Jorge Sampaoli Masuk Incaran Manajer Chelsea

Berita

by redaksi

Jorge Sampaoli Masuk Incaran Manajer Chelsea

Walaupun sejumlah rentetan hasil positif yang diraih oleh Guus Hiddink, nampaknya tak akan membuat tim London biru akan melakukan negosiasi ulang dengan manajer berusia 69 tahun tersebut.

Diberitakan bahwa pemilik Chelsea, Roman Abramovich tertarik dengan Jorge Sampaoli sebagai manajer Chelsea selanjutnya seperti yang diberitakan beberapa media terkemuka di Inggris.

Sampaoli disebut setelah sebelumnya sudah santer diberitakan nama-nama seperti pelatih kepala Atletico Madrid, Diego Simeone, pelatih kepala Juventus Massimiliano Allegri, serta pelatih timnas Italia Antonio Conte.

Pelatih yang membawa timnas Chile meraih Copa America tahun lalu santer diberitakan setelah dirinya membuat pernyataan tertarik untuk menyicipi atmosfer sepakbola Inggris.

Pelatih berkebangsaan Argentina tersebut sebelumnya mancuat karena berhasil membawa klub Chile, Universidad de Chile menjuarai Torneo Apertura 2011, 2012, Torneo Clausura 2011, serta turnamen antar-klub paling bergengsi di Amerika Selatan, Copa Sudamerica di tahun yang sama.

Diego Simeone sebenarnya santer diberitakan menjadi calon manajer Chelsea selanjutnya, namun upaya ini terganjal oeh permintaan “hak kontrol transfer penuh” oleh Simeone yang bertentangan dengan keputusan manajemen klub.

Melihat nama-nama di daftar pilih Roman Abramovich, ia sepertinya menginginkan permainan yang atraktif, menyerang, dengan pressing tinggi. Hal itu bisa dilihat dari permainan klub yang ditangani oleh nama-nama pelatih yang diisukan.

Hal yang mungkin menjadi masalah adalah kemampuan nama-nama tersebut dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Terlebih bagi Jorge Sampaoli yang minim pengalaman di Eropa.

Nama Allegri yang santer diberitakan akhir-akhir ini masih sangat dibutuhkan Juventus. Eks-pelatih kepala AC Milan ini juga dikabarkan akan ditawari kontrak baru oleh Juventus yang masih menginginkan jasanya.

Untuk nama Antonio Conte, pelatih timnas Italia tersebut kontraknya akan habis seusai Piala Eropa nanti. Abramovich masih mempertimbangkan secara hati-hati, karena kepribadian Conte yang menurutnya gemar berdebat.

Selain nama-nama diatas, Chelsea juga mempertimbangkan untuk merekrut manajer yang sudah mengenal banyak atmosfer liga Inggris. Diantaranya Mark Hughes, Eddie Howe, dan Claudio Ranieri.

Ranieri kini sedang mencuat namanya setelah musim ini sukses bersama Leicester City. Seperti yang diketahui, Ranieri pernah menukangi Chelsea empat musim sejak 2000-2004. Ketika Abramovich mengambil alih Chelsea, manajer asal Italia tersebut menghabiskan lebih dari 120 juta Pounsterling untuk belanja pemain. Tidak puas dengan hasil yang diraih The Tinkerman, Abrmovich memutuskan menggantinya dengan Jose Mourinho yang kala itu berhasil membawa Porto menjuarai Champions League.

Pemilik Chelsea, Roman Abramovich bersama Direktur Teknik, Michael Emenalo
Pemilik Chelsea, Roman Abramovich bersama Direktur Teknik, Michael Emenalo

Nantinya, pemilihan manajer Chelsea akan ditentukan oleh Roman Abramovich, direktur teknik Michael Emenalo, dan direktur Marina Granovkaia. Abramovich pun mendapat masukan dari eks-manajer Avram Grant.

Avram dan Roman masih berhubungan baik walaupun manajer asal Israel tersebut pernah ia pecat dari posisi manajer Chelsea di tahun 2008.

Manajer interim Chelsea, Guus Hiddink juga dikabarkan akan dimintai pendapatnya mengenai siapa calon-calon yang pantas menukangi Chelsea di musim depan.

Tentunya Abramovich harus ingat bahwa nama besar saja tidak cukup untuk membawa Chelsea banyak meraih banyak gelar seperti di tahun-tahun sebelumnya.

(tr)

sumber foto:  espn, dailymail

Komentar