Pro Kontra Aset Premium FPL

PanditSharing

by Pandit Sharing

Pandit Sharing

Ingin menulis di PanditFootball.com? Kirimkan ke sharingpandit@gmail.com

1. Lengkapi dengan biodata singkat dan akun Twitter di bawah tulisan
2. Minimal 900 kata, ditulis pada file Ms. Word
3. Tulisan belum pernah dipublikasikan di media apapun (blog, website, forum, dll)
4. Tambahkan alamat lengkap dan nomor HP (tidak dipublikasikan)

Pro Kontra Aset Premium FPL


oleh : UpiLuthfi (Akun X : @upiLuthfi)
Editor : Bayu Pramono

Budget yang terbatas menantang para manajer untuk gak sembarang pilih aset, apalagi aset premium. Musim ini, setidaknya ada lima aset dengan harga di atas 10.0 yang mendominasi pilihan manajer FPL: Erling Haaland (FWD 15.4), Bukayo Saka (MID 10.1), Cole Palmer (MID 10.8), Mohamed Salah (MID 12.7), dan Son Heung-min* (MID 9.8). Saya yakin 100 persen kalian tidak bisa memiliki semua aset premium dengan komposisi tim yang seimbang.

Saya beri contoh draft di atas sebagai bayangan tim jika kamu memang ingin semua aset premium ada di tim kamu. Apakah seimbang? tentu tidak. Lagipula, draft di atas baru bisa tercipta jika kamu harus punya budget sebesar 100.5. Lalu bagaimana cara menentukan aset premium yang tepat untuk tim kamu? Saya buatkan panduanya dengan mempertimbangkan analisis performa, jadwal, dan peran mereka di tim masing-masing.


Musim ini Pandit FPL berkolaborasi dengan Battle Royal FPL Indonesia (BRFI) menjadi liga FPL paling prestisius. Liga ini sangat unik sebab mengakomodasi pemain untuk bermain sebagai tim, bukan individu. BRFI musim ini hadir dengan empat liga (Liga 1, Liga 2, Liga 3, dan Liga 4). Di akhir musim pemenang Liga 1 akan mendapatkan piala yang ditargetkan menjadi piala bergilir dan medali untuk setiap pemain. Sementara Liga 2 hingga Liga 4 akan mendapatkan plakat.

Erling Haaland (Manchester City) – 15.4

Posisi

FWD

Tingkat Kepemilikan

Sangat tinggi (73.4%)

Jadwal

Man. City akan melawan tiga tim Big Six hingga GW ke-22

Performa

Haaland terus menjadi tumpuan Manchester City setelah mencetak sepuluh gol di tujuh Gameweek pertama, apalagi dia juga eksekutor penalti utama di tim. Man. City pun sebagai tim juga tampil bagus di awal musim dengan mencatat gol terbanyak (17) hingga saat ini. Performanya di jeda internasional kedua ini juga tidak kalah menarik, 2 gol dari 2 pertandingan bersama Norweigia

Pro:

  • Jaminan starter tanpa saingan di bangku cadangan
  • Potensi gol sangat tinggi (xG 0.92), tertinggi di antara semua pemain inti Liga Inggris

Kontra:

  • Harga sangat mahal (15.4m) yang bisa menguras budget untuk posisi lain.
  • Dua Gameweek terakhir Man. City bermain tanpa KDB dan Rodri, dua pemain kunci dalam pola serangan. Terlihat hasil dua Gameweek terakhir Haaland tidak mencetak gol sama sekali.
  • Jadwal Man. City yang cukup padat setelah jeda internasional, menjadikannya rentan cedera jika harus bermain terus.

Kesimpulan:

Haaland adalah pilihan wajib dalam hal kepemilikan, namun cara bermain
Man.City harus diperhatikan lagi dua sampai tiga Gameweek ke depan jika masih bermain tanpa KDB dan Rodri. Jika kamu memilih Haaland, kamu harus siap melakukan penghematan di posisi lain dan memilih satu atau dua premium di MID.

  • Mohamed Salah (Liverpool) – 12.7

Posisi

MID

Tingkat Kepemilikan

Tinggi (39.0%)

Jadwal

Liverpool akan menghadapi Chelsea, Arsenal, dan Man. City dalam enam Gameweek ke depan

Performa

Salah selalu menjadi salah satu aset paling konsisten di FPL, terbukti selama di Liverpool, dia selalu mencetak lebih dari 200 poin untuk para manajer. Liverpool sendiri adalah pemuncak klasemen hingga saat ini dengan potensi gol tiap pertandingannya berada di lima teratas (xG 1.96)

Pro:

  • Konsisten mencetak gol dan asis, dalam jangka panjang.
  • Terbukti fixture proof
  • Terlibat dalam semua aspek serangan Liverpool.
  • Rotasi pemain dari pelatih cukup baik

Kontra:

  • Harga MID tertinggi, yang bisa menghalangi Kamu memiliki aset premium lainnya JIKA kamu memasangkannya dengan Haaland
  • Permainan Liverpool sejauh ini memaksa Salah bermain terlalu melebar, walaupun keterlibatannya dalam gol Liverpool tinggi, namun untuk ekspektasi gol non-penalti nya masih kalah dengan rekan tim yang lain seperti Jota (7.4) dan Diaz (8.0)

Kesimpulan :

Kamu bisa bermain tanpa Salah untuk periode waktu jangka menengah hingga jadwal Liverpool membaik setelah melawan Man.City di Gameweek 13. Jika kamu memiliki Salah sekarang, saran saya tahan dulu untuk melawan Chelsea, dimana dua defender Chelsea terkena hukuman akumulasi kartu kuning.

  • Bukayo Saka (Arsenal) – 10.1

Posisi

MID

Tingkat Kepemilikan

Tinggi (34.5%)

Jadwal

Lima Gameweek ke depan Arsenal akan melawan tiga tim dengan defense terbaik yaitu, Liverpool, Chelsea, dan Nottingham Forest.

Performa

Saka tampil luar biasa di awal musim. Dia selalu memberikan attacking return di setiap Gameweeknya. Ia juga aset kunci dalam skema permainan menyerang Arsenal, semenjak Martin Odegaard cedera. Selain itu, Saka juga mengambil bola mati dan pinalti untuk Arsenal, menambah daya tariknya sebagai aset premium

Pro:

  • Aset kunci di Arsenal dengan peran penting dalam mencetak dan memberikan asis.
  • Skema bola mati baik tendangan bebas atau tendangan sudut Arsenal menurut saya adalah yang terbaik saat ini menjadikan ekspektasi Saka dalam memberikan assist sangat tinggi



Kontra:

  • Skema penyerangan di lini tengah bisa membuat distribusi poin di Arsenal lebih merata
  • Statistik memperlihatkan bahwa Saka lebih ke pembuat peluang dibanding yang menerima peluang, sehingga ekspektasi gol Saka terhitung rendah dibanding premium yang lain
  • Saka sangat rentan terhadap cedera, ditambah jadwal Arsenal yang bermain di Liga Champion

Kesimpulan:

Saka adalah pilihan premium yang ideal jika Kamu ingin menyeimbangkan antara harga dan performa. Arsenal adalah tim yang menyerang dengan baik, dan Saka menjadi poros utama di lini tengah mereka saat ini.

  • Cole Palmer (Chelsea) – 10.8

Posisi

MID

Tingkat Kepemilikan

Sangat tinggi (49.9%)

Jadwal

Chelsea memiliki jadwal yang berat di empat Gameweek ke depan. Namun mulai dari GW12, Palmer dapat jadi opsi jangka panjang.

Performa

Meroket dengan empat gol di Gameweek ke-6 menjadikan Palmer sebagai aset dengan poin tertinggi di FPL hingga saat ini. Chelsea adalah tim kedua terbaik dalam ekspektasi gol di tiap pertandingannya (2.06), dengan catatan jika lawannya bermain terbuka

Pro:

  • Peran bebas yang diberikan pelatih dalam skema penyerangan Chelsea.
  • Potensi asis dan gol terbaik dari permainan terbuka dan bola mati di antara semua aset premium (xGI 1.23).
  • Tidak diikutsertakan dalam kompetisi Eropa (UECL)

Kontra:

  • Jika melawan tim dengan garis pertahanan yang rendah, Palmer terlihat tidak nyaman dalam membangun serangan.
  • Perolehan poinnya belum cukup konsisten untuk dijadikan premium jangka panjang.

Kesimpulan:

Untuk empat Gameweek ke depan Palmer adalah pilihan spekulatif yang bisa memberikan reward tinggi. Namun, dari GW12 hingga GW28, Chelsea hanya menghadapi dua tim big six sehingga Palmer bisa digunakan lama dalam periode ini.

  • Son Heung-min (Tottenham Hotspur) – 9.8

Posisi

MID

Tingkat Kepemilikan

Sangat rendah (4.4%)

Jadwal

TOT memiliki jadwal yang cukup bersahabat dari GW kedelapan hingga GW ke-20

Performa

Saya memasukkan Son karena harga awal dia adalah 10.0 dan dibanding yang lain, dia adalah pilihan premium yang lebih terjangkau. Torehan 2 gol dan 2 assist dalam lima Gameweek pertama serta perannya sebagai penyerang utama di Tottenham, jadi alasan kenapa kita patut memperhitungkannya. Namun, cedera yang menimpanya membuat dia harus absen dua Gameweek. Fakta menariknya pula, Tottenham adalah tim dengan ekspektasi gol tertinggi di tiap pertandingan (xG 2.11)

Pro:

  • Harga lebih terjangkau dibandingkan aset premium lainnya.
  • Tottenham bermain dengan gaya menyerang yang bisa membuat aset penyerangnya mendapat poin yang eksplosif

Kontra:

  • Rentan terhadap cedera
  • Gaya bertahan tim Tottenham adalah hal yang mengkhawatirkan selama saya melihat tim ini bermain, dapat memaksa penyerang ikut putar otak dalam bertahan sehingga tidak focus dalam menyerang
  • Rekan tim nya saat ini cukup berpotensi melampaui dia dalam perolehan poin

Kesimpulan:

Jika Son sembuh dari cedera, dia adalah differential yang patut diperhitungkan masuk ke dalam tim kamu. Dalam jangka waktu Panjang hingga paruh musim, jadwal Tottenham termasuk cukup bagus, kamu bisa memasangkannya dengan Maddison(7.5), Solanke(7.6), atau Brennan Johnson(6.5).

Komentar