Conte Soroti Kordinasi Lini pertahanan Chelsea Tanpa Terry

Berita

by redaksi

Conte Soroti Kordinasi Lini pertahanan Chelsea Tanpa Terry

Peran seorang kapten jelas tak bisa dianggap sebelah mata bagi setiap kesebelasan. Hal ini dirasakan betul oleh Chelsea saat menjamu tamunya, Liverpool, pada lanjutan Liga Primer Inggris 2016/2017 yang digelar Sabtu (17/9/2016) dini hari WIB.

Chelsea pada laga ini tertinggal dua gol lebih dulu. Dejan Lovren mencetak gol pertama Liverpool pada laga ini di menit ke-17 setelah menerima umpan tendangan bebas Philippe Coutinho. Pada menit ke-36, skuat asuhan Juergen Klopp tersebut menggandakan keunggulan melalui sepakan jarak jauh spektakuler yang dicetak oleh sang kapten, Jordan Henderson. Chelsea baru bisa memperkecil keadaan pada menit ke-61 lewat gol yang dicetak Diego Costa.

Tanpa kehadiran sang kapten, John Terry, yang mengalami cedera, Chelsea kehilangan kordinasi di lini pertahanan. Setidaknya hal tersebut dikatakan oleh manajer Chelsea, Antonio Conte, menanggapi kekalahan 1-2 kesebelasannya dari Liverpool.

"Saya pikir kami kehilangan kordinasi dari Terry dalam beberapa situasi; tendangan bebas dan lemparan ke dalam. Bagaimanapun, Anda harus tetap memberi perhatian penuh," ujar Conte seperti yang dikutip FourFourTwo usai laga.

"Di babak pertama, saya harus jujur, saya pikir kami memberikan mereka dua gol. Gol pertama dari tendangan bebas yang dilakukan dengan sangat cepat dan gol kedua setelah lemparan ke dalam, [Jordan] Henderson menerima bola dengan bebas dan melepaskan tembakan jarak jauh, gol yang bagus," lanjut Conte.

Conte sendiri memang mengkritik anak asuhnya yang tak terlalu memberikan perhatian berlebih pada laga melawan Liverpool. Maka menurut Conte wajar jika akhirnya Chelsea menelan kekalahan, kekalahan pertama Conte bersama Chelsea di laga resmi.

"Ketika Anda memberikan dua gol dengan cara seperti itu, saya pikir akan menjadi sulit karena ketika Anda melawan Liverpool Anda bermain melawan tim besar. Laga tersebut sangat sulit dan saya pikir Anda harus menaruh perhatian besar pada setiap momen, di setiap menit pertandingan, setiap detik, karena setiap detilnya akan memberikan perbedaan," ujar Conte.

Kehadiran seorang kapten bisa membuat pemain lain untuk tetap fokus di setiap detik pertandingan. Terry, bagi Conte, menjadi sosok penting bagi skuat Chelsea. Meskipun begitu, cedera ankle yang diderita Terry masih bisa menjadi masalah Conte di laga selanjutnya karena belum pulih benar.

"Saya tidak tahu mengenai hal ini [sembuhnya Terry]. Ia mengalami cedera pada ankle-nya dan saya tidak tahu kapan tepatnya ia akan pulih," tutur Conte yang meragukan kaptennya tersebut tampil menghadapi Leicester City di Piala Liga.

Komentar