Pembangunan Arena PON XXI Diresmikan

Advetorial

by redaksi

Pembangunan Arena PON XXI Diresmikan

Seremoni peresmian pembangunan arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI telah dilakukan di Stadion H. Dimurthala, Kota Banda Aceh, Senin (9/9). Sejumlah venue atau arena telah dipersiapkan untuk mendukung pelaksanaan PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut).

Venue-venue itu tersebar di beberapa wilayah seperti Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Pidie, dan Kabupaten Aceh Tengah. Pelaksanaan renovasi dan pembangunan 18 arena PON di Aceh sejak 2023 itu menelan anggaran Rp 811 miliar. Maka dari itu diharapkan agar fasilitas yang dibangun agar tetap terawat dan tidak rusak.

Diharapkan juga agar pengelolaan venue bisa dimanfaatkan untuk bibit-bibit unggul di bidang olahraga. "Sebagai tempat pelatihan para atlet dari Aceh untuk meningkatkan prestasi dari cabang-cabang olahraga untuk nantinya bertanding di tingkat nasional maupun internasional," ujar Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia.

Usai melakukan peresmian, Jokowi sempat meninjau ke dalam stadion. Pada peresmian ini juga hadir Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo. PON XXI Aceh-Sumatera Utara sendiri berlangsung mulai 8 hingga 20 September 2024. Edisi ini menandai pertama kalinya PON diselenggarakan oleh dua provinsi sekaligus.

PON ini merupakan keempat kalinya diadakan di Sumatera, setelah sebelumnya di Medan pada 1953, Palembang 2004, dan Pekanbaru 2012.PON kali ini juga melibatkan 65 cabang olahraga, 87 disiplin, dan 1.042 nomor pertandingan.

Pesta olahraga terbesar nasional ini juga menandai debut empat Daerah Otonomi Baru (DOB), yakni Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan, serta kontingen dari Ibu Kota Nusantara (IKN). Sebanyak 13.000 atlet dari berbagai daerah bersaing dalam ajang olahraga terbesar di tanah air ini.

Komentar