Panduan Bermain Liga Fantasia Serie A

Advetorial

by Pandit Sharing

Pandit Sharing

Ingin menulis di PanditFootball.com? Kirimkan ke sharingpandit@gmail.com

1. Lengkapi dengan biodata singkat dan akun Twitter di bawah tulisan
2. Minimal 900 kata, ditulis pada file Ms. Word
3. Tulisan belum pernah dipublikasikan di media apapun (blog, website, forum, dll)
4. Tambahkan alamat lengkap dan nomor HP (tidak dipublikasikan)

Panduan Bermain Liga Fantasia Serie A

Permainan fantasy football kian digemari oleh banyak penggemar sepakbola di Tanah Air. Terinspirasi dari Fantasy Premier League, Liga Fantasia meluncurkan permainan LF Serie A yang ditujukan bagi semua penggila si kulit bundar, khususnya pecinta Liga Italia Serie A.

LF Serie A adalah permainan yang berbasis pada situs dan dapat diakses lewat desktop dan mobile. Sampai saat ini, belum dibuat untuk aplikasi (app di Playstore). Di sini, para peserta harus membentuk kesebelasan fantasi Serie A yang terdiri dari 15 pemain, namun hanya 11 pemain yang mendapatkan poin sesuai performa pemain di pertandingan sesungguhnya.

Poin pemain diperoleh berdasarkan aksi pemain, seperti jumlah menit penampilan, jumlah gol, jumlah assist, cleansheet sampai jumlah penyelamatan. Bahkan, pemain pilihan bisa mendapat pengurangan angka karena kartu kuning, kartu merah, gagal penalti dan gol bunuh diri. Yang menarik dari LF Serie A ini adalah setiap pemain yang mencetak gol tendangan bebas memperoleh poin tambahan.

Cara bermain

Kalian harus melakukan registrasi di halaman beranda situs LigaFantasia.id kemudian Anda akan mendapat SMS gratis berupa notifikasi. Lalu, klik Login di halaman beranda untuk akses masuk ke dalam situs.

Setelah memasukkan nomor ponsel dan kata sandi di halaman Login, kalian diwajibkan belanja 15 pemain dengan bujet 100 juta euro. Jika belanja di bawah bujet, makin bagus. Jangan sampai belanja di bawah 15 pemain, atau belanja 15 pemain yang melebihi bujet.

Kesebelasan fantasi terdiri dari 15 pemain, yakni 2 kiper, 5 bek, 5 gelandang dan 3 penyerang. Kalian hanya boleh membeli paling banyak 3 pemain dari satu klub yang sama.

Sehabis klik ‘Simpan’, kalian akan menuju halaman Atur Tim dan mendapati formasi awal 4-4-2. kalian bisa mengganti pemain atau formasi dengan mengklik bodi pemain inti, lalu mengklik pemain cadangan. Contoh: formasi 4-4-2 ingin diubah menjadi 3-4-3, maka kalian harus mengganti bek inti dengan penyerang cadangan.

Hanya 11 pemain starter yang memperoleh poin. Pemain cadangan bisa memberi poin bagi tim fantasi apabila masuk menggantikan pemain starter di masa pergantian pemain. Dalam permainan LF Serie A, kalian bisa mengganti pemain di tengah giornata berlangsung.

Tidak ada pergantian otomatis, kalian harus melakukannya secara manual dengan ketentuan waktu 2 jam setelah pertandingan selesai dan 90 menit sebelum pertandingan berikutnya akan dimulai.

Contoh: Dalam Giornata 1, pertandingan tim A vs B selesai pukul 03:30 WIB, kemudian ada pertandingan berikutnya Y vs Z akan dimulai pukul 18:30 WIB, maka Anda boleh mengganti pemain antara pukul 05:30 WIB sampai 17:00 WIB.

Kalian wajib menentukan kapten. Kapten adalah pemain yang poinnya akan digandakan. Bila pemain yang dijadikan kapten itu tidak bermain, maka tim fantasi kalian tidak mendapatkan penggandaan poin dari pemain selain kapten.

Kalian harus mengatur pemain sebelum deadline tiap Giornata, yakni 90 menit sebelum waktu kick-off pertandingan pertama di Giornata tersebut. Perubahan susunan pemain starter dan kapten juga wajib dilakukan sebelum deadline.

Kalian boleh transfer berapapun secara cuma-cuma sebelum Giornata pertama yang diikuti. Contoh: Kalian mendaftar atau sign-up setelah Giornata 1 dan Giornata 2 sudah digelar, maka kalian boleh transfer sesuka hati secara gratis sebelum deadine Giornata 3.

Setelah deadline Giornata pertama yang Anda ikuti, maka kalian tidak lagi mendapat transfer gratis di setiap Giornata. Kalian boleh transfer berapapun, tapi dikenakan pengurangan 3 poin tiap transfer dari total skor.

Jika dalam suatu Giornata ternyata kalian tidak melakukan transfer, maka kalian akan memperoleh jatah transfer gratis satu kali. Kalau selama dua Giornata tidak transfer, kalian akan punya jatah transfer gratis dua kali, dan seterusnya.

Dua poin tambahan:

1) Free Transfer

Selain jelang deadline Giornata 1 atau sebelum deadline pertama bagi anggota baru, free transfer juga diberlakukan sebelum deadline Giornata 2 (27-29 Agustus) dan Giornata 3 (11 September) bagi semua tim sehingga kalian para manajer tim bisa melakukan transfer gratis dalam jumlah pemain berapapun. Aturan main transfer akan diberlakukan setelah deadline Giornata 3.

2) Update Data

Setiap manajer tim wajib melakukan update data sebelum deadline giornata terdekat. Mekanisme update data adalah dengan login seperti biasa dan klik Simpan di laman My Team.

Misalkan kalian tidak melakukan transfer pemain atau kalian hanya ganti pemain inti dengan pemain cadangan, maka Anda harus klik Simpan sebelum deadline terdekat.

Apabila tidak melakukan update data, maka tim kalian tidak mendapatkan poin dari Giornata tersebut. Contoh: manajer tim A tidak update data sebelum deadline Giornata 2, maka poin tim A di Giornata 2 adalah 0.

Sistem poin pemain

Selama satu musim kompetisi Serie A, kalian harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya di setiap pekan (giornata) untuk memperoleh hadiah. Pemenang adalah tim yang memperoleh poin tertinggi, baik di akhir Giornata, akhir bulan dan akhir musim.

Aksi

Poin

Main sampai 60 menit

1

Main 60 menit atau lebih

2

Setiap gol yang dicetak oleh kiper atau bek

6

Setiap gol yang dicetak oleh gelandang

5

Setiap gol yang dicetak oleh penyerang

4

Setiap gol tendangan bebas

2

Setiap assist

3

Cleansheet kiper

6

Cleansheet bek

4

Cleansheet gelandang

2

Setiap 3 penyelamatan kiper

1

Setiap penyelamatan penalti

5

Setiap gagal penalti

-2

Setiap kiper atau bek kebobolan 2 gol

-1

Setiap kartu kuning

-1

Setiap kartu merah

-3

Setiap gol bunuh diri

-3

Liga privat

Kalian punya kesempatan membuat Liga Privat bagi teman-temanmu yang ikut bermain di LF Serie A. Nantinya, akan ada klasemen khusus bagi anggota Liga Privat dan menjadi keseruan tersendiri.

Setelah login di LG Serie A, kalian bisa membuat Liga Privat dengan mengklik Atur Tim, kemudian klik Liga Private, lalu mengetik nama liga yang diinginkan, dan klik Buat Liga.

Ajak teman-teman kalian untuk bergabung ke Liga Privat yang sudah dibuat dengan menyebut nama liganya. Nanti teman kalian bisa masuk Liga Privat yang ada dengan mengklik Liga Privat, kemudian mengetik nama Liga Privat, lalu klik Cari Liga. Nanti akan muncul hasil pencarian. Jika sudah ditemukan, klik Join. Teman kalian harus menunggu ‘approval’ dari si pembuat liga.

Hadiah

Liga Fantasia menyediakan hadiah bagi para pemenang LF Serie A, berupa hadiah pulsa dan jersey klub. Untuk informasi hadiah selengkapnya, dapat dicek di situs LigaFantasia.id


Catatan redaksi: Liga Fantasia tidak dikelola oleh Pandit Football, segala pertanyaan mengenai permainan ini dapat langsung ditujukan ke penyelenggara.

Komentar