Radamel Falcao Menjadi Pencetak Gol Terbanyak Kolombia

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Radamel Falcao Menjadi Pencetak Gol Terbanyak Kolombia

Hanya di Liga Primer Inggris Radamel Falcao tidak bisa mencetak 30 gol sejak kariernya pada 2009/2010. Ketika berkarier bersama kesebelasan lain, selalu ada musim di mana Falcao berhasil mencetak minimal 30 gol, baik itu bersama Atletico Madrid maupun FC Porto. Dua musim awal bersama AS Monaco pun total cuma mencetak 13 gol, tapi pada musim lalu setelah kembali, Falcao berhasil mencetak 30 gol dari seluruh ajang yang diikutinya.

Sementara Falcao justru tidak berkutik selama berkarir di Liga Primer Inggris bersama Chelsea maupun Manchester United. Bersama United sebagai kesebelasan pertamanya di Inggris, ia cuma mencetak empat gol dari 29 seluruh pertandingannya. Bersama Chelsea lebih parah lagi. Mantan penyerang Lanaceros Boyaca itu cuma mencetak satu gol dari 12 laga. Maka dari itu Falcao patut bersyukur kembali lagi ke Monaco dan mampu menceploskan 30 bola ke gawang lawan dari 43 seluruh pertandingannya.

Rentetan golnya itulah yang membantu Monaco meraih gelar juara Liga 1 2016/2017 yang terakhir kali didapatkan pada 1999/2000. Ketajamannya di luar Liga Prime Inggris semakin terlihat ketika memperkuat kesebelasan negaranya sendiri, yaitu Kolombia. Falcao yang sudah kembali bugar dan tajam membuatnya kembali lagi memperkuat Kolombia menghadapi Spanyol pada pertandingan persahabatan. Pada laga yang berakhir 2-2 itu Falcao mencetak gol pada menit 55`.

Penyerang 31 tahun itu mencetak gol setelah mendapatkan umpan dari James Rodriguez. Gol Falcao untuk Kolombia pun bertambah menjadi 26 kali sejak dipanggil pada 2007 lalu. Jumlah 26 gol tersebut juga sekaligus membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak Kolombia sejauh ini dari 65 pertandingannya. Catatan itu juga yang berhasil menggeser rekor Arnoldo Iguaran dengan koleksi 25 gol dari 68 pertandingan untuk Kolombia.

Iguaran sendiri sudah tidak mungkin menambah golnya lagi karena sudah gantung sepatu dari dunia sepakbola. Begitu pun dengan pencetak gol terbanyak Kolombia kedua, yaitu Faustino Asprilla dengan koleksi 20 gol dari 57 pertandingan. Sementara Rodriguez yang masih aktif bermain, menguntit di peringkat ke empat pencetak gol terbanyak Kolombia dengan 19 kali menjebol lawan dari 54 laga.

Sumber: Squawka.

Komentar