Mexes Bergaji Tinggi, Namun Minim Kontribusi

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Mexes Bergaji Tinggi, Namun Minim Kontribusi

Rasa frustasi seolah menjadi keadaan konstan di AC Milan selama dua musim terakhir. Bahkan, mereka sangat jauh dari masa jaya dan elit pimpinan era Carlo Ancelotti. Kelemahan dalam bertahan telah menyebabkan para pendukungnya sakit hati. Beruntung kelemahan tersebut bisa dperbaiki pada delapan pertandingan ke belakang.

Dari segi pertahanan, Philippe Mexes telah terbukti menjadi salah satu penyebab kelemahan Milan musim lalu. Dirinya bukan bek tengah yang baik jika dibandingkan dengan Franco Baresi, Billy Costacurta, Alessandro Nesta dan Paolo Maldini.

Pesepakbola asal Prancis itu telah menjadi pemain Milan sejak 2011. Jika direkap sampai akhir musim lalu, ia sudah bermain pada 83 pertandingan Serie-A dan menerima 30 kartu kuning. Ketenangannya sebagai pemain senior pun dipertanyakan. Mexes terbukti memukul Giorgio Chiellini ketika melawan Juventus dan ia pun diganjar kartu merah. Total, Mexes telah kehilangan 17 pertandingan karena suspensi sejak memperkuat Milan.

Baca juga : Kekonyolan Kartu Merah Felipe Melo dan Kekalahan Inter Milan.

Meski bukan pemain istimewa, Mexes nyatanya beberapa kali membuat penonton berdecak kagum. Dirinya pernah mencetak dua gol indah untuk Milan, walaupun posisinya adalah pemain belakang. Tapi keburukan Mexes dan serangan media menyebabkan para pendukung Milan akan senang jika ia dilepas.

Maka dari itu para pendukung Milan marah ketika kontraknya tiba-tiba diperpanjang. Disinyalir, Silvio Berlusconi, Presiden Milan, berada di balik perpanjangan kontrak Mexes. Apalagi Mexes sempat mengajukan surat permohonan agar bertahan bersama Milan.

Mantan pemain AS Roma ini merupakan pesepakbola kesayangan Berlusconi. Mexes pernah hampir bergabung dengan Fiorentina diawal musim ini, namun dihalangi Berlusconi. Padahal Sinisa Mihajlovic, Pelatih Milan, sebetulnya tidak membutuhkan tenaga Mexes. Bahkan namanya sempat tidak akan didaftarkan ke kompetisi Serie-A 2015/2016.

Baca juga ; Paradoks Philippe Mexes.

Gaji Mexes sebesar 1,5 juta euro juga setara dengan Cristian Zapata, Mattia de Sciglio, Juraj Kucka dan Andrea Poli. Padahal, kontribusinya itu tidak terlalu sama dengan rekan-rekannya tersebut, kalah saing dengan bek lain. Bahkan, pemain-pemain lain seperti Rodrigo Ely, M'Baye Niang dan Luca Antonelli, digaji lebih rendah ketimbang Mexes. Selama musim ini berjalan, pemain bernomor punggung lima ini baru diturunkan dua kali.

Tapi kontrak Mexes baru berakhir pada akhir musim ini. Klub berjuluk I Rossoneri ini perlu menjualnya pada Januari 2016. Dikabarkan jika Mexes ditawarkan kepada Olympique de Marseille. Bahkan akan ada potongan harga untuknya yang menurut Transfermakt memiliki banderol sebesar 950 ribu euro. Tentunya cukup mubazir memiliki pemain bergaji tinggi namun minim kontribusi bagi tim.

Sumber lain : Bleacher Reports, Football Italia, France Football.

Komentar