kampung Rambutan, lalu turun di Cibinong City Mall/gedung Pemda Cibinong dan berjalan kaki sejauh ±1 km ke Stadion Pakansari.

Kalau Anda menggunakan commuter line atau kereta, ada dua stasiun yang bisa Anda pilih yaitu Stasiun Cibinong dan Stasiun Bojong Gede. Jika Anda memilih untuk turun di Stasiun Cibinong, Anda bisa menggunakan angkutan kota (angkot) no. 08 (jurusan Citeureup - Pasar Anyar) / naik bus Bogor - Kampung Rambutan, lalu turun di Cibinong City Mall. Sisanya berjalan kaki sejauh 1 kilometer ke Pakansari.

Jika Anda turun di Stasiun Bojong Gede, Anda bisa menggunakan angkot nomor. 05 (jurusan Bojong Gede - Depok), lalu Anda turun di pertigaan Bambu Kuning. Lanjutkan perjalanan dengan menaiki angkot no. 34 (jurusan Pangkalan Bambu Kuning - Pangkalan Jalan Dr. Nurdin), turun di pertigaan Pakansari, lalu berjalan kaki sejauh ±500 meter untuk sampai ke Stadion Pakansari.

Namun jika Anda memang ingin naik commuter line atau kereta, disarankan untuk turun di Bojong Gede karena kereta yang lewat arah Bojong Gede lebih banyak daripada kereta yang lewat ke arah Cibinong. Agar lebih mudah, Anda juga bisa menggunakan layanan transportasi online jika Anda tidak ingin ribet dan harus naik-turun angkutan umum serta jalan kaki menuju Stadion Pakansari.

Mem-booking angkutan umum, terutama jika Anda datang dari Bogor dan bergerombol bersama teman-teman, adalah cara lain yang bisa dilakukan. Menggunakan kendaraan pribadi pun boleh-boleh saja, tapi kemungkinan akan banyak kendaraan yang datang dan area lahan parkir Stadion Pakansari pun masih dalam pemugaran.

Untuk mendapatkan tempat parkir yang cukup ideal, tak terlalu antre, aman dan mudah untuk perjalanan pulang, bisa dicoba parkir di Cibinong City Mall. Memang jika dari Cibinong City Mall ke Pakansari membuat Anda harus berjalan kaki. Namun dengan jarak sekitar 1 km ke Pakansari, juga keamanan yang lebih terjamin, rasanya cukup bisa dipertimbangkan dibanding parkir di sekitaran stadion yang kemungkinan besar akan sulit keluar stadion ketika pertandingan usai karena akan menghadapi bubaran penonton lain.

Jika kalian memiliki tips dan saran lain untuk memudahkan perjalanan ke Pakansari, bisa berbagi di kolom komentar.

Grafis: Ivan Hadyan

(sf)

Komentar