Mengenang Ugo Ehiogu: Petarung di Lapangan, Pria Sejati di Luar Lapangan

Berita

by redaksi 26682

Mengenang Ugo Ehiogu: Petarung di Lapangan, Pria Sejati di Luar Lapangan

Sepakbola Inggris berduka. Ugochuku Ehiogu, mantan pemain Aston Villa dan Middlesbrough yang sekarang melatih kesebelasan Tottenham Hotspur U23 diberitakan meninggal setelah kolaps di lapangan saat sesi latihan.

Serangan jantung diduga jadi penyebab meninggalnya pemain kelahiran Homerton, London Timur ini. Mantan pemain beserta koleganya dari Aston Villa dan Middlesbrough serta beberapa legenda sepakbola dunia dan lokal turut berduka cita mendengar berita ini.

Gareth Southgate, manajer Tim Nasional Inggris yang pernah bermain bersamanya mengaku syok atas berita tersebut dan menyebut Ugo sebagai seorang pria sejati dan figur “kebanggaan dalam sepakbola”. Southgate sendiri memiliki kedekatan spesial dengan Ugo. Bukan tanpa alasan, karena keduanya selalu bersama sejak bermain di Aston Villa, Middlesbrough serta di Tim Nasional Inggris dan mereka juga memenangkan Piala Liga bersama pada tahun 1996 dan 2004.

Dikutip dari situs resmi Asosiasi Sepakbola Inggris (FA), Southgate memberikan pernyataan resminya mengenai sahabatnya tersebut.

“Saya syok dan sedih sekali mendengar kabar ini [Kematian Ugo] dan pikiran saya langsung tertuju kepada istrinya, Gemma beserta anak-anak dan keluarganya. Saya tahu sepakbola akan berduka karena sosoknya begitu dihormati oleh semua orang yang pernah bekerja sama dengannya dan harus kehilangan dia di usia yang masih muda sangat sulit diterima.”

“Yang lebih penting, dia adalah seorang pria sejati dan dia adalah seorang dengan karakter yang mana orang-orang akan sulit menemukan keburukannya. Saya dan dia [Ugo] telah jatuh bangun bersama, memenangkan trofi bersama dengan Villa dan Boro [Middlesbrough] dan kenangan itulah yang akan selalu saya ingat ketika saya memikirkan dirinya.”

“Ugo adalah kebanggaan bagi keluarganya, bagi sepakbola dan dia akan selalu dirindukan oleh semua orang yang pernah mengenalnya,” ucap Southgate seperti dikutip dari situs resmi FA.

Tak ketinggalan, Tottenham Hotspur yang meminangnya sebagai pelatih kesebelasan U23 turut berbelasungkawa dengan mengunggah sebuah gambar untuk mengenang dirinya dengan pernyataan, “Diliputi kesedihan yang luar biasa, kami mengumumkan Ugo Ehiogu meninggal dunia hari ini, pelatih U23 kami,” bunyi tulisan tersebut dilansir akun Twitter resmi Tottenham Hotspur.

Kepala Pengembangan Pemain dan Pelatih Tottenham Hotspur, John McDermott juga turut mengungkapan belasungkawanya bagi pria berusia 44 tahun tersebut.

“Kata-kata tidak bisa menggambarkan kesedihan oleh semua orang di kesebelasan ini. Keberadaan Ugo yang besar takkan tergantikan. Simpati kita juga ditujukan untuk Gemma, istrinya beserta keluarga. Semoga dikuatkan hatinya,” ujar McDermott seperti dilansir Daily Express.

Sosok Ehiogu sendiri dikenal sebagai sosok pekerja keras di lapangan namun sangat dermawan di luar lapangan. Unggahan tweet terakhirnya dimana dia sempat memberikan sejumlah uang kepada seorang anak gadis yang tak punya rumah, menjadi gambaran betapa dermawannya pria yang satu ini dan menyebut tindakannya hanya aksi yang tak direncanakan, namun terasa hebat.

Selamat Jalan, Ugo Ehiogu!

foto: @8Fact_Football

Komentar