Julian Green yang Mulai Menunjukkan Diri

Berita

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Julian Green yang Mulai Menunjukkan Diri

Julian Green akhirnya mulai bergerak. Pertandingan kompetitif pertamanya untuk Bayern München berakhir dengan manis. Satu gol ia cetak dalam kemenangan Bayern atas FC Augsburg dalam laga DFB Pokal yang berlangsung pada Kamis (27/10/2016) dini hari dengan skor 3-1. Pertandingan ini juga ditandai dengan kembalinya Holger Badstuber ke dalam skuat Bayern.

Cerita tentang youngster Amerika Serikat yang sukses di tanah Jerman selalu mengarah kepada sosok Christian Pulisic. Pulisic saat ini membela Borussia Dortmund, rival Bayern di Jerman. Pemain yang sudah mulai tampil reguler bersama Dortmund ini acap mencuri perhatian berkat penampilan menawannya bersama Die Borussen. Namanya semakin mencuat ketika mampu menembus skuat timnas Amerika Serikat dalam gelaran Copa America Centenario 2016.

Inilah yang membuat nama Green, yang juga memiliki leluhur Amerika Serikat sama seperti Pulisic, sedikit terlupakan. Padahal dalam laga-laga pramusim bersama Die Roten, Green mampu tampil ciamik dan mencetak beberapa gol. Namun saingannya di klub (posisi Green adalah sebagai penyerang) memang bukan nama-nama sembarangan. Ia harus bersaing dengan Thomas Müller dan Robert Lewandowski untuk menjadi pemain inti Bayern.

Hal ini tentunya berbeda dengan Pulisic yang menjadi bagian dari skuat muda Dortmund musim 2016/2017 bersama Emre Mor, Julian Weigl, Ousmane Dembele, Marc Bartra, dan Raphael Guerreiro. Jam tampil Pulisic tentu menjadi sedikit lebih terjamin karena Thomas Tuchel, manajer Dortmund pun kerap melakukan rotasi skuat.

Tapi Green tidak menyerah. Meski ia sadar bahwa ia berada di dalam skuat yang berisikan pemain-pemain top, ia terus berjuang untuk mendapatkan tempat di skuat inti. Kesempatan baginya untuk menunjukkan diri akhirnya muncul ketika ia dipercaya oleh Carlo Ancelotti untuk menjadi penyerang dalam laga DFB Pokal melawan Augsburg. Luar biasanya lagi, ia sukses mencetak gol dalam laga tersebut.

!

Gol ini tentunya ia sambut dengan sukacita. Dalam akun Twitter pribadinya, ia bercuit bahwa ia senang atas kemenangan timnya, terlebih ia juga senang karena bisa mencetak gol dalam pertandingan tersebut.

"Kemenangan penting dalam ajang DFB Pokal (melawan Augsburg). Senang sekali dapat mencetak gol dalam pertandingan kali ini," cuitnya.

Situs Deadspin menuturkan bahwa meski lawan Bayern kali ini bukan klub-klub besar seperti Atletico Madrid ataupun Real Madrid, kemenangan atas Augsburg ini menandakan bahwa Green, yang sempat diisukan tidak masuk skuat utama karena kemalasannya untuk bersaing dengan pemain lain, mampu bersaing dalam level Bundesliga seperti halnya Pulisic.

Lalu apakah dengan mulai mampunya Green mencetak gol ini ia akan mendapatkan tempat di Bayern? Setidaknya ia sudah menorehkan kesan yang baik kepada Ancelotti dalam pertandingan kompetitif pertamanya. Tapi yang berbahagia tentu saja, timnas Amerika Serikat. Semakin banyak pemain berbakat Amerika di luar sana yang siap untuk membela tim Negeri Paman Sam.

foto: @J_Green37

Komentar