Menantikan Kemeriahan Turnamen Futsal IA-ITB

Advetorial

by redaksi

Menantikan Kemeriahan Turnamen Futsal IA-ITB

Sepakbola sudah menjadi olahraga universal. Tidak perlu lagi kita meragukan popularitas olahraga ini di dunia. Dibanding dengan olahraga berbasis tim lainnya, sepakbola cenderung lebih mudah dilakukan.

Sederhanya, kita hanya membutuhkan beberapa pemain (tidak harus 11 melawan 11), satu buah bola (sebenarnya bola apa saja), dan sepetak lapangan (luasnya pun bisa bervariasi). Semuanya tergantung kemampuan kita.

Fleksibilitas ini lah yang kemudian melahirkan futsal, sebuah permainan “sepakbola mini” lima lawan lima dengan ukuran lapangan yang lebih kecil. Apalagi dengan semakin tergerusnya lapangan sepakbola tanah dan rumput akibat pembangunan di perkotaan, futsal menjadi jalan keluar bagi siapa saja yang ingin menikmati sepakbola sebagai permainan, bukan sekadar tontonan.

Sampai saat ini, futsal sudah banyak berperan untuk komunitas. Tidak terkecuali Ikatan Alumni – Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) yang merupakan organisasi resmi yang mewadahi para alumni ITB.

Turnamen Futsal IA-ITB 2017

Pada tahun ini, IA-ITB menyelenggarakan Turnamen Futsal Ikatan Alumni ITB ke-2, yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 13 Mei 2017 di Cilandak Futsal, Cilandak Town Square mulai pukul 08.00 sampai 19.00 WIB.

“Harapannya kejuaraan ini bisa menjadi ajang silaturahmi yang semakin memperat, khususnya alumni ITB. Karena bagi panitia, olahraga khusunya sepakbola itu adalah pemersatu bangsa, bisa dianalogikan ke komunitas,” kata Hamzah Syawaludin, ketua panitia Turnamen Futsal IA-ITB 2017.

Turnamen futsal ini memperebutkan Piala Bergilir Ketua Umum IA-ITB dan memiliki hadiah total 34 juta rupiah. Uang tersebut jika dikonversikan ke paun akan menghasilkan kira-kira angka 1.980 paun, atau setara dengan gabungan dari gaji dua pemain Hull City dalam satu pekan, Eldin Jakupović dan Sam Clucas.

Turnamen ini sendiri diikuti oleh 20 tim Kategori Muda dan 4 tim Kategori Madya (angkatan di atas 1995).

“Saya berharap acara ini menjadi pemersatu bukan pemecah, bukan malah menjadi ajang yang semakin membuat angkatan atau jurusan semakin terkotak-kotak,” lanjut Hamzah yang merupakan alumni Matematika angkatan 2006. “Saat kita semua sudah lulus, kita semua satu, satu Alumni ITB.”

“Selain itu, dengan rasa menyukai sepakbola atau futsal tumbuh lagi, semakin banyak orang yang peduli dan mau berkecimpung lebih dalam di dunia futsal atau sepakbola,” lanjut Hamzah yang saat ini bekerja di Bank Mandiri.

Selain turnamen futsal dan ajang berkumpul bersama alumni, acara ini direncanakan untuk dibuka oleh Archandra Tahar yang juga lulusan ITB, dan dilanjutkan dengan pertandingan eksibisi antara Alumni All-Star melawan PP IA ITB.

Sedangkan bagi para futsalista, atau sapaan akrab untuk pemain futsal perempuan, akan diadakan juga eksibisi antara PS IA-ITB Women Futsal melawan Arena FC yang menghibur dan tidak kalah enaknya ditonton dengan para pemain laki-laki.

Sedangkan bagi suporter juga sudah disediakan hadiah-hadiah menarik melalui games-games yang diadakan sepanjang acara berlangsung.

“Kami juga berharap dengan kejuaraan ini, menumbuhkan lagi semangat bermain sepakbola atau futsal. Karena kami melihat culture alumni yang awalnya di kampus banyak bermain bola, pada saat sudah menjadi alumni mulai beralih olahraga atau bahkan tidak olahraga sama sekali,” kata Hamzah menjelaskan tujuan mulia dari acara nanti.

Turnamen ini akan dipimpin oleh wasit-wasit profesional dari PSSI, yang pastinya adalah wasit-wasit terbaik meskipun berada dalam tingkat kompetensi yang tidak setinggi di Liga 1, Liga 2, atau Liga Futsal.

***

Sepakbola dan futsal selalu dikaitkan dengan gairah, emosi, kegembiraan, dan dedikasi. Olahraga ini memainkan peran penting dalam memupuk solidaritas sosial dengan mengumpulkan banyak orang yang berlainan latar belakang.

Karena masyarakat terkait erat dengan identitas, futsal ini menjadi sebuah aspek sebagai suatu kegiatan yang memungkinkan orang untuk mencari, menciptakan, dan mempererat komunitas. Itulah nilai-nilai yang dihadirkan oleh acara-acara futsal pada tingkat seperti ini, yaitu di tingkat komunitas.

Dalam hal ini, Ikatan Alumni ITB memiliki peran tersendiri, terutama dengan mempererat hubungan olahraga dengan sains, teknologi, dan tentunya: hiburan. Jadi, bagi kalian terutama alumni ITB, jangan lupa hadir dan meramaikan.

Komentar