Kalahkan Bayern, Dortmund ke Final DFB Pokal

Berita

by redaksi

Kalahkan Bayern, Dortmund ke Final DFB Pokal

Duel klasik antara dua kesebelasan Jerman, Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund, kembali tersaji dalam semifinal Piala Jerman (DFB Pokal), Rabu (26/04). Kali ini duel tersebut dimenangkan oleh Borussia Dortmund. Kemenangan itu juga menandakan lolos ke final keempat mereka berturut-turut di Piala Jerman.

Pertandingan sendiri berjalan seru. Dortmund lebih dulu membuka keunggulan melalui gol Marco Reus menit ke-18, memanfaatkan kesalahan gelandang Bayern, Javi Martinez. Namun 11 menit kemudian, Martinez membayar kesalahannya dengan mencetak gol sundulan untuk samakan kedudukan 1-1. Mantan bek Dortmund, Mats Hummels kemudian membawa Bayern Munchen balik unggul di menit ke-41 menerima umpan dari Franck Ribery.

Babak kedua, Dortmund terus menekan Bayern untuk mencetak gol namun pertahanan Bayern masih sulit ditembus. Usaha mereka pun akhirnya berhasil di menit ke-69 ketika striker andalan mereka, Pierre-Emerick Aubameyang, berhasil memanfaatkan umpan silang Ousmane Dembele untuk menyamakan kedudukan 2-2. Dembele kemudian menjadi pahlawan kemenangan Dortmund setelah dirinya mencetak gol melalui tendangan melengkungnya lima menit setelah gol Aubameyang.

“Kami harus percaya diri, kami membicarakannya saat turun minum dan kami melakukannya. Bayern memiliki lebih banyak peluang, dan itu jelas, tapi mereka tidak mencetak gol [di babak kedua] sedangkan kami mampu [mencetak gol],” ujar Reus sang pencetak gol pertama dilansir Fox Sports Australia.

Kapten Bayern Muenchen, Philipp Lahm, yang akan segera pensiun akhir musim ini, mengungkapkan kekecewaannya atas kekalahan ini. Ia juga menambahkan bahwa proses gol ketiga Dortmund ditentukan oleh kesalahannya.

“Ini sangat mengecewakan. Kami seharusnya tidak kebobolan tiga gol. Tapi saya turut membuat kesalahan yang membuat mereka menang 3-2. Kami ingin sekali lolos ke final namun sayangnya tidak berhasil,” tutur Lahm dikutip ESPN FC.

“Kami tidak bermain baik pada 15 menit pertama. Tapi setelah itu, kami mengendalikan permainan dengan banyak peluang untuk mencetak gol. Kami punya beberapa peluang untuk memperlebar kedudukan sebelum dan sesudah rehat. Bila kami memimpin dua gol, tentu akan sulit bagi mereka [Dortmund] untuk menang.”

Hasil ini membuat Bayern kini hanya memastikan satu gelar saja [Bundesliga] musim ini. Setelah tersingkir dari Piala Jerman, mereka juga baru saja disingkirkan Real Madrid di perempatfinal Liga Champions. Kini, pria asal Jerman tersebut hanya memiliki empat partai Bundesliga lagi sebelum pensiun.

“Hari ini merupakan kekalahan pahit yang harus kami hadapi dengan kekecewaan minggu lalu. Meski begitu, saya akan mencoba menikmati sisa tiga setengah minggu waktu saya di sini,” ujar Lahm.

Bek kiri Bayern, David Alaba, juga mengungkapkan kekecewaannya dan mengatakan Dortmund lebih tenang dalam menghadapi pertandingan ini.

“Kami banyak memiliki kesempatan untuk mencetak gol. Kalau anda gagal memanfaatkannya maka anda akan dihukum. Dortmund sangat tenang dan akhirnya menang. Kalau saja skornya 3-1, maka situasinya bisa berbeda,” tandas Alaba dilansir ESPN FC.

Komentar