Henrikh Mkhitaryan Gabung ke Manchester United?

Berita

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Henrikh Mkhitaryan Gabung ke Manchester United?

Henrikh Mkhitaryan akan segera menuju Manchester United. Kabar kepindahan pemain asal Armenia ini ke Inggris kencang berhembus setelah Skysports melansir bahwa pihak Borussia Dortmund dan Manchester United sudah menjalin kesepakatan perihal biaya transfer pemain yang juga merupakan kapten timnas Armenia ini di kisaran harga 26,3 juta pounds.

Mkhitaryan sendiri sebenarnya masih memiliki sisa kontrak satu tahun dengan Borussia Dortmund. Namun, alih-alih memperpanjang kontrak bersama Dortmund, Mkhitaryan malah menerima pinangan dari United dan direncanakan akan segera melakukan tes medis di klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut.

CEO Borussia Dortmund, Hans-Joachim Watzke, sudah berbicara dengan manajemen klub dan mereka akan segera menentukan masa depan Mkhitaryan setidaknya sampai minggu depan.

"Perihal masalah Mkhitaryan ini, kami akan segera menentukan masa depannya sampai minggu depan. Kabar mengenai Mkhitaryan ini harus dibicarakan dengan banyak pihak, termasuk dengan (direktur olahraga) Michael Zorc dan (pelatih) Thomas Tuchel," ujar Watzke seperti dlansir ESPN FC.

Borussia Dortmund merekrut Henrikh Mkhitaryan dari klub asal Ukraina, Shaktar Donetsk pada 2013 dengan mahar 23,5 juta pounds. Mkhitaryan sendiri menjadi sosok penting dari lini tengah Borussia Dortmund, dan pada musim lalu ia berhasil menunjukkan penampilan yang menawan. Total 11 gol dan 15 asis berhasil ia cetak dan mengantarkan Borussia Dortmund menjadi runner-up Bundesliga pada musim 2015/2016.

Jika nanti Mkhitaryan pergi, maka ia akan jadi pemain ketiga yang hengkang dari Dortmund untuk musim depan setelah Mats Hummels yang pindah ke Bayern Muenchen dan Ilkay Gundogan yang pindah ke Manchester City.

"Transfer pemain itu memiliki tiga segi yang berbeda, yaitu segi ekonomi, segi strategi pelatih, dan dari segi teknik. Kalau memang segi ekonomi sudah mendesak, maka jangan heran kalau klub dan pemain akan mengeluarkan keputusan pada masa akhir transfer," tambah Watzke.

Dortmund sendiri langsung bereaksi dalam menanggapi kepergian Mkhitaryan yang tampak tinggal menunggu waktu ini. Mereka dikabarkan sudah mengirimkan tawaran resmi untuk pemain Bayer Leverkusen, Karim Bellarabi. Tawaran tersebut diperkirakan ada di kisaran 29,2 juta pounds.

Namun, tawaran ini langsung ditolak oleh direktur olahraga Leverkusen, Rudi Voeller. Ia mengatakan bahwa menjual seorang Karim Bellarabi bukanlah opsi yang akan dilakukan oleh klub yang bermarkas di Bay Arena ini.

"Kami menerima tawaran resmi dari Dortmund untuk Bellarabi beberapa hari yang lalu. Namun, tawaran itu langsung kami tolak. Leverkusen menegaskan bahwa Karim Bellarabi tidak untuk dijual. Ia akan tetap berada di sini untuk musim depan," tegas Voller.

Meski ditolak, penawaran Dortmund pada Leverkusen untuk Bellaribi ini mengindikasikan bahwa Dortmund sedang mencari gelandang serang lain untuk Dortmund. Hal itu bisa jadi untuk mengantisipasi kepergian Mkhitaryan, ke Man United atau bukan, yang memang sudah tak kerasan bertahan di Dortmund.

Komentar