Mahar 60 Juta Paun Daratkan Oscar ke Shanghai SIPG

Berita

by redaksi

Mahar 60 Juta Paun Daratkan Oscar ke Shanghai SIPG

Teka-teki tentang masa depan Oscar bersama Chelsea akhirnya terkuak. The Blues sudah mencapai kata sepakat dengan Shanghai SIPG soal kepindahan Oscar ke Liga Tiongkok. The Guardian melansir, mahar yang dikeluarkan oleh Shanghai untuk mendaratkan Oscar adalah sebesar 60 juta paun.

Selesai sudah perjalanan Oscar di Inggris yang berjalan selama empat setengah tahun. Pemain yang dibeli oleh Chelsea pada 2012 ini sudah meraih beberapa gelar prestise bersama The Blues, seperti Liga Eropa, Liga Primer, maupun Piala Liga Inggris. Ia pun memutuskan pindah ke Tiongkok karena merasa tidak mendapatkan banyak jam terbang di skuat Chelsea musim 2016/2017.

Sejauh musim ini Oscar hanya diberi kesempatan bermain 455 menit dari sembilan penampilannya, "Kami berterima kasih atas apa yang sudah Oscar sumbangkan untuk kami dalam empat setengah tahun kariernya bersama Chelsea. Kami harap ia bisa meraih sukses di masa depan nanti bersama klub barunya," ujar situs resmi Chelsea.

Kepergian Oscar ini menambah daftar hengkangnya pemain dari liga-liga top Eropa ke Liga Super Tiongkok. Tercatat ada nama Alex Teixeira, Ramires, Ezequiel Lavezzi, Demba Ba, Hulk, Gervinho, dan Graziano Pelle yang sekarang sudah memulai karier sepakbola mereka di Negeri Tirai Bambu.

Para pemain tersebut mendapatkan gaji yang cukup besar di Tiongkok. Gaji yang kelak akan didapat Oscar pun, meski pihak Chelsea tidak menyebut berapa besaran jumlah gajinya, berada di kisaran 400.000 per pekan. Namun kepindahan Oscar ke Shanghai dianggap sebagai hal yang negatif oleh manajer Chelsea, Antonio Conte. Manajer yang juga pernah menjadi pelatih timnas Italia ini menyayangkan kepindahan Oscar ke Tiongkok.

"Oscar adalah pemain dengan kemampuan yang baik. Saya bangga memilikinya di skuat karena komitmennya untuk tim yang cukup besar. Saya menghormatinya sebagai pemain, dan saya bisa memahami keputusan yang ia ambil," ujar Conte seperti dikutip Sky Sports.

"Tapi saya juga menyayangkan keputusannya pindah ke Liga Super Tiongkok. Saya juga menyayangkan apa yang dilakukan oleh klub-klub Tiongkok perihal membeli pemain dengan harga mahal seperti ini. Apa yang mereka lakukan dapat memberikan dampak kepada harga pemain di pasaran dunia," tambahnya.

Apa yang dilakukan Tiongkok ini adalah salah satu upaya untuk membangun salah satu kekuatan sepakbola di dunia, meski sampai sekarang apa yang mereka lakukan belum memberikan mereka hasil secara instan.

Sumber: Sky Sports, The Guardian

foto: @HTSportsNews

(sf)

Komentar