Suatu Saat, Mungkin Tuchel Akan Tukangi Real Madrid

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Suatu Saat, Mungkin Tuchel Akan Tukangi Real Madrid

Setelah Borussia Dortmund sempat mengalami kemunduran di era Jurgen Klopp, Thomas Tuchel mampu meramu kesebelasan tersebut menjadi kembali disegani. Tuchel telah menunjukkan kapabilitas, kendati terus ditinggalkan para pemain andalannya. Pada bursa transfer musim panas lalu pun sedikitnya ditinggal tiga pemain andalannya. Henrikh Mkhitaryan, Ilkay Gundogan dan Mats Hummels bergantian meninggalkan Dortmund.

Kendati demikan, Tuchel mendatangkan Andre Schurrle dari Vfl Wolfsburg. Mario Gotze pun telah kembali setelah hengkang ke Bayern Munich selama tiga musim. Upaya-upayanya itu merupakan salah satu bagian dari dalam dirinya yang selalu optimis Dortmund akan lebih baik lagi. Tapi justru dari transfer itu jugalah tercipta keretakan antara Tuchel dengan kepala pemandu bakat Dortmund yang dilakoni Sven Mislintat.

Salah satu penyebab keretakan itu karena gagal merekrut Oliver Torres yang sekarang memperkuat FC Porto. Padahal Mislintat sudah berjasa dengan perekrutan Raphael Guerreiro dan Ousmane Dembele. Ia jugalah yang berjasa mendatangkan Pierre-Emerick Aubameyang dan mengembalikan Shinji Kagawa pada transfer-transfer sebelumnya. Tapi bukan soal transfer saja, Tuchel juga dikabarkan tidak suka dengan kebiasaan Mislintat yang sering merokok ketika sesi latihan skuatnya.

Keretakan di internal itu yang mungkin bisa dimanfaatkan Real Madrid mengambil jasanya. Hans-Joachim Watzke, Direktur Umum Dortmund, mengungkapkan jika Madrid mengincar Tuchel untuk menjadi pelatih Sergio Ramos dkk. Menurutnya, Tuchel memang menjadi incaran klub-klub besar di Eropa sejak mengambil alih kepelatihan Dortmund.

"Situasinya berbeda dengan pemain. Seorang pemain pada usia 28 atau 29 tahun mungkin hanya memiliki tiga tahun dan tidak bisa menyangkal langkah tersebut. Thomas pelatih yang sangat muda, ia masih bisa melatih klub manapun yang dia inginkan selama 20 tahun atau lebih," ujar Watzke seperti dikutip Goal.

Ia juga mengatakan memiliki hubungan baik dengan Florentino Perez sebagai Presiden Madrid. Tapi Watzke mengaku belum ada tawaran dari Madrid untuk meminta pelatih 43 tahun itu. Apalagi Madrid sendiri masih dilatih Zinedine Zidane yang dikontrak sampai 2018. Tuchel pun memiliki kontrak dengan durasi yang sama dengan Zidane bersama Madrid. Maka Watzke tidak khawatir akan kehilangannya dalam waktu dekat ini.

Atau bisa jadi Tuchel pindah ke Madrid ketika kontraknya di Dortmund habis, pun dengan Zidane. Selama menangani Dortmund, Tuchel mencatatkan 47 kemenangan dan 11 kekalahan dari 69 pertandingan. Terakhir, Dortmund bermain imbang 3-3 dengan Ingolstadt pada partai lanjutan Bundesliga di Audi Sportpark, Sabtu (22/10). Selanjutnya mereka akan menghadapi Union Berlin pada partai Piala Jerman, Kamis (27/10).

Sumber lain: AS, DW, ESPN FC.

Komentar