Gameweek Kedelapan : Wildcard vs Tanpa Wildcard

PanditSharing

by Pandit Sharing

Pandit Sharing

Ingin menulis di PanditFootball.com? Kirimkan ke sharingpandit@gmail.com

1. Lengkapi dengan biodata singkat dan akun Twitter di bawah tulisan
2. Minimal 900 kata, ditulis pada file Ms. Word
3. Tulisan belum pernah dipublikasikan di media apapun (blog, website, forum, dll)
4. Tambahkan alamat lengkap dan nomor HP (tidak dipublikasikan)

Gameweek Kedelapan : Wildcard vs Tanpa Wildcard


oleh : A. Benhard (@FPL_sieltam)
Editor : Bayu Pramono

Sudah merupakan rahasia umum bahwa salah satu waktu terbaik penggunaan WC adalah pasca
International Break (IB). Meskipun IB menjelang Gameweek (GW) kedelapan tidak terlalu positif dari sisi price change (perubahan harga aset). Tapi, masih dinilai sebagai salah satu waktu terbaik untuk menggunakan wildcard. Artikel ini akan membandingkan strategi ketika menggunakan wildcard dengan strategi tanpa wildcard di GW kedelapan.

Musim ini Pandit FPL berkolaborasi dengan Battle Royal FPL Indonesia (BRFI) menjadi liga FPL paling prestisius. Liga ini sangat unik sebab mengakomodasi pemain untuk bermain sebagai tim, bukan individu. BRFI musim ini hadir dengan empat liga (Liga 1, Liga 2, Liga 3, dan Liga 4). Di akhir musim pemenang Liga 1 akan mendapatkan piala yang ditargetkan menjadi piala bergilir dan medali untuk setiap pemain. Sementara Liga 2 hingga Liga 4 akan mendapatkan plakat.

Manajer dengan WC di GW Kedelapan

Manajer dengan WC aktif pada GW kedelapan wajib membagi dua tahap dalam perencanaan. Tahap pertama adalah antara GW kedelapan hingga ke-11 dan tahap kedua adalah GW ke-12 sampai seterusnya. GW kedelapan dinilai akan terjadi fixtures swing (fenomena perubahan tren jadwal tim menantang ke jadwal tim relatif mudah dan sebaliknya).

  • Tahap 1 (GW kedelapan sampai GW ke-11)

GW kedelapan hingga ke-11 dapat diisi dengan aset Tottenham, Manchester City, Manchester United, dan Everton. Perlu digaris bawahi bahwa rencana tahap pertama akan dihiasi oleh UCL/Liga Europa/Liga Conference (antara GW kedelapan dan GW kesembilan dan antara GW ke-10 dan GW ke-11) serta Carabao Cup (antara GW kesembilan dan ke-10). Man City, Arsenal, Liverpool, Aston Villa, Tottenham, Chelsea, dan Man United adalah tim yang akan memiliki jadwal padat tersebut.

Sebagai tambahan, Man City akan melakoni 4 laga away kontra Tottenham (Carabao Cup), Sporting Lisbon (UCL), dan BOR & BHA (EPL). Oleh karena itu, Manajer perlu menyediakan aset cadangan yang mumpuni untuk mengatasi kemungkinan tim dengan rotasi tinggi tersebut.

  • Tahap 2 (GW ke-12 sampai seterusnya)

GW ke-12 dan seterusnya dapat menargetkan aset Arsenal, Liverpool, Chelsea, Aston Villa, dan Brentford. Manfaatkan Free Transfer (FT) yang diperoleh pada tahap 1 agar memberikan keleluasaan transfer di GW ke-12 untuk mengambil aset-aset dari tim-tim tersebut. Secara matematis, GW kedelapan hingga GW ke-12 dapat memberikan empat hingga lima FT untuk mengatasi fixtures swing.

Manajer tanpa WC di GW Kedelapan

Manajer tanpa WC di GW kedelapan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama ialah manajer tanpa WC di GW ke-12 dan Manajer yang berencana WC pada GW ke-12.

Manajer kelompok pertama perlu persiapan lebih matang dari sisi manajemen FT. Beberapa tim seperti Man United, Everton, Wolves, dan Ipswich bisa menjadi opsi menarik disamping Man City dan Totenham. Beberapa pilihan aset Tottenham untuk jangka panjang seperti Porro (5.5 M) / Van de Ven (4.6 M), Johnson (6.6 M) yang menarik dan relatif aman dari rotasi selama Son (9.8 M) cedera, dan Solanke (7.6 M). Sebagai tambahan, attacking defender seperti Ait-Nouri (4.4 M), Dalot (5.1 M), Davis (4.5 M) adalah aset murah menarik untuk menggantikan Alexander-Arnold (7.1 M). Di sisi penyerang, Cunha (6.5 M), Calvert-Lewin (6.0 M), dan Delap (5.7 M) melengkapi opsi asset pada posisi forward.

Kelompok kedua adalah manajer tanpa WC di GW kedelapan namun berencana menggunakan WC pada GW ke-12. Rencana ini mengurangi beban pikiran karena dapat memfokuskan perhatian pada GW kedelapan hingga ke-11. Aset Man City seperti Haaland (15.4 M) dan Lewis (4.7 M) adalah aset popular dan memungkinkan untuk memasukkan Gvardiol (5.9 M) atau Foden (9.2 M) sebagai aset ketiga. Perlu dicatat bahwa Man City akan bermain di UCL dan Carabao Cup oleh karena itu, rotasi di tengah jadwal menantang Man City dapat diminimalisir dengan opsi aset McNeil (5.7 M) dan Calvert-Lewin (6.0 M) yang hanya bermain di EPL.

Sebagai penutup, ada pepatah yang mengatakan bahwa “bertanya adalah awal dari panah ijo”. Manajer FPL dapat mengikuti #TanyaSiElangHitam bersama @CurtisJonesID setiap hari Jumat malam WIB untuk bertukar strategi menjelang GW kedelapan. Mari kita berdiskusi karena bertukar pikiran dalam komunitas akan memperluas wawasan FPL kita. Selamat mempersiapkan tim di GW kedelapan!

Komentar