Pastikan Promosi, Brighton & Hove Albion Jadi Pendatang Baru Liga Primer

Berita

by redaksi

Pastikan Promosi, Brighton & Hove Albion Jadi Pendatang Baru Liga Primer

Brighton & Hove Albion akan menjadi pendatang baru di Liga Primer Inggris musim 2017/2018. Kepastian ini didapat setelah mereka menang 2-1 atas Wigan Athletic dalam lanjutan Liga Championship, Senin (17/04). Keberhasilan Brighton promosi ke Liga Primer Inggris terasa sangat istimewa karena musim depan akan menjadi pertama kalinya Brighton bermain di Liga Primer.

Musim lalu, Brighton sebenarnya tampil baik pada divisi Championship dengan mengumpulkan 89 poin. Sayangnya Brighton harus merelakan tiket Liga Primer karena kalah terpaut dua gol dari tim peringkat kedua kala itu yang meraih promosi Liga Primer, Middlesbrough. Kini, dengan menyisakan tiga pertandingan lagi, Brighton sudah memastikan akan bermain di divisi tertinggi Inggris tersebut yang juga dipastikan setelah Derby County berimbang 1-1 melawan Huddersfield Town.

Saat artikel ini dibuat, Brighton telah mengumpulkan 92 poin dari 43 pertandingan dan telah mencetak 73 gol serta kebobolan 36 gol. Musim lalu, mereka bertengger di peringkat ketiga klasemen Championship. Meski secara matematis mereka belum memastikan diri sebagai kampiun divisi Championship, namun posisi mereka untuk mengamankan satu tiket promosi sudah tidak terkejar lagi.

Manajer Brighton, Chris Hughton, mengungkapkan dirinya sangat senang dengan kepastian timnya bermain di Liga Primer musim depan. Namun, ia juga menantang anak asuhnya untuk mencoba memenangkan titel Championship. Hughton juga menambahkan bahwa meski dirinya baru dua setengah tahun menukangi Brighton, fans-fans Brighton yang telah setia mendukung klubnya tersebut memberikan peran besar atas kesuksesan timnya.

“Satu hal yang kita bicarakan setelah kemenangan tersebut adalah ini merupakan pencapaian luar biasa, terutama target kita musim lalu yaitu promosi ke Liga Primer,” ungkap Hughton dikutip dari The Sydney Morning Herald.

“Tapi yang sebenarnya ingin mereka capai, entah itu dua tahun, tiga tahun sampai 20 tahun dari sekarang, adalah mereka ingin mengatakan kepada semua orang bahwa kami telah memenangkan liga dan menjadi juara. Itu akan menjadi satu pencapaian yang luar biasa dalam hidup dan pikiran mereka ketika mereka mengenang kembali hal tersebut.”

“Saya telah menjadi manajer Brighton selama dua tahun dan empat bulan. Ada banyak suporter di luar sana yang telah mendukung klub ini selama 20 sampai 30 tahun. Saya bisa merasakan emosi mereka, walaupun secara matematis kami belum pasti lolos,” tuturs Hughton sesaat sebelum timnya menang 2-1 atas Wigan dilansir Telegraph UK.

(ap)

Komentar