Dukungan Fantastis Suporter River Plate di Final Copa Sudamericana

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Dukungan Fantastis Suporter River Plate di Final Copa Sudamericana

Fans River Plate memberi dukungan menakjubkan, kala timnya bertading di final Copa Sudamericana, Kamis (11/12). Kompetisi ini diselenggarakan CONMEBOL, konfederasi sepakbola Amerika Selatan, sejak tahun 2002 menggantikan kompetisi terpisah Copa Merconorte dan Copa Mercosur. Bisa dikatakan Copa Sudamericana merupakan ajang bergengsi kedua di sepak bola Amerika Selatan.

Pada pertandingan final leg kedua itu, klub berjuluk La Millonarios ini mendapatkan hadangan dari Atletico Nacional. Memang, laga itu tidak sepanas ketika melawan rival abadinya Boca Juniors. Akan tetapi yang namanya final, dipastikan menjadi momentum bagi setiap suporter klub manapun.

Termasuk bagi para fans yang dalam 17 dekade terakhir berpuasa gelar skala internasional. Terakhir, River Plate meraihnya pada Copa Sudamericana 1997 dalam kategori zona Argentina. Apalagi salah satu klub elit Argentina ini, sempat merasakan pahitnya degradasi. Hal itu ditelan River Plate pada musim Primera Division Argentina 2011.

Tentunya para suporter mayoritas dari kota Buenos Aires itu, sungguh menantikan partai final ini. Terlebih skuad besutan Marcelo Gallardo itu, sudah memiliki hasil 1-1 pada leg pertama.

Maka dukungan luar biasa sudah diberikan sebelum laga dimulai. Mulai dari pesta kembang api, smoke bomb bewarna merah-putih dan red flare membuat stadion Monumental Antoni Vespucio Liberti sangat bercahaya. Ditambah puluhan ribu balon udara dan kertas bewarna merah-putih, ikut mempercantik setiap tribun penonton. Tentunya, diperlengkap dengan chant-chant para suporter River Plate, semakin menggoyangkan stadion berkapasistas 66.100 tersebut.

Atmosfer demikian masih tetap bertahan, hingga para pemain dari kedua tim memasuki lapangan. Melihat aksi dukungan para suporternya, starting eleven River Plate pun menyapa dengan melambai-lambai dan bertepuk tangan ke seluruh arah penjuru tribun.

Kemudian pertandingan pun dimulai. Akhirnya dua gol sundulan Gabriel mercado dan German Pezzella menjadi penentu kemenangan skuad besutan Marcelo Gallardo itu. Dua angka yang sama-sama dicetak dari tendangan sudut.

Otomatis kemenangan 2-0 menjadi hak paten juara bagi River Plate di Copa Sudamericana 2014. Setelah sebelumnya menang 1-1 di Atanasio Girardot Sports Complex, markas Atletico Nacional. Maka La Millonarios menang dengan agregat 3-1.

Penyerahan piala pun berlangsung amat meriah. Disambut oleh puluhan ribu suporter River Plate dengan suka cita. Gabriel Mercado dkk langsung diarak keliling Stadion dengan menggunakan kendaraan tipe mini bus.

Selain Copa Sudamericana 2014, River Plate punya peluang meraih gelar juara Primera Division Argentina. Apabila bisa meraih kemenangan di akhir pekan, dan Racing Club mengalami kekalahan. Kedua tim ini hanya terpaut dua poin di peringkat atas Primera Division Argentina 2014.

Komentar