Giampiero Ventura Pelatih Baru Timnas Italia

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Giampiero Ventura Pelatih Baru Timnas Italia

Secara mengejutkan Sinisa Mihajlovic ditunjuk menjadi Pelatih Torino musim depan. Bisa disebut mengejutkan karena ia akan menggantikan posisi Giampiero Ventura yang sudah dianggap sosok penting di dalam skuat Torino selama ini. Ventura memilih mundur dari Torino setelah lima tahun bertugas di sana.

Rupanya ada tugas baru untuk menangani Tim Nasional (Timnas) Italia setelah Euro 2016. Sebab Pelatih Italia saat ini, Antonio Conte, akan mengundurkan diri setelah Euro 2016 dan akan menangani Chelsea untuk mengarungi Liga Inggris musim depan.

Memilih pria 68 tahun itu untuk menangani Italia pun cukup mengejutkan. Pemilihannya telah menampik spekulasi-spekulasi lain seperti Claudio Ranieri, Eusebio Di Francesco, Fabio Cannavaro, Fabio Capello, Roberto Donadoni, Walter Mazzarri, Vincenzo Montella dan lainnya.

Sebab prestasi Ventura adalah membawa Lecce menjuarai Serie-C1 1995/1996. Pada musim lalu, ia gagal meloloskan Torino ke Liga Eropa. Justru Di Francesco yang berhasil meloloskan Sassuolo ke Liga Eropa musim depan. Sementara kelebihan Ventura yaitu mengorbitkan pemain-pemain berkualitas seperti Danilo D`Ambrosio, Angelo Ogbonna, Kamil Glik, Matteo Darmian dan lainnya.

"Ketika Anda membangun sebuah klub, Anda mencari pemain dengan karakteristik yang dibutuhkan untuk sistem Anda. Sedangkan dengan tim nasional, Anda harus memilih pemain terbaik dan membangun sebuah sistem di sekitar mereka," tutur Ventura. "Taktik adalah senjata utama dan Italia memperhatikannya dalam pengertian ini," sambungnya seperti dikutip ESPN FC.

Sementara taktik yang diterapkannya yaitu dengan mengandalkan serangan dari sayap. Ventura selalu memberikan tanggung jawab yang besar kepada para pemain sayapnya. Lalu mereka akan didukung dengan gelandang yang berfisik kuat dan bermanuver tinggi. Maka dari itu para gelandang Torino mampu melepaskan asis dari garis tengah lapangan.

Untuk menjalankan strateginya itu, Ventura mengandalkan formasi 3-5-2. Dan ilmu dari strategi dan formasinya sempat mengundang Conte untuk belajar kepada Ventura yang waktu itu melatih Pisa. Sekarang Ventura sedang disiapkan untuk mengambil alih Italia dan akan mendapatkan kontrak dua tahun dengan gaji 1,3 juta euro setiap tahunnya.

Ia sudah melakukan komunikasi via telepon dengan Presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC), Carlo Tavecchio. Selanjutnya Ventura akan mendapat tugas untuk meloloskan Italia ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Pria yang pernah melatih Bari itu akan mendapatkan bonus jika berhasil lolos dari kualifikasi tersebut.

Di sisi lain, Conte masih belum mau berargumen tentang siapa penggantinya nanti. Ia menegaskan sedang fokus menyiapkan Italia jelang kick-off pertama di Euro 2016 menghadapi Beliga pada 14 Juni nanti.

Komentar