Ketika Santet Membuat Ronaldo dan Portugal Terkapar Tak Berdaya

Berita

by redaksi

Ketika Santet Membuat Ronaldo dan Portugal Terkapar Tak Berdaya

Persiapan timnas Portugal menjelang gelaran Piala Dunia mengalami gangguan, pemain andalan mereka, Cristiano Ronaldo, masih dalam tahap pemulihan cedera paha. Empat hari terakhir, Ronaldo mendapatkan perawatan khusus dari tim medis Portugal. Ia pun tak diizinkan tampil kala Portugal menjalani pertandingan uji coba.

Tanpa kehadiran Ronaldo, Portugal hanya bermain imbang 0-0 melawan Yunani. Pelatih Portugal, Paulo Bento, pun mengakui bahwa Portugal sangat bergantung pada bintang Real Madrid tersebut. Meskipun begitu, Bento mencoba segala cara agar pemain lain bisa menggantikan peran yang ditinggalkan Ronaldo.

Cedera paha kiri ini sudah menghantui Ronaldo sejak beberapa bulan lalu. Dan kondisinya semakin parah ketika peraih Ballon d’Or ini bermain 120 menit pada final Liga Champions 24 mei lalu.

Di saat bersamaan, muncul sosok pastor asal Ghana yang bernama Nana Kwaku Bonsam. Bonsam, dikenal sebagai dukun paling dipercaya di Ghana, mengaku bahwa cedera Ronaldo adalah ‘ulah’-nya. Ya, Bonsam telah menyantet Ronaldo.

“Saya tahu apa yang terjadi pada Ronaldo. Cederanya takkan bisa disembuhkan oleh perawatan medis apapun. Dokter akan kesulitan menemukan penyebab cederanya Ronaldo,” ujar Bonsam pada The Guardian.

“Minggu lalu, saya telah mendapatkan empat anjing sebagai sarana sihir yang saya lakukan untuk Ronaldo. Sihir ini disebut Kahwiri Kapam. Kemarin cedera lutut, sekarang cedera paha, berikutnya cedera lain,” tambah Nana Kwaku Bonsam yang dalam bahasa Inggris berarti “Devil of Wednesday”.

Bonsam melakukan ini tentu saja agar Ronaldo absen ketika Portugal bertemu dengan Ghana pada pertandingan kedua Piala Dunia. Ia sendiri mengatakan jika sihirnya ini hanya berlaku hingga laga tersebut.

“Saya akan mengupayakan semaksimal mungkin agar Ronaldo tak tampil selama Piala Dunia. Minimal ia absen ketika Portugal menghadapi Ghana.”

Di Ghana, Bonsam merupakan ahli agama adat. Ia secara rutin tampil di acara talkshow TV untuk memodernisasi agama adat yang merupakan agama asli Afrika Barat. Agama ini mulai ditinggalkan setelah misionaris Kristen datang pada pertengahan abad 19.

Tahun lalu ia datang ke Amerika Selatan untuk menyebarkan agamanya tersebut. Selama setahun ia berhasil mendapatkan 24.000 pengikut AS yang merupakan imigran Afrika.

Bagi rakyat Ghana sendiri, Bonsam memang sosok yang menakutkan. Di negara berpenduduk 25 juta ini, ia menjadi satu-satunya orang yang bisa menyembuhkan impoten. Inilah yang kemudian banyak yang mempercayainya sebagai dukun.

“Menurut pemahaman saya, ia seorang sekutu setan. Ia ada dimana-mana. Di pemakaman, dia ada. Di pesta ulang tahun, dia ada. Ia adalah orang yang saya hindari,” ujar Daniella Antasewa, seorang pastor Kristen Ghana.

Yah, kita tunggu saja. Apakah Ronaldo benar-benar terkena kutukan Bonsam atau Bonsam hanya berdusta mencoba mencitra agar popularitasnya terangkat. Yang jelas, Semoga Ronaldo lekas pulih dari cederanya dan membuat persaingan di Piala Dunia semakin ketat.

foto: nytimes.com

[ar]

Komentar