Ronaldo Dianggap Menghina Agama Buddha

Berita

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Ronaldo Dianggap Menghina Agama Buddha

Memiliki banyak pengikut di media sosial bisa menjadi berkah atau beban dalam waktu yang sama. Apapun yang kita ucapkan dan unggah dalam media sosial akan mengundang perhatian banyak orang. Mungkin itu yang dirasakan oleh Cristiano Ronaldo, pemain kenamaan dari timnas Portugal yang baru-baru ini kembali menjadi pusat perhatian di media sosial.

Ronaldo memang cukup dikenal di media sosial. Laporan dari AS menyebut bahwa pemain yang pernah membela Sporting Lisbon dan Manchester United ini menjadi pria sekaligus atlet yang paling banyak diikuti oleh orang-orang di media sosial dengan total pengikut sampai 244 juta orang (tersebar mulai dari Facebook, Twitter, dan Instagram). Jumlah pengikut yang melebihi angka 200 juta inilah yang membuat segala tindakan Ronaldo di media sosial begitu diperhatikan.

Pemain Real Madrid ini kembali menjadi buah bibir setelah mengunggah fotonya di Instagram dan di Facebook yang sedang menginjak patung kaki kepala Buddha dengan kaki kanannya. Sontak foto ini mengundang reaksi keras juga kemarahan orang-orang, terutama bagi para penganut agama Buddha. Mereka mencecar Ronaldo, dan menyebutnya sebagai pemain yang tidak tahu bagaimana caranya menghormati agama orang lain.

Ronaldo menginjak patung kaki Buddha. Sumber: Instagram

"Saya adalah penggemar Anda Cristiano Ronaldo. Namun Anda juga harus menghormati agama Buddha. Saya tahu Anda tidak beragama Buddha, tapi Anda mesti tahu bahwa banyak pendukung Anda yang beragama Buddha. Apalagi Anda adalah pesepakbola terkenal. Sangat disayangkan Anda melakukan hal ini, hal yang sudah membuat hati kami, para penganut Buddha, hancur," ujar salah satu pendukungnya di Facebook, Waz Tniym Gnian Hkt.

"Ini benar-benar keterlaluan. Bagaimana bisa ia menginjakkan kakinya di patung kepala Siddharta Gautama (Buddha). Saya tidak mengharapkan Ronaldo melakukan kebodohan ini. Tuan, malam ini Anda sudah kehilangan satu penggemar Anda," ujar salah satu pendukungnya di Facebook, Shubham Pandey.

Itu hanya sebagian reaksi yang ditunjukkan para pengikut Ronaldo di Instagram ataupun di Facebook. Sesudah sembilan jam foto ini diunggah di media sosial, tercatat ada 1,7 juta orang yang menyukai foto ini di Instagram (dengan reaksi yang bermacam di kolom komentarnya), juga 940.381 reaksi di Facebook, dengan 47.677 orang bereaksi dengan mengeluarkan emoji marah untuk menyuarakan ketidaksetujuannya dengan foto yang diunggah pemain timnas Portugal ini.

Ah, macam-macam saja kelakuanmu ini Ronaldo. Atau, apakah ini salah dari Marisa Mendes (anak Jorge Mendes) yang juga menjadi manajer media sosial Ronaldo? Entahlah.

Baca Juga: Perkembangan Sepakbola dan Media Sosial

Komentar