Rilis Terbaru FIFA: Indonesia Turun Tiga Peringkat

Berita

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@panditfootball.com

Rilis Terbaru FIFA: Indonesia Turun Tiga Peringkat

Menahan imbang Yaman 0-0, dan mengalahkan Malaysia 2-0 ternyata tak berdampak bagi peringkat Indonesia di FIFA. Pada rilisan terbaru hari ini (18/9/2014) Indonesia justru turun tiga peringkat ke 156.

Jika melihat halaman resmi FIFA ternyata tidak ada poin bagi kedua laga uji coba tersebut. Poin yang ada sekarang adalah kalkulasi dari jumlah poin pada empat tahun terakhir (130). Meski pertandingan kontra Yaman dan Malaysia sebenarnya juga tercatat di jadwal FIFA. Namun jika melihat pertandingan tim lain yang digelar pada laga internasional bulan September, poin yang tertera juga kosong. Kemungkinan baru akan dihitung pada rilis selanjutnya 23 Oktober 2014 nanti.

Poin FIFA

Sementara untuk posisi teratas masih diisi oleh dua finalis Piala Dunia 2014 lalu, yakni Jerman dan Argentina. Swiss yang sempat menempati peringkat 6 beberapa bulan lalu makin turun ke urutan 10.

Untuk peringkat Asia Tenggara, Filipina masih berada di posisi teratas, diikuti oleh Vietnam, Myanmar, Singapura, dan Malaysia. Sedangkan Indonesia ada di peringkat 6 di bawahnya ada Thailand, Laos, Brunei, Timor Leste dan Kamboja.

Meski terkesan tak berguna, namun peringkat FIFA masih diperhitungkan sebagai salah satu tolak ukur penentuan unggulan beberapa turnamen. Termasuk syarat pemain asal negara bersangkutan yang ingin berkompetisi di Liga Inggris misalnya.

 Baca juga bagaimana cara menghitung peringkat FIFA

Komentar