Akankah Melawan Chelsea Jadi Laga Terakhir Van Gaal?

Berita

by Redaksi 34

Redaksi 34

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Akankah Melawan Chelsea Jadi Laga Terakhir Van Gaal?

Stadion Old Trafford akan menyajikan duel laga klasik antara Manchester United menghadapi Chelsea. Meski penampilan keduanya tengah mendapatkan kritik, namun laga ini tetap akan menjadi duel panas. Chelsea tengah berusaha merangkak naik dari peringkat ke-15. Sementara bagi United, laga ini seakan menjadi laga penghakiman bagi seorang Louis Van Gaal.

Performa buruk United ditenggarai menjadi alasan untuk memecat Van Gaal. Empat kekalahan beruntun pasca menghadapi Stoke menjadi aib Manchester United. Rentetan kekalahan tersebut juga mengulangi kejadian 54 tahun yang lalu. Selain itu, Manchester United juga gagal menang di tujuh pertandingan terakhirnya di semua ajang.

Kedatangan Chelsea di kandang pun tampaknya dijadikan Van Gaal sebagai momen yang tepat agar United dapat menemukan kembali performa terbaiknya. Ia pun mengatakan bahwa mental skuatnya memang telah menurun dan berharap kemenangan atas Chelsea bisa meningkatkan kembali mental anak asuhnya.

“Kami butuh kemenangan dan menurut saya itu sangat penting. Namun hal ini tidak mudah, karena kami tidak melakukan latihan. Waktu istirahat yang kami miliki memang sedikit, namun kami akan berusaha maksimal,” ujar Van Gaal kepada The Guardian.

“Ini tidak lebih mudah dibandingkan apapun. Ketika kalian kalah beruntun di empat pertandingan, sesuatunya menjadi lebih susah. Tidak ada jalan keluar kecuali kembali menang, oleh karena itu kami harus menang lawan mereka,” jelasnya.

Soal mental pemain, kapten Manchester United, Wayne Rooney, mengakui bahwa mental skuat United semakin bermasalah, khususnya setelah kalah dari Stoke. Ia pun mengatakan bahwa para pemain United saat ini tengah frustasi.

“Kekalahan di beberapa pertandingan terakhir membuat kepercayaan diri sebagian besar pemain menurun. Hasil itu pun membuat kami frustasi dan kami tak mampu menanganinya saat di lapangan,” ujar Rooney pasca lawan Stoke seperti dilansir Sky Sports.

Rentetan kekalahan ditambah hasil buruk di laga ini tentu akan semakin menenggelamkan posisi skuat berjuluk Setan Merah ini di klasemen sementara Liga Primer. Selain itu, menurut Irish Independent, kekalahan juga akan membuat United menyamai rekor lima kekalahan beruntun yang terakhir kali didapatkan pada 1936.

Baca juga rekor-rekor (buruk) yang ditorehkan Louis van Gaal bersama Manchester United lainnya: "Louis van Gaal Si Pembuat Sejarah".

Irish Independent juga menyebutkan bahwa CEO Man United, Ed Woodward, telah melakukan pertemuan khusus bersama Van Gaal sebelum manajer asal Belanda tersebut memimpin latihan pada Minggu (27/12). Meski belum ada pernyataan resmi, dikabarkan pertemuan tersebut diadakan Woodward untuk memberikan dukungan pada Van Gaal dan ingin melihat sejauh mana keyakinan Van Gaal akan kemampuannya untuk keluar dari tekanan yang dialaminya saat ini. Jadi apakah keinginan untuk melakukan pengunduran diri terjadi jika United kalah melawan Chelsea, Van Gaal?

Sumber : Metro, Daily Mail, The Guardian, Sky Sports, Irish Independent

Komentar