Sebelas Gol Terbaik Liga Champions 2016/2017, Besiktas Juaranya

Berita

by redaksi

Sebelas Gol Terbaik Liga Champions 2016/2017, Besiktas Juaranya

Gelaran Liga Champions 2016/2017 sudah usai. Real Madrid kembali keluar menjadi juara dan memutus kutukan Liga Champions yang sudah bertahan sejak 1992 silam. Namun kisah Liga Champions belum berhenti di situ.

Mengenang gelaran Liga Champions 2016/2017 yang penuh dengan kisah dan peristiwa, UEFA merilis 11 gol terbaik yang pernah dicetak selama perhelatan Liga Champions 2016/2017. Dari sekian nama pemain yang muncul dalam daftar tersebut, beberapa di antaranya adalah nama yang mungkin belum Anda kenal. Bahkan, pemuncak dari 11 gol terbaik ini bukan berasal dari kesebelasan yang bertabur bintang.

Berikut adalah daftar dari 11 gol terbaik Liga Champions 2016/2017. Selamat menikmati

11. Juan Cuadrado (Lyon vs Juventus)

Gol terbaik ke-11 dalam gelaran Liga Champions 2016/2017 dicetak oleh pemain asal Juventus, Juan Cuadrado dalam pertandingan fase grup melawan Olympique Lyon. Setelah melewati seorang bek, Cuadrado melesakkan bola ke arah sudut sempit gawang sehingga bola gagal digapai oleh kiper Lyon, Anthony Lopes.

10. Robert Lewandowski (Bayern München vs Atletico Madrid)

Gol terbaik ke-10 dalam ajang Liga Champions 2016/2017 menjadi milik Robert Lewandowski, penyerang asal Polandia yang membela klub Bayern München. Lewat skema tendangan bebas cantik, ia berhasil mencetak gol penentu kemenangan bagi Die Roten dalam fase grup atas Atletico Madrid.

9. Cristiano Ronaldo (Bayern München vs Real Madrid)

Gol terbaik ke-9 Liga Champions 2016/2017 jatuh ke tangan sang megabintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo. Dalam pertandingan leg pertama babak delapan besar Liga Champions, Ronaldo berhasil mencetak gol dengan proses yang cukup ciamik ke gawang Bayern. Menerima umpan dari Dani Carvajal, tanpa mengontrol bola ia langsung melesakkan tendangan semi-volley ke gawang Manuel Neuer. Gol ini menjadi satu dari dua gol kemenangan Los Blancos dalam laga tersebut.

8. Radamel Falcao (Manchester City vs AS Monaco)

Gol terbaik ke-9 dalam ajang Liga Champions 2016/2017 menjadi milik Radamel Falcao, penyerang asal Kolombia yang membela AS Monaco, yang ia cetak pada leg pertama babak 16 besar menghadapi Manchester City. Menggiring bola ke dalam area kotak penalti, Falcao sukses mengelabui Willy Caballero, kiper Manchester City lewat tendangan lob. Sebuah proses yang mencerminkan ketajaman Falcao yang sempat redup beberapa tahun silam.

7. Vadis Odjidja (Legia Warsawa vs Real Madrid)

Di antara nama-nama besar pencetak gol indah di Liga Champions, muncul nama gelandang Legia Warsawa, Vadis Odjidja. Gol terbaik ke-8 dalam ajang Liga Champions 2016/2017 menjadi milik pemain asal Belgia ini. Menerima bola dari sisi kanan, ia menggiring bola ke area dekat kotak penalti Madrid, lalu kemudian mencetak gol indah dengan kaki kirinya. Gol ini ia torehkan dalam laga fase grup melawan Madrid, sekaligus menjadi salah satu gol yang sukses menahan imbang Los Blancos dengan skor 3-3.

6. Cristiano Ronaldo (Real Madrid vs Atletico Madrid)

Cristiano Ronaldo lagi-lagi mencatatkan namanya sebagai salah satu pencetak gol terbaik di ajang Liga Champions 2016/2017, golnya yang ia cetak dalam laga melawan Atletico Madrid di leg pertama babak semifinal Liga Champions masuk sebagai gol terbaik ke-6 Liga Champions 2016/2017. Menerima bola dari Karim Benzema, ia melakukan kontrol yang indah pada bola yang datang padanya sebelum akhirnya ia menendang bola dengan keras dan gagal dihalau oleh Jan Oblak.

5. Ricardo Quaresma (Besiktas vs Dinamo Kiev)

Gol terbaik ke-5 dalam ajang Liga Champions 2016/2017 menjadi milik pemain asal Portugal lain, Ricardo Quaresma. Tendangan bebasnya dalam laga melawan Dinamo Kiev di fase grup membuat namanya tercatat dalam salah satu pencetak gol terbaik Liga Champions musim 2016/2017.

4. Neymar (Barcelona vs Paris-Saint Germain)

Pemain asal Brasil kerap menjadi pencetak gol yang indah, tak terkecuali dengan Neymar. Pemain timnas Brasil ini berhasil memasukkan namanya dalam salah satu pencetak gol terbaik dalam ajang Liga Champions 2016/2017, peringkat keempat. Gol tendangan bebas yang ia cetak dalam laga leg kedua babak 16 besar melawan Paris-Saint Germain (PSG), selain mengantarkan Barca melakukan comeback fantastis, juga merupakan gol yang cukup indah.

3. Cristiano Ronaldo (Real Madrid vs Sporting Lisbon)

Lagi-lagi Cristiano Ronaldo memasukkan namanya ke dalam daftar pencetak gol terbaik Liga Champions 2016/2017. Kali ini, lewat gol yang ia cetak dalam laga melawan Sporting Lisbon di fase grup, ia masuk urutan ke-3 pencetak gol terbaik Liga Champions. Namun, melihat gol yang ia cetak, bisa dilihat bahwa ini adalah hal di luar kebiasaan Ronaldo. Jika tendangan bebasnya lazim menggunakan power, kali ini, presisi menjadi kata dalam tendangan bebas yang dilesakkan oleh CR7.

2. Mario Mandzukic (Juventus vs Real Madrid)

Partai final yang penuh dengan tensi dan tekanan bukan halangan menjadi seorang pemain untuk mencetak gol indah di dalamnya. Mario Mandzukic adalah orang yang seperti itu. Dalam partai final Liga Champions menghadapi Real Madrid, ia mencetak gol indah setelah menerima umpan dari Alex Sandro di sisi kiri. Ia melakukan tendangan salto tanpa melihat gawang yang berada di belakangnya. Namun gol ini nyatanya tidak mampu membawa Juve menaklukkan Madrid di final.

1. Cenk Tosun (Besiktas vs Benfica)

Predikat gol terbaik Liga Champions 2016/2017 pun akhirnya disematkan. Bukan kepada nama-nama besar, tapi kepada sebuah nama dari Besiktas, Cenk Tosun. Gol ini ia cetak dalam laga melawan Benfica di fase grup, yang berakhir dengan skor 3-3.

Menerima umpan dari sisi kanan penyerangan Besiktas, Cenk berhasil melesakkan sebuah bicycle kick yang menghujam ke gawang Ederson Moraes, kiper yang per musim 2017/2018 resmi membela Manchester City. Selain prosesnya yang indah, gol ini pun menjadi awal kebangkitan Besiktas dalam pertandingan tersebut, mengejar ketertinggalan 0-3 menjadi 3-3.

***

Urutan gol terbaik ini berdasarkan dari hasil polling yang dilakukan oleh UEFA kepada para suporter. Anda bisa menyaksikan daftar lengkap dari gol-gol tersebut di sini.

Atau, apakah ada gol indah di Liga Champions 2016/2017 yang terlewat dalam urutan gol di atas?

Sumber: uefa.com

(sf)

Komentar