Rangkuman Grup 1 Piala Presiden 2017 | Pandit Football Indonesia

Rangkuman Grup 1 Piala Presiden 2017

Analisis

by Sandy Firdaus 5850

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Rangkuman Grup 1 Piala Presiden 2017

Grup 1 Piala Presiden 2017 sudah merampungkan semua pertandingannya. Setelah melalui persaingan ketat, bahkan penentuan runner-up grupnya harus menggunakan undian, akhirnya ditetapkan bahwa Mitra Kukar lolos sebagai juara grup, sedangkan Persegres Gresik United berpeluang lolos sebagai runner-up grup.

Cukup banyak hal-hal yang terjadi selama penyelenggaraan pertandingan grup 1 yang dipusatkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman ini. Secara persaingan, grup 1 menyajikan persaingan yang cukup merata dan tidak ada dominasi kentara yang terlihat dari sebuah tim dalam grup ini. Hal ini terlihat dari poin akhir yang diraih oleh tim di grup 1. Mitra Kukar, Persegres, dan Persipura meraih poin akhir yang sama.

Selain persaingan yang merata, ada beberapa hal lain yang membuat grup ini menjadi cukup menarik.

Kemampuan PSS Sleman Untuk Bersaing Dengan Tim Lain

Walau berstatus sebagai tuan rumah, dalam grup ini PSS Sleman adalah satu-satu tim yang tidak berlaga di Liga 1 musim depan. Mereka akan berlaga di Liga 2, dan status inilah yang sempat membuat orang-orang mengira bahwa PSS akan menjadi bulan-bulanan dari tim lain calon peserta Liga 1.

Tapi yang terjadi malah sebaliknya. PSS mampu bersaing dengan kontestan lain di grup 1. Semangat nothing to lose yang mereka bawa, serta permainan yang tidak canggung tiap kali berhadapan dengan kontestan lain, membuat PSS bisa merepotkan lawan-lawannya.

Bahkan, Super Elang Jawa menjadi satu-satunya tim di grup 1 yang sama sekali tidak menelan kekalahan, dengan tiga kali hasil imbang yang mereka dapat. Penampilan mereka dalam ajang Piala Presiden 2017 yang sudah cukup baik ini dapat menjadi bekal mereka dalam menghadapi Liga 2 nanti.

Persipura yang Masih Bisa Berbenah

Prediksi awal grup 1, Persipura akan menjadi tim yang cukup dominan di grup ini. Namun apa yang terjadi di atas lapangan menunjukkan hal yang sebaliknya. Satu kemenangan, satu kekalahan, dan satu hasil imbang adalah hasil yang dicatatkan oleh Mutiara Hitam di grup 1. Sebuah hasil yang sebenarnya tidak terduga akan diraih oleh juara ISC 2016 ini.

Secara permainan, sebenarnya tidak ada yang berbeda dengan apa yang mereka tampilkan dalam ajang ISC 2016. Penguasaan bola yang baik, serta umpan-umpan pendek dengan mengandalkan kecepatan yang dimiliki oleh para pemainnya masih terlihat dalam permainan Persipura. Namun permainan ini ternyata sudah diantisipasi oleh kontestan lain yang akhirnya memilih untuk bermain lebih bertahan dan mengandalkan serangan balik ketika melawan Persipura.

Masih ada waktu bagi Persipura untuk berbenah jelang Liga 1 dimulai. Apalagi Persipura memang dikenal sebagai tim yang memang cukup tangguh dalam ajang liga. Apalagi dalam pertemuan terakhir grup 1, Persipura sanggup meraih kemenangan atas Mitra Kukar dengan skor 1-0.

Pertandingan Seru, PSS Lawan Mitra Kukar

Dari sekian banyak pertandingan yang terjadi di grup 1, pertandingan antara PSS melawan Mitra Kukar mungkin adalah salah satu pertandingan yang mungkin akan masuk dalam kategori pertandingan terbaik dalam ajang Piala Presiden. Skor 3-3 menghiasi pertandingan ini, setelah sebelumnya tuan rumah PSS unggul 3-0 terlebih dahulu.

Di bawah puluhan ribu mata yang hadir di Stadion Maguwoharjo, kedua tim mampu menyajikan permainan yang cukup ciamik. Saling serang terjadi, dan pada akhirnya membuat banjir gol pun tercipta dalam pertandingan tersebut. Catatan tersendiri perlu diberikan kepada Mitra Kukar yang tetap mampu semangat mengejar ketertinggalan walau sudah kalah dengan skor 3-0.

Undian, Cara Menentukan Runner-up Grup

Usai semua pertandingan grup 1 dirampungkan, kebingungan pun melanda para peserta grup. Mitra Kukar, Persegres, dan Persipura mencatatkan poin yang sama. Hal ini membuat beberapa langkah ditempuh, dan sesuai regulasi, khusus untuk Persipura dan Persegres yang memiliki poin serta selisih gol yang sama, undian pun dilakukan.

Undian pun akhirnya memenangkan Persegres Gresik United sebagai runner-up grup 1, membuat Persipura harus puas duduk di peringkat akhir. Mengenai pemberlakuan undian ini, Anda dapat membaca ulasan dari kami di sini.

Namun Persegres pun belum bisa dipastikan lolos ke babak delapan besar, karena sesuai aturan, hanya tiga tim runner-up lah yang akan mendampingi lima juara grup melaju ke babak delapan besar. Persegres masih harus menantikan klasemen akhir dari empat grup yang lain sebelum memastikan diri lolos ke babak delapan besar.

Ed: RAN

Komentar