Maurizio Sarri Terancam Disanksi Empat Bulan

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Maurizio Sarri Terancam Disanksi Empat Bulan

Roberto Mancini tersinggung ketika Maurizio Sarri mengatakan kaum sesama jenis kepadanya. Hal itu dilontarkan ketika terjadi perdebatan usai laga Copa Italia antara Napoli dengan Internazionale Milan. Mancini menuding Sarri adalah orang yang rasis dan homophobia. Sarri dianggap Mancini sebagai orang yang tidak layak berada di dalam dunia sepakbola. 

Kejadian itu bukan yang pertama kalinya mendatangkan masalah untuk Sarri. Dirinya sempat didenda 5 ribu euro ketika masih menangani Empoli. Hukuman tersebut karena Sarri menunjukan gestur yang tidak pantas kepada pendukung Varese pada Coppa Italia musim lalu.

Begitu juga dengan Mancini, perselisihan di pinggir lapangan dengan pelatih lawan bukanlah yang pertama. Sebelumnya, Mancini pernah berselisih di pinggir lapangan ketika masih menangani Manchester City. Kala itu ia terlibat konfrontasi dengan David Moyes yang masih menjadi Manajer Everton. Pergesekan itu terjadi karena Moyes terlalu lama menahan bola saat pertandingan Piala FA 2010.

Sementara untuk perselisihan saat ini, Sarri mengaku sudah meminta maaf kepada Mancini dan publik. Tapi tetap saja sikap Sarri kadung mengundang respon publik yang beragam. Ada yang mengutuk perkataan Sarri kepada Mancini. Namun ada juga yang menganggap jika Mancini berupaya mengacaukan konsentrasi Sarri dalam perburuan Scudetto 2015/2016.

Renzo Ulivieri selaku ketua Asosiasi Pelatih Sepakbola Italia, menganggap jika Sarri tidak perlu diberikan hukuman berat. Pasalnya, Sarri sudah berupaya melakukan permintaan maaf dan mengakui kesalahannya kepada Mancini, "Itu argumen antara dua pelatih, saya akui itu terdengar tidak terlalu menyenangkan. Namun Sarri segera meminta maaf, baik secara langsung dan terbuka untuk Mancini," ujar Ulivieri seperti dikutip Gazzzetta World.

Baca juga : Kostum Sebagai Pernyataan Sikap Rayo Vallecano.

Sarri juga meminta maaf atas perkataan homophobianya. Apalagi ia mengaku punya beberapa teman sesama jenis dan menghormatinya serta kaum lainnya. Apalagi perkataanya tersebut menyinggung komuntas Gay Centre di Kota Naples, "Sebagai Neapolitan dan pendukung Napoli, kata-kata Sarri memalukanku. Kami ingin sepakbola bisa mengkampanyekan perlawanan kepada homophobia? Sepertinya olahraga yang populer tidak bisa membiarkan kekerasan pesan tersebut," ujar Fabrizio Marrazzo, juru bicara Gay Centre.

Keluhan Marrazzo itu seolah membuktikan perkataan Mancini jika Sarri akan membuat tersinggung banyak orang. Rencananya Federasi Sepakbola Italia (FIGC) akan memanggil Sarri untuk dimintai keterangannya hari ini. Dalam aturan diskriminasi FIGC, kemungkinan Sarri bisa mendapat penangguhan selama empat bulan.

Sumber lain: Daily Mail.

Komentar