Prediksi Real Madrid vs Napoli: Lini Serang Napoli Akan Tebar Ancaman

Analisis

by redaksi

Prediksi Real Madrid vs Napoli: Lini Serang Napoli Akan Tebar Ancaman

Setelah pertandingan antara Paris Saint-Germain menghadapi Barcelona, duel antara Bayern Muenchen dan Arsenal menjadi laga berikutnya yang tampaknya paling dinantikan di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Adanya Bayern vs Arsenal, sepertinya banyak yang akan mengesampingkan pertarungan antara Real Madrid menghadapi Napoli.

Namun duel antara Real Madrid dan Napoli pun sebenarnya menarik untuk dinantikan. Real Madrid tidak akan menang mudah menghadapi Napoli meski Napoli tak memiliki catatan bagus di Liga Champions. Yang perlu diperhatikan adalah Napoli saat ini merupakan kesebelasan yang konsisten berada di papan atas Serie A.

Perlu diketahui, Napoli saat ini sedang berada dalam performa terbaik mereka. Skuat asuhan Maurizio Sarri ini bahkan belum menelan kekalahan sejak terakhir kali ditaklukkan Juventus pada 29 Oktober 2016. Ini artinya, Napoli belum lagi merasakan kekalahan selama tiga bulan lebih, atau lebih tepatnya 18 pertandingan dengan 12 di antaranya merupakan kemenangan.

Apa yang dialami Napoli ini berbanding terbalik dengan yang dialami Real Madrid. Sempat tak terkalahkan pada awal musim, Real Madrid mulai mendapatkan hasil negatif memasuki 2017. Skuat asuhan Zinedine Zidane ini kemudian menelan kekalahannya dari Sevilla pada Jornada ke-17 dan disingkirkan oleh Celta Vigo di Copa del Rey.

Namun yang paling menarik dari pertemuan antara Real Madrid dan Napoli adalah fakta bahwa keduanya memiliki lini serang yang tajam. Catatan impresif perihal membobol gawang seolah menjadi jaminan bahwa laga ini akan menyajikan banyak gol.

Di La Liga, Real Madrid memang baru mencetak 54 gol, atau terbanyak kedua setelah Barcelona yang mengoleksi 61 gol. Namun kesebelasan berjuluk Los Galacticos ini belum menjalani dua laga mereka di La Liga. Selain itu Madrid sudah mengoleksi 16 gol dari enam laga di grup F Liga Champions.

Napoli pun tak kalah tajam dari Real Madrid. Bahkan kesebelasan berjuluk Partenopei ini mengoleksi 57 gol di Serie A, terbanyak di Serie A. Dua pekan sebelum laga ini, mereka baru saja menang dengan skor telak 7-1 padahal mereka berstatus tamu saat menghadapi Bologna.

Napoli yang menjadi juara grup B punya peluang untuk membobol pertahanan Real Madrid. Hal ini dikarenakan catatan kebobolan Real Madrid di Liga Champions yang tak seimpresif di La Liga. Dari enam laga, Madrid kebobolan 10 gol. Kesebelasan seperti Legia Warsawa pun mampu mencetak empat gol pada dua kali pertemuannya dengan Real Madrid. Terlebih dengan fakta bahwa Real Madrid selalu kebobolan di laga Liga Champions musim ini. Selain itu dari tujuh laga terakhir di 2017, Real Madrid sudah kebobolan sebanyak 11 kali.

Zidane juga sebenarnya cukup khawatir dengan kualitas lini pertahanan Madrid akhir-akhir ini. Pada laga melawan Osasuna, ia bahkan bereksperimen dengan menggunakan skema 3-5-2. Namun hal itu tak berjalan dengan baik di mana skor sempat 1-1. Madrid akhirnya menang 3-1 setelah formasi 4-2-3-1 kembali dipraktikkan dengan memasukkan James Rodriguez menggantikan Danilo.

Menghadapi Napoli, Zidane juga perlu waspada. Pemain yang absen dari kubu Napoli pada laga ini hanya Lorenzo Tonelli, sedangkan ia bukanlah pemain inti. Napoli bisa menurunkan skuat terbaik mereka, termasuk trio lini serang yang sedang tajam, Jose Callejon-Dries Mertens-Lorenzo Insigne, termasuk gelandang kreator serangan mereka yang terus menunjukkan produktivitasnya, Marek Hamsik. Jika ditotal, Callejon-Insigne-Hamsik-Mertens sudah berhasil mencetak 40 gol dan 24 asis pada musim ini.

Sedangkan kubu tuan rumah tak bisa menurunkan skuat terbaiknya pada laga ini. Gareth Bale tampaknya belum akan diturunkan oleh Zidane terkait baru pulih cedera. Cederanya Bale inilah yang membuat Zidane mencoba-coba formasi untuk memaksimalkan lini serang sehingga keroposnya di lini pertahanan bisa tertutupi.

Hanya saja tak akan mudah bagi Napoli untuk mengalahkan Real Madrid di Santiago Bernabeu. Santiago Bernabeu baru mengalami satu kekalahan pada musim ini, itu pun terjadi di Copa del Rey. Di La Liga, Real Madrid memiliki catatan sembilan menang dan dua imbang dari total 11 kali bermain. Di Liga Champions mereka meraih dua kemenangan dan satu kali imbang di Bernabeu.

Karenanya, Real Madrid mungkin akan bisa menang pada laga ini. Namun Napoli juga berpotensi mencuri gol dengan lini serang mereka yang tengah on fire. Tugas Real Madrid untuk memudahkan mereka di leg kedua nanti cukup berat, dan duel dua kesebelasan ini tentu akan menjadi laga yang menarik untuk disaksikan.

Komentar