Kontroversi Lemparan ke Dalam Sanchez vs Fuchs

Berita

by redaksi 40149

Kontroversi Lemparan ke Dalam Sanchez vs Fuchs

Arsenal raih kemenangan tipis atas kesebelasan juara Liga Primer musim lalu, Leicester City. Satu-satunya gol yang tercipta bagi Arsenal terjadi di menit ke-86 ketika Robert Huth salah mengantisipasi bola tendangan Nacho Monreal yang masuk ke gawang sendiri. Hasil ini menjaga peluang mereka untuk finis di empat besar.

Kemenangan Arsenal sempat diwarnai insiden yang melibatkan Alexis Sanchez dengan bek Leicester City, Christian Fuchs. Alexis Sanchez diduga mencoba menghalangi Fuchs saat melakukan lemparan ke dalam dan saat Fuchs melakukan lemparan, posisi Sanchez memang sangat dekat dengan Fuchs dan tidak ada instruksi dari wasit [untuk menjauh].

Dalam insiden tersebut, Fuchs akan melempar ke dalam namun posisi Sanchez sangat dekat sehingga ia membatalkan lemparannya. Sesaat kemudian, Sanchez masih belum menjauh dari Fuchs dan ketika akhirnya Fuchs melempar, bola mengenai bahu Sanchez. Sanchez kemudian sempat berbalik sebelum terjatuh sambil memegangi wajahnya. Fuchs kemudian menuduh Sanchez berpura-pura sakit dan mencoba menghalanginya melempar ke dalam. Wasit akhirnya memberikan Sanchez kartu kuning karena aksi teatrikalnya tersebut.

Manajer Arsenal, Arsene Wenger membela anak asuhnya tersebut dan menyebut wasit menjadi sebab terjadinya insiden tersebut. Ia juga menambahkan bahwa wasit tidak memberitahu Sanchez untuk menjauh saat Fuchs hendak melakukan lemparan ke dalam sehingga menimbulkan kebingungan bagi pemain asal Cili tersebut.

“Pada dua percobaan pertama saat Fuchs mencoba melempar ke dalam, Sanchez berdiri di dekat dia dan tidak tahu dia harus agak menjauh,” ujar Wenger dikutip dari Daily Mail Online

“Wasit juga tidak memberitahu dia [Sanchez] untuk menjauh. Setelah itu, dia mendapatkan kartu kuning karena dia tidak terima dengan aturannya. Saya menerima itu. Dia memang tidak berada di jarak yang ditentukan [untuk menjauh],”

Wenger juga sempat menuduh Fuchs sengaja melemparkan bolanya ke Sanchez. Dirinya juga menambahkan bahwa Sanchez juga tidak akan mengkhawatirkan hal tersebut [lemparan ke dalam].

“Wasit atau hakim garis harusnya memberitahu dia [Fuchs]. Dia sangat beruntung tidak diberi kartu kuning karena dia sengaja melemparkan bola ke Sanchez. Kalau anda tahu Alexis, dia tidak akan mengkhawatirkan tentang apa yang terjadi,”

Apa yang dilakukan Sanchez pada insiden tersebut salah karena menurut protokol Laws of The Game, jarak pemain untuk menjauh dari lemparan ke dalam minimal dua meter. Namun, yang menjadi masalah adalah apakah wasit sebelumnya sudah memperingati Sanchez untuk menjauh atau memang Sanchez yang sengaja menghalangi Fuchs. Apapun itu, Sanchez memang seharusnya menjauh saat pemain lawan akan melakukan lemparan ke dalam.

Komentar