Kalahkan Atalanta Untuk Castan

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Kalahkan Atalanta Untuk Castan

Kemenangan AS Roma atas Atalanta pada gionarta ke-12 Serie A, rupanya ada dedikasi khusus kepada salah satu penggawanya yang sedang terbaring sakit. Ya, skor yang berkesudahan 2-1 di Stadion Atleti Azzurri, Bergamo Italia itu, dipersembahkan untuk Leandro Castan yang akan menjalani operasi otak pada awal Desember mendatang. Pertandingan sendiri berjalan sengit karena Serigala Ibu kota sempat tertinggal terlebih dahulu oleh Maxi Moralez ketika laga baru dimulai. Kemudian skuat besutan Rudi Garcia itu mampu membalikan keunggulan, lewat gol yang dicetak Adem Ljajic dan Radja Nainggolan pada menit 23 dan 30.

"Dia adalah pria yang hebat dan akan menghadapi moment dengan keberanian sama seperti yang dia tunjukan di setiap pertandingan," tulis blog pribadi Totti yang dilansir dari Football-Italia.

Pemain 28 tahun itu hanya bermain sekali musim ini, yakni ketika menghadapi Empoli di gionarta kedua. Pada pergantian babak, Castan tidak sanggup melanjutkan permainan karena mengaku merasa pusing akutnya kambuh. Setelah melewati rangkaian tes medis, kabar buruk mesti diterima bek asal Brazil tersebut. Laporan mengatakan penyebab sakit kepala Castan karena adanya akumulasi cairan yang berujung pada pembengkakan di otak.

Penyakit bernama Cavernoma itu hingga sempat membuat mantan pemain andalan Corinthians ini tidak makan hingga lima hari dan berat badannya pun menurun. Diperkirakan Castan akan absen cukup lama, bahkan bisa hingga akhir musim untuk pemulihan. Kendati demikian manajemen klub dan staff pelatih, tetap akan mempertahankannya dalam skuat. Pemain bernomor punggung 5 itu sendiri masih memiliki kontrak dengan AS Roma hingga 2018, sejak didatangkan pada musim 2012.

Support untuk pemain yang sempat dua kali mengecap Tim Nasional Brazil ini tidak hanya datang dari dukungan internal klub saja. Mehdi Benatia mantan tandemnya musim lalu yang kini memperkuat Bayern Munich, mendoakan agar Castan bisa segera kembali memperkuat I Giallorossi. "Leandro Castan, teman saya. Saya berharap yang terbaik, Anda selalu berpikir, segera kembali ke grup ini, tim ini membutuhkan prajurit seperti Anda." ujarnya seperti yang dilansir dari Sportal.it.

Dukungan untuk kesembuhan Castan pun diberikan Benatia melalui kicauan twitternya sebelum kick off AS Roma menghadapi Atalanta. Sama sepeti Benatia, pelatih Inter Milan Roberto Mancini hingga Corinthians pun berkicau memberi bentuk dukungan kesembuhan yang sama.

10805585_901194079890650_8573439223523857086_n
Benat-Castan

Garcia-Castan

Robertomancinicastan

Corinthians-Castan

Untuk mengantisipasi kosongnya lini belakang, AS Roma bersiap memboyong dua pilar baru pada bursa transfer Januari 2015. Bahkan manajemen mengalokasikan dana khusus untuk belanja pemain sebesar 15 juta euro atau setara dengan 226,4 miliar rupiah. Nama Rolando bek tengah Porto pun mencuat ke permukaan Serie A kembali. Sebelumnya dirinya juga pernah berkiprah untuk Napoli dan Internazionale Milan.

Bukan tanpa maksud mengenyampingkan Castan, kini tim pemegang tiga kali Scudetto itu tengah dilanda badai cedera. Setelah sejak awal musim harus berlaga tanpa Kevin Strootman akibat cedera panjang di lututnya. Belum dihitung dengan stok pemain belakang AS Roma yang kian menipis. Walau Davide Astori baru pulih, giliran Yanga-Mbiwa cedera saat berlatih dengan Tim Nasional Prancis. Sektor bek sayap kanan dan kiri pun kosong setelah Douglas Maicon dan Balzaretti cedera, Vasilis Torosidis malah ikut-ikutan menyusul.

Komentar