Penghargaan dari Barcelona dan CONMEBOL untuk Chapecoense

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Penghargaan dari Barcelona dan CONMEBOL untuk Chapecoense

Ajang Copa Sudamericana menjadi ajang kemunculan kesebelasan antah berantah. Terlepas dari kecelakaan pesawat yang dialami Chapecoense, sebelumnya kesebelasan itu tidak terlalu dikenal. Sampai pada akhirnya kecelakaan pesawat untuk menjalani final leg pertama Sudamericana 2016 membuat Chapecoense dikenal di seluruh dunia. Hanya enam jiwa yang selamat dari kecelakaan maut tersebut. Sementara 71 orang meninggal yang di antaranya 19 pemain Chapecoense.

Alan Ruschel adalah salah satu pemain Chapecoense yang selamat. Ia menjalani perawatan di Somer Clinic, salah satu rumah sakit terbaik di Kolombia. Pemain berposisi bek itu sudah bisa berjalan kembali walau masih harus mendapatkan bantuan. Selanjutnya ia akan kembali ke Brasil untuk menyelesaikan pemulihannya setelah operasi tulang belakang.

Begitu banyak dukungan untuk Ruschel dan Chapecoense yang kehilangan banyak orang pentingnya. Salah satu dukungan terbaru adalah undangan dari Barcelona kepada Chapecoense untuk menjalani laga persahabatan di Stadion Camp Nou. Kemungkinan pertandingan itu disertakan ke dalam agenda Trofi Joan Gamper 2017. Para keluarga korban juga akan diundang pada ajang tersebut sebagai penghormatan.

"Seiring dengan undangan kepada Chapecoense untuk Trofi Joan Gamper, FC Barcelona akan senang berkolaborasi di institusi dan pembangunan olahraga dari klub tersebut, dan menolong untuk memulihkan level kompetitif itu," tulis pernyataan Barcelona.

Chapecoense juga menambahkan dua bintang di logonya sebagai kenangan para pemainnya yang meninggal. Dua bintang itu terletak di tempat terpisah. Satu bintang besar bewarna putih dicantumkan di atas logo Chapecoense sebagai penghargaan dari CONMEBOL atas Piala Sudamericana 2016. Situs resmi Chapecoense menjelaskan bahwa warna bintang putih sebagai tanda perdamaian yang kekal dan melambangkan cahaya pembimbing di masa depan.

Satu bintang lagi lebih kecil dan menyatu dengan huruf "F". Bintang ini dipersembahkan kepada orang-orang yang mendedikasikan hidupnya untuk Chapecoense, termasuk para pemain yang meninggal akibat kecelakaan pesawat tersebut, "Karena kematian, kami masuk ke dalam sejarah. Ini tidak bisa dibantah dan tidak dapat diubah. Tidak diragukan lagi, sementara kita tahu bahwa sekarang memulai era baru. Kita akan mempertahankan esensi klub," tulis pernyataan klub.

Chapecoense juga menegaskan selanjutnya akan menulis cerita baru. Dengan kenangan, warisan kasih sayang, solidaritas dan persatuan. Lebih dari itu, cinta dan komitmen akan membangun kembali Chapecoense.

Sumber: Daily Mail.

Komentar