Blind Dipecat, Siapa Kandidat Penggantinya?

Berita

by redaksi

Blind Dipecat, Siapa Kandidat Penggantinya?

Kekalahan Belanda dari Bulgaria dengan skor 0-2 pada Minggu (26/3) berbuntut pada posisi sang pelatih, Danny Blind. Sehari berselang, Blind dipecat oleh federasi Belanda. Pemecatan Blind sendiri sudah diumumkan langsung oleh laman resmi federasi Belanda, knvb.nl.

"KNVB telah memutuskan untuk mencopot Danny Blind dari jabatannya sebagai pelatih. Itu merupakan kesepakatan hari ini, yang diambil setelah ada pembicaraan antara KNVB yang diwakili oleh Direktur Olahraga jean Paul Decossax dan Direktur Teknik Hans van Breukelen bersama Danny Blind," tulis KNVB.

Kekalahan dari Bulgaria memang membuat Belanda tercecer ke peringkat 4 Grup H babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Dengan lima pertandingan tersisa, Belanda terpaut enam poin dari Prancis yang memuncaki klasemen serta tiga poin dari Swedia yang tempati posisi dua. Belanda sendiri hanya menang dua kali dari lima pertandingan yang sudah dijalani.

Sejak ditunjuk menggantikan Guud Hiddink pada 2015, Blind memang tak terlalu memberikan hasil-hasil positif bagi Belanda. Dari 17 pertandingan yang sudah dijalani, ayah dari pemain Manchester United, Daley Blind, ini hanya mencatatkan tujuh kemenangan, tiga kali imbang, serta tujuh kekalahan. Dari 17 pertandingan tersebut, Belanda hanya mampu mencetak 26 gol, sementara jumlah kebobolan mereka terbilang banyak; 25 gol. Belanda pun per Maret 2017 hanya menempati posisi 21 di FIFA.

Blind sendiri menyesali kegagalanya membuat Belanda lebih baik di bawah asuhannya dan harus berakhir lebih dini bersama Belanda. "Kami berada di jalur yang benar. Tapi apa yang terjadi di Bulgaria adalah kesalahan saya. Saya rasa segalanya tidak berjalan dengan baik. Saya menyesal berakhir seperti ini."

Untuk sementara, posisi pelatih timnas Belanda diambil alih oleh pelatih U21, Fred Grim. Grim setidaknya akan memimpin Belanda yang hendak beruji tanding melawan timnas Italia di Amsterdam Arena pada Selasa (28/3). Sementara itu pihak KNVB masih menimbang-nimbang siapa pengganti Blind yang mampu mengantarkan Belanda ke Piala Dunia 2018, setelah Belanda gagal melangkah ke Piala Eropa 2016.

Menurut situs football-oranje, terdapat 10 pelatih yang bisa menggantikan Blind dan mampu memperbaiki nama besar Belanda. Mereka adalah Louis van Gaal, Frank De Boer, Ronald Koeman, Martin Jol, Claudio Ranieri, Ralf Rangnick, Jaap Stam, Ron Jans, Juergen Klinsmann, dan Ruud Gullit. Namun dari nama-nama tersebut, ada empat pelatih yang disebut-sebut menjadi kandidat kuat, yakni Van Gaal, De Boer, Jaap Stam dan Ron Jans.

Dengan situasi sepakbola Belanda yang sedang genting, menjadi pelatih Belanda tentu akan seperti duduk di kursi panas. Walaupun begitu, sebenarnya Belanda memiliki banyak pemain bertalenta dalam skuatnya sekarang ini. Belanda hanya perlu mencari pelatih yang mampu meramu taktik yang tepat agar bakat-bakat para pemainnya termaksimalkan.

foto: SBAT.com

Komentar