Marko Gruji?, Pemuda yang Buat CEO Liverpool Rela Terbang ke Serbia

Berita

by Redaksi 34

Redaksi 34

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Marko Gruji?, Pemuda yang Buat CEO Liverpool Rela Terbang ke Serbia

Red Star Beograd memang tidak sekuat dulu ketika mereka berhasil menjuarai Liga Champions 1990/1991. Skuat Red Star kini tak ada nama-nama terkenal layaknya Vladimir Jugovic, Drago Pancev, Sinisa Mihajlovic, dan Dejan Savicevic. Namun, untuk urusan keberhasilan menjaga kualitas mutu pemain binaan, rasanya Red Star tidak akan pernah menurun.

Setelah nama Luka Jovic yang dihubung-hubungkan dengan Arsenal, Chelsea, dan Tottenham, kini muncul nama baru, Marko Grujic. Pemuda berusia 19 tahun ini kini tengah jadi bahan pembicaraan karena talentanya yang memancing kedatangan CEO Liverpoo, Ian Ayre, ke Beograd.

Bahkan, Mirror melansir kabar bahwa kedatangan Ayre ke Beograd bukan hanya untuk melihat bagaimana talenta Grujic yang sebenarnya. Namun karena Ayre ingin segera melakukan pembicaraan terkait transfer gelandang yang memenangkan Piala Dunia U-20 di Selandia Baru bersama tim nasional Serbia.

Kedatangan Ayre di Beograd untuk cepat-cepat mendatangkan Grujic bukan tanpa sebab. Alasannya adalah klub yang berminat terhadap Grujic tidak sedikit dan mereka memanfaatkan Serbian Connection-nya untuk mendekati Grujic. Contohnya adalah Dejan Stankovic, yang kini menjadi manajer tim utama Internazionale, serta Chelsea yang menggunakan tenaga Nemanja Matic untuk memengaruhi keputusan Grujic.

Baca juga : Tensi Panas Jelang Duel Albania Melawan Serbia.

Harian Italia, La Gazetta Dello Sport melansir bahwa Inter telah mendekati Grujic sejak akhir november. “Stankovic rutin menghubungiku sejak akhir november. Tapi kami mulai berbicara setelah pertandinganku melawan Slovenia (U-21, pada 17 November),” ujar Grujic.

Grujic sendiri tampaknya lebih senang ke Liverpool. Komunikasi yang dilakukan oleh Zeljko Buvac, tangan kanan Juergen Klopp, pun tampaknya berhasil. Harian lokal Serbia, Mondo, mengatakan bahwa Liverpool menyetujui permintaan Red Star untuk membayar Grujic enam juta euro.

Keinginan banyak klub besar Eropa untuk meminang Grujic bukan tanpa alasan. Gaya bermain Grujic banyak disama-samakan dengan Paul Pogba dan Steven Gerrard. Zeljko Paunovic pernah mengatakan bahwa Grujic adalah salah satu pemain yang memiliki semangat dan bermental bagus. “Dia tidak dilahirkan untuk menjadi pemimpin, tapi dia tidak takut ketika menjalani pertandingan besar. Gaya bermain dan posisinya yang lebih ke belakang mengingatkan cara Paul Pogba bermain,” ujarnya kepada Liverpool Echo.

Baca juga cerita tentang pengalaman menyaksikan langsung Derby Eternal di Serbia.

Karir sepakbola profesional Grujic sendiri dimulai ketika ia bergabung dengan tim junior Red Star Beograd. Karea talenta sepakbolanya, ia pun rutin dipanggil tim nasional Serbia. Sampai saat ini, ia telah menorehkan 20 caps bersama timnas junior Serbia, mulai dari U16 hingga U21.

Sumber : Liverpoolecho, Mondo, La Gazetta Dello Sport, Mirror

Komentar