Dicari: Target Man!

Berita

by redaksi

Dicari: Target Man!

Kurang dari dua pekan lagi bursa transfer musim dingin 2018 akan ditutup. Klub-klub Eropa harus segera bergegas menyelesaikan transfer mereka agar kualitas mengarungi sisa musim 2017/2018 bisa meningkat. Klub asal Inggris, Chelsea, tampaknya mulai serius mendatangkan pemain baru tersebut.

Menariknya, Chelsea saat ini sedang mengincar pemain baru untuk menambah daya gedor lini depan. Karena dari beberapa rumor yang beredar, para pemain tersebut berposisi sama; penyerang tengah. Lebih spesifik para pemain tersebut punya gaya permainan yang identik, yaitu sebagai target man, penyerang yang handal dalam duel udara, kuat melindungi bola dan mampu menjadi pemantul.

Chelsea dikabarkan tidak puas dengan Michy Batshuayi yang menjadi pelapis Alvaro Morata (baru mencetak dua gol di Liga Primer). Morata yang tak selalu mencetak gol pun disebut-sebut butuh kompetitor yang seimbang agar tak menurunkan ketajamannya. Namun sang manajer, Antonio Conte, menginginkan penyerang anyar Chelsea adalah seorang target man.

Isu ini berkembang setelah Sky Sport mengabarkan Chelsea sedang melihat kemungkinan meminjam penyerang asal Inggris milik West Ham United, Andy Carroll. Namun West Ham hanya ingin menjual sang pemain dan membanderolnya dengan harga 20 juta paun. Di tengah rumor ini, Carroll justru mengalami cedera yang membuat Chelsea mundur dari perburuan. Carroll mengalami cedera pergelangan kaki dan harus absen sekitar empat pekan.

Chelsea pun mencari nama lain yang sesuai dengan kriteria mereka. Ternyata secara mengejutkan muncul pemberitaan bahwa Chelsea hendak merekrut penyerang jangkung milik Stoke City, Peter Crouch. Setelah itu mulai banyak pandit Inggris yang menyarankan The Blues untuk merekrut Olivier Giroud karena dianggap lebih ideal bermain untuk menjadi target man Chelsea.

"Mereka sebelumnya melirik Carroll, sekarang mereka membicarakan soal Crouch. Giroud adalah jawabannya," kata mantan pemain Arsenal, Paul Merson. "Jika mereka mencari seseorang yang besar, kuat, bisa masuk ke lapangan dan mengubah pertandingan, saya tak melihat orang lain yang lebih baik. Giroud selama ini sangat dipandang sebelah mata."

Mantan pemain Arsenal lainnya, Ray Parlour, juga sependapat dengan Merson. Menurutnya Giroud akan sangat cocok dengan Chelsea. Walau begitu ia ragu apakah Arsenal akan melepas sang pemain ke rival sekota mereka atau tidak.

"Dia [Giroud] akan sempurna. Tapi soal Arsenal mau melepas satu pemain lainnya ke tim rival adalah persoalan yang berbeda," ujar Parlour yang dikutip Sky Sports. "Hanya saja saya yakin jika Chelsea memberi tawaran yang lumayan, dia akan tergoda karena dia tak harus pindah. Dia tetap bisa tinggal di London, sedikit mirip dengan Petr Cech [saat pindah dari Chelsea ke Arsenal]. Dia sudah nyaman di London dan ingin tinggal di sana."

Terbaru, Chelsea sedang dikaitkan dengan penyerang AS Roma, Edin Dzeko. Sky Sports mengabarkan jika juara Liga Primer musim lalu tersebut siap menggelontorkan 50 juta euro untuk memboyong kapten timnas Bosnia & Herzegovina tersebut dan bek kiri Roma, Emerson Palmieri. Namun tawaran itu ditolak Roma yang baru bersedia melepas keduanya jika Chelsea mau membayar sebesar 65 juta euro.

Pencarian Chelsea pada penyerang anyar ini tak lepas dari mulai kesulitannya The Blues mencetak gol. Dari 23 laga yang sudah dijalani, Chelsea "hanya" mampu mencetak 41 gol. Sama dengan Arsenal, jumlah tersebut merupakan yang paling sedikit di antara kesebelasan penghuni enam teratas. Manchester City saja berhasil mencetak 67 gol, sementara Liverpool mengoleksi 54 gol. Manchester United 48 gol, sedangkan Tottenham Hotspur 46 gol.

Dari 41 gol tersebut, terbanyak diciptakan Alvaro Morata, itu pun hanya 10 gol. Eden Hazard yang pada awal musim sempat cedera baru mengoleksi 6 gol. Terbanyak berikutnya justru ditorehkan bek kiri mereka, Marcos Alonso. Karena tidak ingin selamanya menunggu ketajaman Morata dan Hazard, terlebih dalam lima laga terakhir (di segala ajang) Chelsea hanya mampu mencetak tiga gol, mendatangkan penyerang baru menjadi solusi.

Baca juga: Menerka Alasan Chelsea Mencari Penyerang Jangkung

Komentar