Xabi Alonso dan Philipp Lahm Akan Pensiun pada Akhir Musim

Berita

by Gunanda Hasdiansyah

Gunanda Hasdiansyah

Pecandu game Football Manager yang mencintai sepak bola dengan segala keindahannya

Xabi Alonso dan Philipp Lahm Akan Pensiun pada Akhir Musim

Pemain Bayern Munchen, Xabi Alonso, menurut laporan dari media Jerman, Sport Bild, telah mengatakan kepada direksi klub bahwa ia akan pensiun pada akhir musim 2016/2017 ini. Kontrak Alonso di Bayern memang akan berakhir pada akhir musim nanti. Direksi Bayern dikabarkan sudah menerima keputusan pemain asal Spanyol tersebut.

“Tentu saja, ada sesuatu di kepala saya,” ujar Alonso ketika ditanyai tentang rencananya pada musim panas 2017 seperti dikutip oleh ESPN FC.

Di usianya yang sudah mencapai 35 tahun, Alonso masih tetap dipercaya sebagai pemain inti di Bayern. Selama di Bayern, ia sudah bermain pada 97 pertandingan dengan mencetak 9 dan 8 asis.

Total semenjak merumput sebagai pesepakbola dari 1999, Alonso sudah bermain pada 668 pertandingan dan mengukir 43 gol serta 53 asis. Kariernya sebagai pesepakbola profesional dimulai di Real Sociedad. Sementara itu untuk penampilan di timnas Spanyol, Alonso berhasil mencatatkan 114 penampilan dengan mencetak 16 gol.

Sebagai salah satu pemain dengan kualitas yang sangat mumpuni sebagai seorang pemain tengah, Alonso tentunya cukup berkontribusi terhadap kesuksesan tim yang dibelanya. Ia berhasil mempersembahkan beberapa gelar prestisius baik di klub maupun di tim nasional.

Bersama timnas Spanyol, Alonso berhasil meraih 1 gelar Piala dunia dan 2 gelar Piala Eropa. Sementara itu di level klub, Alonso berhasil meraih 13 gelar prestisius diantaranya 2 gelar Liga Champions, 1 gelar La Liga, 2 gelar Bundesliga.

Selain kabar Alonso pensiun, Sport Bild juga melaporkan kemungkinan pensiunnya kapten Bayern, Philipp Lahm pada akhir musim ini mengikuti jejak Alonso. Kontrak Lahm akan berakhir pada 2018, ia sudah menegaskan tidak akan memperpanjang kontrak tersebut. Namun bisa saja Lahm memutuskan pensiun sebelum kontraknya berakhir. Jika Lahm pensiun, pihak Bayern sudah siap menawarkan jabatan di manajemen klub kepada Lahm sebagai direkrur olahraga yang sedang lowong karena ditinggalkan oleh Matthias Sammer pada musim lalu.

Kabar pensiunnya Alonso maupun Lahm ini memang belum dikonfirmasi baik oleh pihak Alonso atau Lahm maupun pihak Bayern. Apapun masih bisa terjadi ke depannya sampai ada pengumuman resmi.

foto: bayerncentral.com

Komentar