Final di Cardiff, Kepanikan di Turin

Berita

by redaksi

Final di Cardiff, Kepanikan di Turin

Saat Juventus sedang bertanding melawan Real Madrid dalam babak final Liga Champions UEFA 2016/2017 di Cardiff, kepanikan justru terjadi di Piazza San Carlo, salah satu pusat keramaian di Kota Turin yang diduga karena sebuah ledakan yang diakibatkan oleh petasan.

Ledakan ini terjadi tepat ketika Juventus menyamakan kedudukan pada babak pertama lewat Mario Mandzukic setelah tertinggal oleh gol Cristiano Ronaldo. Daily Express melansir bahwa beberapa suporter menyalakan petasan saat Juve berhasil mencetak gol, menyebabkan sebuah ledakan yang menimbulkan kepanikan di Piazza San Carlo dan melukai 30 orang.

Kepanikan pun langsung menyelimuti para penonton yang sedang mengadakan acara nonton bareng laga final Liga Champions yang mempertemukan Juventus dan Real Madrid. Beberapa penonton berhamburan keluar Piazza San Carlo, mengakibatkan beberapa orang terluka. Seorang jurnalis asal Italia, Tancredi Palmeri, melaporkan kejadian ini lewat live Periscope di tempat kejadian.

"Tidak jelas apa yang terjadi. Pertama saya lihat orang saling berdesak-desakan, dan semua pun langsung berlari menyelamatkan diri. Lalu saya melihat ada dua orang yang tangannya berdarah. Tapi tak ada ledakan sama sekali, tidak ada sejauh yang saya dengar," ujar Palmeri seperti dilansir Daily Express.

Seorang saksi mata mengungkapkan bahwa semua orang yang berada di Piazza mendengar sebuah ledakan. Setelah itu ia melihat beberapa orang berhamburan keluar Piazza dan kepanikan pun mulai terjadi.

"Kami mendengar sebuah ledakan dan semua mulai berlarian keluar [dari Piazza]. Kami mendengar teriakan, lalu kami melihat orang-orang berhamburan keluar. Kami semua dilanda kepanikan. Banyak anak-anak yang terpisah dari keluarga dan orang tuanya," ujar saksi mata tersebut disitat dari La Stampa.

"Jika Anda berada di sana, Anda akan sulit memahami apa yang terjadi. Ledakan itu terdengar seperti sebuah bom," tambah saksi mata tersebut.

Dalam beberapa waktu ke belakang, Eropa kerap dilanda ledakan-ledakan bom di tempat-tempat yang penting. Yang terbaru adalah kejadian bom yang menghancurkan bus Dortmund, serta kejadian bom yang pernah terjadi di Brussels dan Paris jelang Piala Eropa 2016. Akibat dari kejadian tersebut, tak heran warga Turin yang sedang mengadakan nobar di Piazza San Carlo dilanda kepanikan kala mendengar sebuah ledakan yang diduga berawal dari petasan yang disulut suporter Juventus tersebut.

Sampai berita ini diturunkan, pihak kepolisian setempat masih menyelidiki kejadian tersebut.

foto: @DailyMirror

(sf)

Komentar