FAQ : Semua yang Perlu Kamu Tahu tentang FPL

PanditSharing

by Pandit Sharing

Pandit Sharing

Ingin menulis di PanditFootball.com? Kirimkan ke sharingpandit@gmail.com

1. Lengkapi dengan biodata singkat dan akun Twitter di bawah tulisan
2. Minimal 900 kata, ditulis pada file Ms. Word
3. Tulisan belum pernah dipublikasikan di media apapun (blog, website, forum, dll)
4. Tambahkan alamat lengkap dan nomor HP (tidak dipublikasikan)

FAQ : Semua yang Perlu Kamu Tahu tentang FPL

  1. Apa yang Terjadi Jika Aset Saya Tidak Bermain? Apakah Aset Cadangan Akan Masuk Otomatis?

Aset akan dianggap bermain jika setidaknya mereka bermain minimal satu menit atau terkena kartu kuning/merah walaupun di bangku cadangan. Kiper cadangan hanya bisa menggantikan kiper utama yang tidak bermain. Selain itu, aset cadangan pertama di bangku cadangan akan otomatis menggantikan aset yang tidak bermain dengan syarat minimal aset dalam tiap posisi terpenuhi yaitu DF 3 aset, MD 2 aset, FW 1 aset.

Contoh:

  1. Formasi awal 3-4-3 atau 3-5-2, dan salah satu bek tidak bermain, sementara cadangan pertama bukanlah DF, maka aset cadangan kedua yang merupakan DFakan naik menggantikan.
  2. Formasi awal 4-5-1, dan aset FW kamu tidak bermain, sementara cadangan pertama adalah DF, maka aset cadangan kedua yang merupakan FW akan naik menggantikan
  1. Apa yang Terjadi Jika Kapten (C) dan Wakil Kapten (VC) Saya Tidak Bermain? Siapa yang akan Digandakan Poinnya?

Jawabannya, TIDAK ADA. Maka dari itu, disarankan pasang C dan VC pada pemain yg berbeda tim. Ada satu kasus di musim saat Covid sedang merebak ganas, beberapa manajer memasang C dan VC pada satu tim yang sama, lalu tim tersebut terkena penundaan dan ya, akhirnya tidak pemain yang digandakan poinnya dan manajer tersebut harus puas dengan panah merah.

  1. Kapan dan Mengapa Harga Aset Naik atau Turun?

Seperti pada artikel saya sebelumnya mengenai misteri perubahan harga, harga aset di FPL biasanya berubah pada pukul 08.30 WIB setiap harinya. Untuk memantau perubahan harga, ada dua situs yang bisa kamu gunakan:

  • FPL Statistics: Kamu bisa melihat kolom "Target" dengan panah biru atau merah. Jika mendekati 100% (panah biru), aset akan naik harga. Jika mendekati -100% (panah merah), aset akan turun harga.
  • FantasyFootballFix: Situs ini juga menyediakan aplikasi dengan visualisasi yang lebih jelas, termasuk pengingat kapan aset tertentu akan naik atau turun harga. Indikator warna hijau menkamukan kenaikan, sementara warna merah menunjukkan penurunan.

Perubahan harga ini biasanya dipengaruhi oleh jumlah manajer yang melakukan transfer masuk (transfer in) atau transfer keluar (transfer out) aset tersebut. Misalnya, aset yang mencetak hattrick kemungkinan akan dibeli oleh banyak manajer, yang bisa menyebabkan kenaikan harga di hari Senin. Untuk lebih detailnya mengenai naik turun harga aset coba cek artikel saya sebelumnya tentang mengupas misteri perubahan harga di FPL.

Musim ini Pandit FPL berkolaborasi dengan Battle Royal FPL Indonesia (BRFI) menjadi liga FPL paling prestisius. Liga ini sangat unik sebab mengakomodasi pemain untuk bermain sebagai tim, bukan individu. BRFI musim ini hadir dengan empat liga (Liga 1, Liga 2, Liga 3, dan Liga 4). Di akhir musim pemenang Liga 1 akan mendapatkan piala yang ditargetkan menjadi piala bergilir dan medali untuk setiap pemain. Sementara Liga 2 hingga Liga 4 akan mendapatkan plakat.

  1. Mengapa Poin Saya Di Atas Rata-rata, tetapi Tetap Mendapat Panah Merah?

Hal ini berkaitan dengan konsep Effective Ownership (EO). EO adalah persentase kepemilikan aset oleh manajer FPL yang dikalikan dengan kapten atau triple captain. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang EO, Kamu bisa membaca thread dari Hibbo_FPL atau dari manajer FPL Indonesia Steven Rusli.

Kamu juga bisa mengecek situs livefpl.net, yang menampilkan parameter seperti "Safety Points", yaitu poin minimal yang harus dicapai agar bisa mendapatkan panah hijau.

  1. Bagaimana Bisa Ada Empat Aset dalam Satu Tim?

Kasus ini pernah terjadi di musim lalu, di mana ada manajer yang memiliki empat aset dari tim yang sama. Situasinya terjadi ketika aset X dari tim A di FPL kemudian ditransfer ke tim B, padahal manajer tersebut sudah memiliki tiga aset dari tim B. Hal ini diperbolehkan asalkan manajer tersebut tidak melakukan aktivitas transfer sama sekali. Jika manajer tersebut melakukan transfer maka diwajibkan manajer tersebut harus menghilangkan salah satu aset agar dapat mengonfirmasi aktivitas transfernya.

  1. Apakah Poin Minus dari Transfer Hilang Ketika Mengaktifkan Wildcard atau Free Hit?

Ya, jika Kamu mengaktifkan Wildcard atau Free Hit setelah melakukan transfer dengan minus poin, maka penalti poin akan dihapus JIKA dan HANYA JIKA kamu mengaktifkan sebelum deadline GW kamu melakukan minus.

Selain itu, mulai musim ini, tabungan transfer yang telah Kamu kumpulkan tidak akan hilang saat menggunakan Wildcard atau Free Hit.

Contoh:

GW1 ke GW2 no trf : GW3 = 2FT

GW2 ke GW3 no trf : GW4 = 3FT

GW3 ke GW4 wildcard : GW5 = 3FT

Semoga rangkuman ini membantu Kamu dalam memahami berbagai mekanisme di FPL! Jangan lupa untuk membagikan artikel ini atau bookmark jika dirasa bermanfaat.

Komentar