Enam Klub Ligue 2 Berebut Gelar Juara di Pekan Terakhir Liga | Pandit Football Indonesia

Enam Klub Ligue 2 Berebut Gelar Juara di Pekan Terakhir Liga

Berita

by redaksi 18648

Enam Klub Ligue 2 Berebut Gelar Juara di Pekan Terakhir Liga

Menjelang musim berakhir, khususnya pada pekan terakhir liga, perebutan gelar juara atau degradasi biasanya mulai meruncing kepada dua sampai tiga kesebelasan. Namun jika melihat klasemen Ligue 2, divisi dua Prancis, persaingan jauh lebih ketat dari liga lain. Karena pada pertandingan terakhir, ada enam kesebelasan yang masih berpeluang juara dan meraih tiket promosi.

Ligue 2 diikuti oleh 20 kesebelasan, sehingga masing-masing kesebelasan akan menjalani pertandingan ke-38 mereka pada pertandingan terakhir musim. Dan pasa musim ini, jarak antara peringkat satu sampai enam Ligue 2 memungkinkan adanya pergeseran, yang mana ini berkaitan dengan peluang mereka untuk promosi.

Saat ini, Strasbourg menjadi pemuncak klasemen dengan 64 poin dari 37 laga. Hanya saja di bawahnya secara berurutan mereka dikuntit oleh Amiens (63 poin), Troyes (63 poin), Lens (62 poin), Brest (62 poin) dan Nimes pada peringkat enam dengan 61 poin. Nimes masih berpeluang untuk juara karena Ligue 2 memberlakukan keunggulan selisih gol untuk klasemen akhir jika poin sama. Simak tabel di bawah ini:

Peluang juara bagi Nimes terbuka juga karena selisih gol mereka yang cukup baik dengan 17 gol. Secara hitung-hitungan, jika lima kesebelasan di atasnya kalah sementara Nimes pada pertandingan terakhir mereka, maka Nimes akan meraih 64 poin dan mengungguli Strasbourg dengan torehan poin sama. Saat ini, Strasbourg mengoleksi selisih gol sebanyak 15 gol, lebih sedikit dari Nimes.

Hanya saja pada pertandingan terakhir yang akan dilaksanakan serentak pada Sabtu (20/5) dini hari WIB nanti ini enam kesebelasan yang berebut tiket promosi tersebut tidak akan saling berhadapan. Hal ini membuat masing-masing kesebelasan harus menunggu hasil kesebelasan lain untuk memastikan di posisi berapa mereka pada klasemen akhir.

Strasbourg yang menjadi kandidat kuat juara "hanya" akan menghadapi Bourg en Bresse Peronnas yang menempati peringkat 14. Amiens mendapatkan lawan yang paling berat pada pekan terakhir karena harus menghadapi peringkat tujuh, Reims. Sementara itu Troyes akan menghadapi Sochaux (peringkat 11), Lens menghadapi Niort (10), Brest melawan Ajaccio (9), dan Nimes menghadapi Laval (20).

Dengan Nimes yang hanya akan menghadapi kesebelasan juru kunci, kans mereka merangsek ke tiga besar jelas sangat besar. Apalagi empat kesebelasan di atasnya mendapatkan lawan yang terbilang lebih berat karena menghadapi kesebelasan dengan peringkat 7-11.

Ligue 2 sendiri memberikan dua tiket promosi otomatis untuk peringkat satu dan dua. Untuk peringkat tiga akan menghadapi play-off promosi menghadapi kesebelasan peringkat ke-18 Ligue 1. Di papan bawah Ligue 1 sendiri, lima kesebelasan masih saling sikut untuk menghindari degradasi karena selisih poin peringkat terbawah dengan 16 hanya berjarak empat poin. Nancy yang berada di posisi buncit Ligue 1, masih bisa selamat degradasi jika mereka menempati posisi 18 dan menang menghadapi peringkat ketiga Ligue 2.

Maka pekan terakhir Liga Prancis ini tampaknya menjadi pekan terakhir yang paling menegangkan. Selain enam kesebelasan Ligue 2 masih berebut tiket promosi, lima kesebelasan Ligue 1 pun masih berusaha menyelamatkan dari degradasi. Dan semuanya saling berkaitan karena peringkat ke-18 Ligue 1 akan menghadapi peringkat 3 Ligue 2.


Update: Keenam kesebelasan memenangi pertandingan terakhir mereka, sehingga posisi klasemen tak berubah: Strasbourg dan Amiens promosi, Troyes akan jalani Play-Off.

Komentar