Klopp Isyaratkan Pensiun Setelah Melatih Liverpool | Pandit Football Indonesia

Klopp Isyaratkan Pensiun Setelah Melatih Liverpool

Berita

by redaksi 9675

Klopp Isyaratkan Pensiun Setelah Melatih Liverpool

Pelatih eksentrik Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan Liverpool mungkin akan menjadi kesebelasan terakhirnya sebagai pelatih dan tidak akan mengincar untuk melatih di kesebelasan lain.

Namun, mantan pelatih Dortmund ini juga menambahkan bahwa dia harus bisa memenangkan sejumlah trofi bagi The Kop sebelum dia menikmati masa pensiunnya untuk menghindari “situasi yang tidak nyaman”. Karena itu, sebelum kontraknya bersama Liverpool selesai tahun 2022, Klopp mengaku akan berusaha untuk memenangkan trofi demi akhir karier yang cemerlang bersama Liverpool yang akan membuat dia tinggal selama tujuh tahun di akhir kontraknya.

“Saya tidak akan menjadi pelatih di 10 kesebelasan berbeda bila karier saya usai,” kata Klopp, dikutip dari Sport1 setelah kesebelasannya menang atas West Bromwich Albion 1-0 pada pertandingan Sabtu, (15/04/2017) lalu.

“Saya sebenarnya bisa saja melatih tiga kesebelasan yang berbeda sebelum Liverpool, tapi saya bukan tipe pelatih yang berpindah kesebelasan dengan cepat. Sebaliknya, saya adalah orang yang sangat berkomitmen terhadap apa yang saya lakukan karena biasanya [saya bekerja dalam] proyek jangka panjang.” Kata Klopp dilansir Mirror UK

Klopp, yang akan genap berusia 50 tahun pada bulan Juni mendatang, sudah mengalami kesulitan untuk memenangkan trofi bergengsi.

Padahal di musim pertamanya, Klopp berhasil membawa Liverpool lolos ke final Piala Liga Inggris namun harus takluk dari Manchester City dalam drama adu penalti serta final Liga Europa UEFA di mana gol Daniel Sturridge sempat membawa mereka di atas angin pada babak pertama sebelum akhirnya mereka harus takluk juga hasil gol Kevin Gameiro dan dwigol Coke.

“Kalau saya memenuhi kontrak hingga selesai bersama Liverpool, saya mungkin bisa memenangi sebuah trofi disini. Saya bisa terjebak dalam situasi yang tidak mengenakkan bila saya tidak memenangkan sesuatu di sini karena orang-orang berharap Liverpool bisa memenangkan sesuatu.” ujar Klopp.

Liverpool sendiri belum pernah menjuarai kejuaraan bergengsi sejak Piala Liga 2011/2012. Terakhir kali mereka mendapatkan gelar juara di Benua Eropa juga Liga Champions UEFA 2004/2005, disusul dengan Piala Super UEFA 2005.

Salah satu gelar yang paling dinantikan oleh para pendukung Liverpool dan Klopp sendiri tentunya adalah gelar juara Liga Primer Inggris. Sejak Liga Inggris berubah format menjadi Premier League, Liverpool belum sekalipun merasakan gelar juara.

Pada saat kompetisi ini masih bernama First Division-pun, mereka menjuarainya terakhir kali pada 1989/1990. Apakah dalam tujuh tahun masa kontraknya ini, Klopp bisa mendapatkan gelar juara, terutama Liga Primer? Patut dinantikan... dengan sabar tentunya.

(ap)

Komentar