Gol ke-50 Olivier Giroud Penuhi Kebutuhan Arsenal

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Gol ke-50 Olivier Giroud Penuhi Kebutuhan Arsenal

Olivier Giroud diyakini akan menjadi penyerang kelas dunia yang memang dibutuhkan Arsenal. Tiga gol yang dicetaknya ke gawang Olympiakos pada Kamis (10/12) dini hari lalu merupakan momentum tepat. Torehannya itu membantu Arsenal lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2015/2016.

Performa-performanya akan masuk ke dalam sejarah The Gunners, julukan Arsenal. Statistik menunjukan jika ia memiliki kapasitas untuk menajdi penyerang kelas top. Rataan gol Giroud tengah produktif setelah tiga golnya ke gawang Olympiakos. Sekarang, Giroud memiliki rataan 1,65 per laga Liga Champions. Sementara di Liga Primer Inggris ia menghasilkan rataan 0,82 gol setiap pertandingannya.

Bahkan, media Metro menuliskan jika statistik Giroud saat ini mengalahkan Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Zlatan Ibrahimovic, Arjen Robben, Marco Reus, Thomas Mueller, Edinson Cavani, dan Antonie Griezmann.

Mathieu Flamini mengatakan jika peningkatan produktivitas Giroud akhir-akhir ini karena adanya persaingan di lini depan Arsenal. Mengingat Theo Walcott yang merupakan favorit Arsene Wenger, sudah mulai rutin bermain setelah pulih dari cedera.

"Ini adalah persaingan ketat di lini depan dan Olivier meresponnya sangat baik karena dia bermain lebih baik," ujar Flamini seperti dikutip dari The Guardian.

Kritik kepada Giroud sejauh ini karena ia masih belum bisa membawa The Gunners juara Liga Primer Inggris. Berbeda dengan Thierry Henry pada masanya. Dirinya Berhasil membawa Arsenal juara Liga Primer Inggris 2001/2002 dan 2003/2004. Kendati demikian, Wenger percaya jika hat-trick yang baru dicetak Giroud merupakan titik balik Arsenal, baik di ajang Eropa maupun Liga Primer Inggris.

Wenger pun tidak menyesal mendatangkan Giroud dari Montpellier HSC seharga 12 juta Euro. Bahkan ia menegaskan jika Giroud merupakan penyerang yang dibutuhkan The Gunners saat ini.

Kehadiran penyerang asal Prancis itu dibutuhkan di dalam kotak penalti lawan. Baik untuk sekedar mengganggu bek lawan maupun mencetak gol. Menurut Wenger, tidak ada yang lebih baik daripada Giroud di area tersebut. Pemain bernomor 12 itu memiliki stamina dan daya dobrak yang baik. Bek selalu kesulitan untuk menghadang kekuatan fisiknya.

Bahkan Wenger mengiyakan jika Giroud lebih baik daripada Sergio Aguero, Robert Lewandowski, dan Karim Benzema. Giroud telah berhasil menutup kekhawatiran Arsenal tanpa Alexis Sanchez yang sedang cedera, "Oke, dia ada di sana (lawan Olympiakos) dan menyundul bola. Itu adalah gol penting," ujar Wenger seperti dikutip dari Mirror.

Giroud pun mencetak gol kembali ketika mengalahkan tuan rumah Aston Villa pada pertandingan Liga Primer Inggris pekan lalu. Dirinya mencetak gol pada menit ke delapan melalui eksekusi penalti. Torehannya tersebut menasbihkan Giroud sebagai pemain tercepat ketiga pembuat 50 gol Liga Primer Inggris untuk Arsenal. Dirinya mencetak 50 gol dari 113 laga.

Sementara Thierry Henry memimpin dengan 50 gol dari 83 pertandingan. Di bawah Henry dan di atas Giroud, ada Ian Wright di peringkat dua dengan 87 penampilannya. Setidaknya Giroud pantas berbangga diri. Torehannya tersebut melewati Dennis Bergkamp dengan 114 pernampilan dan Robert Pires dengan 137 laga.

Sumber : ESPN FC, Daily Mail, The Guardian,

Komentar