Ronaldo Hengkang? Santai Saja, Madrid

Analisis

by Redaksi 33 32047

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Ronaldo Hengkang? Santai Saja, Madrid

Isu hengkangnya Cristiano Ronaldo mulai menyeruak jelang memasuki bursa transfer musim panas 2017 ini. Apakah hal ini harus menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Real Madrid?

Cristiano Ronaldo adalah salah satu elemen penting dari berbagai kesuksesan yang diraih oleh Real Madrid dalam beberapa tahun ke belakang. Ia adalah aktor penting di balik raihan dua trofi Liga Champions yang ditorehkan oleh Los Blancos pada musim 2013/2014 serta musim 2015/2016.

Raihan 42 gol dari 46 penampilan yang ia catatkan bersama Madrid pada musim 2016/2017 juga turut mengantarkan El Real meraih double. Madrid sukses menyabet trofi Liga Champions, serta trofi La Liga Primera Division Spanyol pada musim 2016/2017. Ia bahkan mampu mencetak beberapa gol yang terbilang menjadi gol penentu pada musim 2016/2017 ini di ajang-ajang besar.

Oleh karena itu, isu kepindahannya yang menyeruak jelang dibukanya bursa transfer musim panas 2017 menimbulkan kepanikan tersendiri. Malah sudah muncul ramalan beberapa kesebelasan yang bisa dibela oleh Ronaldo selepas ia pindah dari Real Madrid nanti, apakah itu pulang kembali ke Manchester United atau pindah ke Ligue 1 membela Paris-Saint Germain.

Namun, sebenarnya Real Madrid tak perlu khawatir jika kelak megabintangnya itu hijrah dari Santiago Bernabeu. Masih banyak rencana cadangan yang bisa disiapkan oleh Zinedine Zidane, ataupun pelatih Madrid lain yang kelak menggantikan Zidane, jika kelak Ronaldo memutuskan untuk hengkang dari Real Madrid

Cara Cepat, Merekrut Pemain Baru untuk Menggantikan Ronaldo

Jika kelak Ronaldo hijrah, apalagi ia punya buy-out clause seharga 1 miliar euro, akan banyak pundi-pundi uang yang bisa didapatkan Madrid. Uang tersebut bisa digunakan Madrid untuk banyak hal, salah satunya adalah menggunakan cara cepat untuk menggantikan kepergian Ronaldo, yaitu membeli pemain baru.

Ada banyak pemain yang bisa Madrid dapatkan dengan uang sebanyak 1 miliar euro. Pierre-Emerick Aubameyang, Kylian Mbappe, serta Andrea Belotti, pemain yang dikabarkan akan direkrut Madrid (baru sebatas kabar), bisa mereka beli untuk menggantikan Ronaldo. Ada juga beberapa pemain lain yang mungkin bisa dibeli Madrid untuk menggantikan posisi Ronaldo.

Kelak pemain-pemain yang dibeli juga bisa berkontribusi dalam taktik yang kelak diterapkan oleh Zidane. Peran no. 9 yang biasa diemban Ronaldo bisa digantikan oleh pemain-pemain di atas (Mbappe, Auba, dan Belotti). Akan banyak cadangan taktik yang bisa dimiliki Zidane, yang dikenal fleksibel dan mampu mengubah taktik dan cara bermain timnya dengan cepat dalam satu pertandingan.

Kalaupun kelak Ronaldo hijrah dengan harga di bawah 1 miliar euro, Madrid masih memiliki banyak pundi uang untuk mendatangkan pemain-pemain baru untuk menggantikan Ronaldo. Cara cepat ini mungkin saja dilakukan oleh Madrid, jika memang kelak mereka panik kehilangan Ronaldo. Cara ini bisa terjadi, dengan catatan para pemain yang diincar Madrid mau pindah ke Madrid tepat saat Ronaldo hijrah.

Cara Sabar, Memanfaatkan Talenta yang Ada

Dengan uang melimpah, tidak hanya dari hasil penjualan Ronaldo saja kelak, Madrid bisa menggunakan cara cepat untuk membeli pemain baru. Tapi, ada cara lain yang bisa dipakai oleh manajemen dan juga Zidane, yaitu memanfaatkan pemain yang ada.

Hal ini sudah terbukti pada musim 2016/2017. Ketika Gareth Bale harus absen lama karena cedera, Isco mampu menggantikan peran Bale dengan baik. Beberapa pemain muda yang ada di tim Madrid pun bisa diandalkan oleh Zidane, macam Marco Asensio, Lucas Vazquez, maupun Alvaro Morata (itu pun kalau Morata tidak hijrah ke United). Ini belum menghitung James Rodriguez, yang jika ia tak hengkang mungkin juga bisa menjadi tulang punggung Los Blancos jika kelak Ronaldo hijrah.

Secara taktikal, para pemain yang ada pun dapat menutup lubang yang kelak akan ditinggalkan Ronaldo. Vazquez dan Asensio bisa menjadi winger, sedangkan Morata ataupun Benzema bisa menjalankan peran no. 9, peran yang cukup sering dijalankan Ronaldo pada musim 2016/2017 ini. Zidane juga mungkin saja memainkan Isco sebagai second striker, seperti yang ia terapkan dalam laga leg kedua babak semifinal Liga Champions

Namun jika memilih cara ini, maka Madrid harus sedikit bersabar. Masih mudanya para pengganti Ronaldo ini menandakan bahwa akan ada masa ketika Madrid harus menantikan perkembangan para pemain muda ini. Hasil instan tidak akan segera didapat, tapi jika memang kelak para pemain yang ada di skuat ini dapat berkembang baik, mereka akan menjadi pemain yang mungkin menggemparkan Eropa dan dunia.

Apakah Madrid mampu bersabar menunggu hal tersebut terjadi?

***

Dengan usianya yang sudah 32 tahun, akan ada masa ketika Ronaldo hengkang dari Madrid, baik itu pindah ke klub lain ataupun pensiun di Madrid. Itu adalah hal yang tak terhindarkan, sebagaimana Barcelona yang kelak harus siap jika Lionel Messi pindah ataupun memutuskan untuk pensiun di Barca.

Madrid seharusnya tak perlu ragu jika kelak Ronaldo pergi dari Bernabeu. Banyak rencana yang bisa mereka siapkan, atau mereka bisa mencontoh Manchester United yang tidak kelewat panik kala Ronaldo pergi dari Old Trafford. Manajemen United, dan tentunya Sir Alex Ferguson mampu mempertahankan kegemilangan United walaupun bintangnya kala itu memutuskan pindah ke Real Madrid.

Intinya, Madrid tak perlu risau. Karena cepat atau lambat, Ronaldo pasti akan pergi dari Madrid. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah mereka siap jika kelak masa itu tiba? Apakah cara cepat atau cara sabar yang akan mereka tempuh?

Komentar