Prediksi Manchester United vs Liverpool: Tak Akan Banyak Gol di North West Derby ke-50

Analisis

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Prediksi Manchester United vs Liverpool: Tak Akan Banyak Gol di North West Derby ke-50

Laga besar antara Manchester United dan Liverpool menjadi laga yang paling ditunggu di pekan ke-21 Liga Primer 2016/2017. Namun meski kedua kesebelasan tengah berada di papan atas klasemen liga, mengharapkan banyak gol tercipta pada laga yang digelar di Stadion Old Trafford, Minggu (15/1), ini tampaknya agak sulit terealisasi.

Liverpool memang merupakan kesebelasan terbaik 2016 dengan gelontoran golnya yang kini (sebelum pekan ke-21) merupakan terbanyak di Liga Primer. Namun absennya Sadio Mane yang membela timnas Senegal di Piala Afrika 2017 akan cukup mengurangi kekuatan lini depan Liverpool.

Selain itu, Daniel Sturridge yang biasanya diandalkan sebagai penyerang utama pun sedang tumpul. Usai mencetak gol ke gawang Sunderland, mantan penyerang Chelsea dan Manchester City ini tak berdaya di mulut gawang Plymouth dan Southampton. Padahal saat melawan Southampton, ia disokong oleh sejumlah pemain utama dan bermain sejak menit pertama.

Dari tidak tajamnya lini serang Liverpool, alhasil tiga laga tanpa kemenangan menjadi awal negatif Liverpool di tahun 2017 ini. Menghadapi Manchester United pun bisa jadi lini serang Liverpool masih akan ompong. Apalagi kubu tuan rumah memiliki catatan hanya kebobolan tujuh gol saja dari 15 pertandingan terakhir mereka.

Baca juga: Ada yang Salah dengan Liverpool

Ya, Manchester United sedang tampil dominan dalam dua bulan terakhir. Sembilan kemenangan beruntun diraih, bahkan 15 laga tanpa kekalahan di segala ajang sejak takluk dari Fenerbahce. Total 34 gol dicetak skuat berjuluk Setan Merah ini dari 15 pertandingan tersebut.

Namun menghadapi Liverpool, bisa jadi lini serang United tak akan terlalu segarang biasanya. Menghadapi kesebelasan papan atas, Mourinho memang kerap menggunakan pendekatan strategi yang cukup defensif. Hal ini bisa dilihat dari dua laga melawan Manchester City yang berkesudahan 1-2 dan 1-0, imbang 1-1 melawan Arsenal, tanpa gol saat bertandang ke Anfield, serta menang 1-0 saat menghadapi Tottenham Hotspur. Mourinho tentu tak mau gegabah seperti lawan Chelsea yang berkesudahan 0-4 untuk The Blues.

Hanya saja Manchester United tetap diunggulkan pada North West Derby ke-50 ini. Penampilan menanjak yang ditunjukkan Henrikh Mkhitaryan bisa memberikan pengaruh penting terhadap Manchester United yang akan menghadapi gegenpressing dari Liverpool. hal ini berkaitan dengan kecepatan yang dimiliki gelandang serang asal Armenia tersebut diharapkan bisa mengacaukan lini pertahanan Liverpool seperti kala Manchester United membenamkan Tottenham Hotspur dengan counterpressing-nya.

Baca juga: Kenangan North West Derby di Kepala Carragher dan Neville

Mkhitaryan juga mampu mengisi kekosongan di kotak penalti ketika Zlatan Ibrahimovic berkreasi di luar kotak penalti. Gol demi gol pun mampu disarangkannya, di mana ini membuat Manchester United tak lagi hanya bergantung pada Ibrahimovic seorang jika berbicara soal urusan mencetak gol. United bisa mengandalkan kecepatan kedua pemain sayap, juga ketangguhan aerial duel dari Ibrahimovic.

Selain itu, Liverpool pun masih belum akan diperkuat bek andalannya Joel Matip. Absennya Matip membuat kekhawatiran di lini belakang semakin membesar. Ini dikarenakan penampilan Loris Karius dan Simon Mignolet masih angin-anginan. Ditambah lagi Ragnar Klavan yang sempat membuat kesalahan berujung gol pada laga melawan Southampton di Piala Liga lalu.

Kabar terbaru di lini pertahanan Manchester United sendiri sebenarnya tak jauh lebih baik dari Liverpool. Eric Bailly dipastikan absen untuk berlaga di Piala Afrika 2017. Sementara itu Marcos Rojo sempat mengalami cedera otot dan situasinya terus dipantau untuk memastikan bisa tidaknya berlaga melawan Liverpool. Rojo saat ini memang menjadi andalan Mourinho bersama Phil Jones.

Baca juga: Jangan Berlebihan Dulu Pada Duet Jones dan Rojo

Maka dari itu, kami memprediksi Manchester United bisa melanjutkan rentetan kemenangannya saat melawan Liverpool. Apalagi Manchester United saat ini memiliki rekor pertemuan yang lebih baik dengan 27 kemenangan dan hanya kalah 13 kali sepanjang pertemuan North West Derby di era Liga Primer.

Komentar