Injak Witsel, Pemain Tiongkok Dihukum Enam Bulan Larangan Bertanding

Berita

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Injak Witsel, Pemain Tiongkok Dihukum Enam Bulan Larangan Bertanding

Gelandang Shanghai Shenhua, Qin Sheng, dihukum enam bulan tidak boleh mengikuti pertandingan oleh federasi sepakbola Tiongkok (CFA) setelah kedapatan menginjak pemain Tianjin Quanjian, Axel Witsel. Kejadian ini terjadi pada 11 Maret 2017 lalu ketika Shenhua bertemu Tianjin dalam lanjutan Liga Super Tiongkok.

Ketika itu, Qin dan Witsel sedang berebut bola di wilayah kotak penalti. Dalam situasi scrimmage tersebut, Qin tertangkap tangan oleh wasit menginjak kaki Witsel dengan sengaja. Ia pun mendapatkan kartu merah dalam pertandingan itu. Ternyata, hukuman bagi Qin bukan hanya sebatas kartu merah saja.

Selain denda sebesar 300.000 yuan yang harus ia bayar kepada klub dan dilempar ke tim reserve Shenhua, CFA melakukan investigasi lebih lanjut terhadap peristiwa ini. Hasilnya ia pun harus mendapatkan hukuman enam bulan larangan bertanding, ditambah denda sebesar 120.000 yuan yang harus ia bayarkan kepada CFA.

Akibat dari hukuman ini, maka Qin pun tidak bisa membela Shanghai Shenhua setidaknya sampai 12 September 2017 nanti, atau dua bulan tepat sebelum kompetisi Liga Super Tiongkok berakhir. Hal ini adalah kerugian tersendiri untuk tim, mengingat gelandang yang juga pernah membela Guangzhou Evergrande ini merupakan pilihan utama di lini tengah Shenhua.

Atas perilaku buruk dari salah satu pemainnya ini, Shenhua pun mengeluarkan pernyataan resmi yang berisikan kecaman terhadap aksi yang dilakukan oleh pemain berusia 30 tahun tersebut.

"Perilaku yang tidak bisa diterima ini, yang sifatnya pribadi, sekaligus melanggar regulasi dan etika dalam berolahraga, memiliki efek negatif yang dapat berimbas kepada klub (Shanghai Shenhua) dan sepakbola Tiongkok secara keseluruhan. Kami mengutuk kejadian ini," ujar pernyataan resmi klub seperti dikutip dari Sky Sports.

Qin pun sudah meminta maaf secara pribadi di akun media sosialnya. Dalam permohonan maafnya tersebut, ia mengakui bahwa tindakannya tersebut dapat memberikan efek negatif untuk tim.

"Dalam pertandingan sebelumnya, saya sudah menunjukkan sebuah perilaku yang irasional, yang menyebabkan cedera kepada lawan saya sendiri dan memberikan impresi negatif bagi tim lawan dan tim saya sendiri. Sebagai pemain profesional, saya seharusnya menghormati keputusan wasit dan tidak boleh menunjukkan perilaku negatif seperti itu lagi," ujar Qin.

Selain Qin, pemain Shenhua yang lain yang juga mendapatkan hukuman adalah Sun Shilin. Sun didenda sebesar 10.000 yuan oleh CFA setelah ia kedapatan mengejek Alexandre Pato yang gagal mengeksekusi tendangan penalti, juga dalam pertandingan yang sama.

Sumber lain: ESPN FC

foto: @DSportIN

Komentar