Pratinjau Juventus vs Monaco: Harapan Monaco ada di Moutinho

Analisis

by redaksi

Pratinjau Juventus vs Monaco: Harapan Monaco ada di Moutinho

Hasil leg pertama Liga Champions 2016/2017 antara AS Monaco menghadapi Juventus tampaknya menjadi acuan atas apa yang akan terjadi pada leg kedua. Pada leg pertama di Stade Louis II, Juventus berhasil mengandaskan Monaco dengan skor 2-0. Keunggulan ini tentu membuat Juventus di atas angin.

Pada leg kedua, Juventus akan bertindak sebagai tuan rumah. Melihat superioritas Juventus pada leg pertama, sudah barang tentu Si Nyonya Tua begitu diunggulkan bisa kembali menang atau setidaknya mampu menyingkirkan Monaco dan melangkah ke partai puncak Liga Chamipions yang digelar di Cardiff, Wales.

Juventus sendiri begitu siap pada leg kedua ini. Pada laga akhir pekan di Serie A menghadapi Atalanta (ralat: Torino), mayoritas pemain utama dibangkucadangkan. Hanya Leonardo Bonucci, Mario Mandzukic, Sami Khedira, Paulo Dybala dan Juan Cuadrado yang bermain sejak menit pertama. Sementara itu Alex Sandro, Gonzalo Higuain, dan Miralem Pjanic masuk pada babak kedua ketika Juve tertinggal 0-1. Laga sendiri berkesudahan 1-1 setelah Higuain mencetak gol di menit-menit akhir pertandingan.

Juventus memang memiliki kedalaman skuat yang mumpuni. Sang pelatih, Massimilliano Allegri, bisa memainkan seluruh pemain terbaiknya pada laga ini, termasuk Sami Khedira yang absen pada leg pertama karena akumulasi kartu. Ia bisa kembali memainkan skema tiga bek seperti pada leg pertama atau kembali menggunakan pola dasar 4-2-3-1. Yang jelas seluruh pemain utama Allegri siap tempur pada laga ini.

Dengan banyaknya pemain yang tidak bermain penuh, bahkan tidak bermain, di akhir pekan, kebugaran para pemain Juventus tentu akan bisa membuat mereka lebih unggul pada laga melawan Monaco dini hari WIB nanti, Rabu (10/5). Karena Monaco sendiri menurunkan hampir seluruh skuat terbaiknya saat menghadapi Nancy pada lanjutan Ligue 1 akhir pekan lalu.

Melawan Nancy, Monaco hanya mencadangkan Kylian Mbappe dan Tiemoue Bakayoko. Sisanya merupakan pemain yang diturunkan sejak menit pertama saat menghadapi Juventus. Walau begitu, Mbappe dan Bakayoko dimainkan sang pelatih, Leonardo Jardim, 10 menit jelang waktu normal berakhir.

Pada leg kedua nanti, Monaco sendiri tampaknya tidak akan terlalu banyak mengubah susunan pemain mereka. Jardim masih akan mengandalkan pola dasar 4-4-2 yang membuat mereka telah mencetak 100 gol lebih musim ini. Duet Radamel Falcao dan Mbappe pun masih akan menjadi andalan.

Perubahan kemungkinan terjadi di lini tengah. Dengan mengejar defisit dua gol, Monaco mau tak mau harus bermain lebih menyerang pada laga ini. Sementara pada leg pertama, serangan Monaco begitu berorientasi pada serangan kedua sayap. Tak mengherankan memang karena Jardim memainkan duo jangkar di tengah, Bakayoko dan Fabinho.

Menghadapi leg kedua, salah satu dari Bakayoko dan Fabinho tampaknya akan diparkir. Hal ini dikarenakan Joao Moutinho tampil apik saat menghadapi Nancy. Pada laga yang berakhir 3-0 tersebut, meski tidak menyumbang gol atau asis, Moutinho tampil gemilang dengan tiga umpan kunci.

Sebenarnya pada leg pertama menghadapi Juventus pun Moutinho cukup memberikan angin segar saat ia masuk pada pertengahan babak kedua. Setidaknya, satu peluang berbahaya diciptakan Monaco yang berawal dari kaki Mouitinho. Saat itu, gelandang asal Portugal tersebut mengeksekusi tendangan bebas yang kemudian disambut Valere Germain. Hanya saja tandukan tajam Germain mampu ditepis kiper sekaligus kapten Juventus, Gianluigi Buffon.

Dengan membutuhkan banyak gol di Juventus Stadium, opsi dari bola mati memang harus dimaksimalkan Monaco. Dan Moutinho merupakan salah satu pemain andalan Monaco dalam bola-bola mati, baik dari sepak pojok maupun tendangan bebas. Bola mati sendiri bisa menjadi alternatif mencetak gol saat skema open play mengalami kebuntuan.

Namun Moutinho harus menggusur salah satu di antara Bakayoko dan Fabinho. Sementara keduanya merupakan pemain favorit Jardim. Pada laga melawan Nancy sendiri Moutinho diduetkan dengan Fabinho. Bakayoko, yang pada leg pertama bermain kurang maksimal, masuk menggantikan Falcao, di mana setelah itu Monaco bermain dengan 4-3-3, Mbappe menjadi penyerang tunggal.

Jardim memang tengah menyiapkan segala cara untuk bisa mengejar defisit dua gol di Juventus Stadium. Mungkin lewat Moutinho-lah kreativitas lini serang Monaco bisa menjadi lebih tajam. Hanya saja Jardim masih harus menimbang-nimbang siapa yang harus dicadangkan untuk memberikan kesempatan pada Moutinho menunjukkan magisnya. Bisa jadi Moutinho akan kembali dimasukkan pada babak kedua ketika skema andalannya kembali menemui kebuntuan.

Perkiraan susunan pemain Juventus vs Monaco

Komentar