Badstuber Schaffst Es Wieder!

Berita

by redaksi

Badstuber Schaffst Es Wieder!

Holger Felix Badstuber. Nama pria kelahiran 13 Maret 1989 ini mencuat setelah melakukan debut untuk Bayern Munich pada musim 2009/2010 Bundesliga. Pada musim itu, walaupun masih berusia 19 tahun, Badstuber memainkan hampir seluruh pertandingan yang dijalani Bayern Munich. Ia membantu The Bavarians memenangkan dua trofi; liga Jerman dan DFB-Pokal; dan mencapai final Liga Champions.

Musim tersebut seolah menjadi panggung bagi Badstuber untuk menunjukkan kemampuannya. Benar saja: setelah memperlihatkan penampilan yang menjanjikan, Bayern Munich langsung memberikan perpanjangan kontrak dan tim nasional Jerman langsung memanggilnya untuk bergabung.

Tetapi sepak bola penuh ketidakpastian. Seorang pemain yang mampu tampil baik pada tahun tertentu, belum tentu mampu mengulanginya pada tahun berikutnya. Berbagai faktor berperan dalam hal ini. Salah satunya adalah cedera dan Badstuber adalah pemain yang karirnya terganggu akibat faktor ini. Cedera ligamen yang ia derita pada Desember 2012 pernah memaksanya beristirahat hingga satu setengah tahun lamanya.

Setelah kembali berlatih pada Mei 2014, Badstuber kembali mendapatkan cedera pada September di tahun yang sama saat Bayern bertemu dengan Stuttgart. Kali ini cedera menyasar tendonnya. Badstuber harus kembali beristirahat lama, tiga bulan.

Tidak sampai di situ, setelah kembali berlatih pada Januari 2015 dan terlibat dalam pertandingan The Bavarians, cedera belum mau menjauh dari Badstuber. Bek berusia 26 tahun ini kembali mengalami cedera saat bermain dalam pertandingan perempat final Liga Champions melawan Porto pada 21 April 2015. Sekarang otot pahanya yang mengalami masalah dan membuat Badstuber harus beristirahat selama 6 bulan.

Pada musim 2015/2016, Bayern mengusung target untuk membawa pulang piala dari semua kompetisi yang diikutinya. Apalagi musim depan Bayern akan ditinggal Pep Guardiola yang memilih melanjutkan petualangannya ke tanah Inggris. Pep tentu ingin pergi dengan meninggalkan kenangan manis.

Untuk mewujudkan hal ini, Bayern Munich menambah kekuatan lini tengah dan lini depannya dengan mendatangkan Arturo Vidal, Douglas Costa, Joshua Kimmich, dan Kingsley Coman pada awal musim ini. Bayern tidak menambah kekuatan lini belakangnya dan seolah menyatakan bahwa masih percaya dengan kekuatan lini belakang mereka, termasuk Badstuber di dalamnya.

Badstuber kembali dari cedera terbarunya pada awal November 2015. Cedera seolah tidak menurunkan kualitas yang dimilikinya. Pep secara reguler langsung memberikan kembali tempat utama untuknya. Data dari whoscored mencatat bahwa dari 12 pertandingan Bayern Munich setelah Badstuber sembuh dari cederanya, Badstuber bermain dalam 9 pertandingan.

Catatan bermain ini kembali harus terhenti akibat cedera ankle yang didapatnya saat latihan pada 11 Februari 2016. Badstuber langsung dibawa ke rumah sakit untuk menjalani operasi. Badstuber kembali harus beristirahat selama 3 bulan. Sekali lagi, cedera menghambat perkembangan karier Badstuber. Cedera yang mengganggu rencana Bayern Munich untuk mendapatkan treble winners. Cedera yang juga mengganggu persiapan Jerman menghadapi Piala Eropa 2016.

Kembali mendapatkan cedera, dukungan untuk kesembuhan Badstuber langsung mengalir. Pada pertandingan melawan Augsburg, pemain dan staff Bayern Munich mengenakan kaos bertuliskan "wir sind bei dir, du schaffst es wieder!" yang memiliki arti, “kami bersamamu, kamu pasti bisa kembali!" sebagai bentuk dukungan terhadap Badstuber. Sementara itu, rekan-rekannya yang lain mulai ramai berkicau di twitter. “Jangan menyerah, kamu bisa melewatinya!” kicau Mario Gotze di akun twitternya. Bahkan rival mereka di Bundesliga juga memberikan dukungannya. “Badstuber selalu bangkit kembali!” kicau Borrusia Dortmund di akun twitternya.

Melihat besarnya dukungan yang diberikan untuknya, Badstuber langsung bersumpah untuk segera kembali bermain lagi. Setelah diizinkan meninggalkan rumah sakit pada Senin kemarin, melalui situs Bayern Munich Badstuber menyatakan sumpahnya tersebut: “Saya sangat senang akhirnya bisa kembali ke rumah. Cedera ini tentu suatu pukulan untukku. Tapi saya selalu mencoba tetap berpikir positif. Saya akan kembali lagi, saya berjanji kepada semua orang.”

Cedera parah ini menjadi yang keempat untuk Badstuber sejak 2012. Dia telah tiga kali membuktikan diri mampu kembali dari cederanya. Semoga Badstuber bisa kembali lagi untuk keempat kalinya. Lekas sembuh, Badstuber! Semoga cedera sudah mulai bosan denganmu!

DBR

Komentar