Ketimpangan Skuat Buat Chelsea Melemah

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Ketimpangan Skuat Buat Chelsea Melemah

Chelsea saat ini dilatih oleh Guus Hiddink yang berstatus sebagai manajer sementara. Ketika musim ini berakhir, posisinya akan digantikan. Beberapa nama seperti Diego Simeone, Antonio Conte, dan Jorge Sampaoli diisukan akan menangani Chelsea musim depan.

Tapi siapapun yang nantinya dipilih Pemilik Chelsea, Roman Abramovich, ia akan memiliki tugas besar. Karena menangani Chelsea musim depan seolah membangun kembali Chelsea dari nol agar bisa menjadi kesebelasan yang dihormati di Inggris dan Eropa.

“Itu bukan pekerjaan mudah,” ujar Hiddink seperti yang dilansir Goal. “Saya tidak akan mengatakan banyak hal, tapi siapapun manajer Chelsea nanti harus menganalisis kekuatan skuat, kelemahan skuat, dan ia juga harus membangun atau menciptakan skuat yang lebih kuat pada musim depan. Itu bukan pekerjaan mudah.”

“Saya tidak akan bicara lebih detil. Saya di sini hanya interim dan menjadi orang yang tidak bertanggung jawab untuk setiap hari, setiap pekan dan pertandingan, mereka [calon penggantinya] harus memiliki visi yang lebih jauh dari yang kesebelasan ini butuhkan,” tambahnya.

Hiddink yang sejak Desember 2015 menggantikan Jose Mourinho sebagai manajer Chelsea, mulai paham dan mengerti situasi yang dialami skuat berjuluk The Blues tersebut. Bahkan menurutnya, reputasi Chelsea di Eropa melemah, bukan lagi kesebelasan top Eropa.

“Jika Anda melihat potensi yang dimiliki kesebelasan seperti Barcelona atau Bayern Munchen, itu sangat besar. Bahkan jujur saya harus akui, jika Anda melihat PSG, mereka sangat kuat. Tidak hanya 11 pemain, tapi bisa mencapai 15, 16 , hingga 17 pemain,” tutur Hiddink.

Hiddink menyadari hal tersebut usai skuatnya ditaklukan Paris Saint-Germain (PSG) di babak 16 besar leg pertama Liga Champions yang berlangsung di kandang PSG, Stadion Parc des Princes. Dari situ ia menyadari bahwa Chelsea sudah tak sekuat dulu lagi melihat perbedaan kualitas antara pemain utama dan pemain cadangan.

“Kami memiliki banyak pemain muda di bangku cadangan saat menghadapi PSG. Saya tidak akan takut memainkan mereka. Tapi untuk menjalani banyak pertandingan jangka panjang, Anda harus memiliki pemain-pemain berpengalaman di bangku cadangan,” ungkap eks pelatih Timnas Belanda tersebut.

Dengan tambahan sejumlah pemain cedera, Hiddink mengakui bahwa Chelsea tak memiliki skuat yang merata di bangku cadangan. Dan hal itulah yang harus dihadapi manajer Chelsea musim depan pengganti Hiddink yang tugasnya berakhir pada akhir musim nanti.

foto: indianexpress.com

Komentar